Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Intan Bandar Lampung T.A 2024/2025 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Intan Bandar Lampung T.A 2024/2025



www.radenintan.ac.id--2024/2025--  Universitas Islam Negeri Raden Intan Bandar Lampung adalah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di kelurahan / kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, kota Bandar Lampung provinsi Lampung (Wikipedia)

Pada artikel ini akan diberikan informasi penting tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Intan Bandar Lampung T.A 2024/2025, dengan harapan semoga informasi ini dapat dijadikan rujukan PMB di UIN Raden Intan Bandar Lampung.

Pada tahun ini UIN Raden Intan Bandar Lampung menerima calon mahasiswa baru melalui jalur nasional (SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN) serta menerima mahasiswa baru melalui Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Raden Intan.
 
Nama Raden Intan sendiri diambil dari nama seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Lampung.

Tepatnya UIN Raden Intan Lampung berada di Jalan Letnan Kolonel H, Jl. Endro Suratmin, Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Pada saat ini UIN Raden Intan Lampung menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3).

A. Fakultas dan Program Studi di UIN RI Lampung


Saat ini UIN Raden Intan Bandar Lampung memiliki beberapa Fakultas yang terdapat beberapa Program Studi, yaitu :

Fakultas Ushuluddin
  1. Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam
  2. Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir
  3. Program Studi Pemikiran Politik Islam
  4. Program Studi Psikologi Islam
  5. Program Studi Sosiologi Agama
  6. Program Studi Studi Agama-Agama
  7. Program Studi Tawasuf dan Psikoterapi
Fakultas Tarbiyah
  1. Program Studi Pendidikan Agama Islam
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
  3. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
  4. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  5. Program Studi Pendidikan Biologi
  6. Program Studi Pendidikan Fisika
  7. Program Studi Bimbingan & Konseling Pendidikan Islam
  8. Program Studi Pendidikan Matematika
  9. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal/Anak Usia Dini
  10. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  1. Program Studi Ekonomi Syariah
  2. Program Studi Perbankan Syariah
  3. Program Studi Akuntansi Syariah
  4. Program Studi Manajemen Bisnis Syari'ah
Fakultas Dakwah
  1. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
  2. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
  3. Program Studi Manajemen Dakwah
  4. Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Syariah
  1. Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
  2. Program Studi Siyasah (Hukum Tata Negara)
  3. Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Fakultas Adab
  1. Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
  2. Program Studi Sejarah Peradaban Islam
Program Pascasarjana Magister
  1. Program Studi Ekonomi Syariah
  2. Program Studi Filsafat Agama
  3. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
  4. Program Studi Hukum Keluarga (Akhwal Syahsiyyah)
  5. Program Studi Ilmu Al-quran dan Tafsir
  6. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
  7. Program Studi Pendidikan Agama Islam
  8. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Program Pascasarjana Doktoral
  1. Program Studi Hukum Keluarga (Akhwal Syahsiyyah)
  2. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
  3. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Itulah jurusan/program studi yang dapat kalian pilih jika mendaftar menjadi mahasiswa baru di UIN Raden Intan Bandar Lampung.

B. Informasi PMB UIN RI Lampung

Pada tahun ini UIN Raden Intan Bandar Lampung menerima mahasiswa baru dengan berbagai jalur penerimaan, yaitu :
Gambar Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Intan Lampung


1. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Raden Intan


SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi siswa SMA/sederajat kelas terakhir tahun 2024.


Proses seleksi SPAN-PTKIN menggunakan nilai raport dan prestasi lainnya. Namun sebelum mendaftar peserta atau pelamar SPAN-PTKIN harus mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari pihak sekolah.


Silahkan tanyakan kepada pihak sekolah kalian masing-masing apakah diri kalian sudah direkomendasikan atau belum.


Untuk biaya pendaftaran SPAN-PTKIN gratis atau tidak ada biaya pendaftaran, karena biaya pendaftaran SPAN-PTKIN telah ditanggung oleh pemerintah.
Sedangkan tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online.

Silahkan baca: Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN RI Lampung

a. Persyaratan Pendaftaran
  1. Pendaftaran merupakan siswa SMA/Sederajat kelas terakhir atau yang akan lulus tahun ini (tahun 2024)
  2. Siswa pendaftar Jalur SPAN-PTKIN harus memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  3. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang disyaratkan oleh perguruan tinggi masing-masing
  4. Memiliki nilai rapor kelas X (Semester 1), Kelas X (Semester 2), kelas XI (Semester 1), Kelas XI (Semester 2), dan kelas XII (Semester 1) yang telah diisikan di PDSS
 
 b. Jadwal Pendaftaran
  1. Pengisian PDSS, tanggal 22 Januari s.d 5 Februari 2024. Diperpanjang s.d 10 Feb 2024
  2. Verifikasi PDSS, tanggal 22 Januari s.d 5 Februari 2024. Diperpanjang s.d 10 Feb 2024
  3. Pendaftaran (siswa), tanggal 12 Februari s.d 15 Maret 2024
  4. Pengumuman Hasil Seleksi, tanggal 02 April 2024 (Pengumuman SPAN-PTKIN Selasa, 02 April 2024 Adakah Namamu?)
Baca juga: Jadwal Pendaftaran PTN: SNBP, UTBK SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SIMAMA T.A 2024/2025
 
 
c. Tata Cara Pendaftaran 

Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan melalui 2 (dua) langkah, yaitu Pendaftaran Sekolah, dan pendaftaran masing-masing siswa.

1. Pendaftaran Sekolah
  • Untuk Sekolah yang telah terdaftar pada tahun sebelumnya dapat login menggunakan password yang sama seperti Tahun 2023.
  • Untuk Sekolah yang belum mendapatkan password silakan daftarkan sekolah anda terlebih dahulu.
  • Sekolah yang dapat mengikuti SPAN adalah sekolah yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
Secara garis besar pendaftaran SPAN-PTKIN yang dilakukan pihak sekolah seperti pada gambar berikut.
 
Gambar Alur Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN UIN Raden Intan Lampung
 
 
2. Pendaftaran Siswa
 
Pendaftaran SPAN-PTKIN yang dilakukan oleh siswa dilakukan secara online di https://siswa.ptkin.ac.id
  • Registrasi Siswa (gunakan NISN, NPSN, dan Input Email Siswa yang Aktip)
  • Validasi Siswa (sistem akan mengirimkan ke email yang telah didaftarkan. Buka email dan lakukan validasi akun pada link email masing-masing)
  • Login di https://siswa.ptkin.ac.id
  • Cek Data dan Nilai Rapor (jika ada data yang salah silahkan hubungi operator sekolah)
  • Upload Rapor Kelas 10/1,10/2,11/1,11/2,& 12/1 dan Prestasi Tambahan
  • silahkan "Pilih Program Studi"pada PTKIN 1 dan PTKIN 2
  • Selanjutnya silahkan Finalisasi Data
  • Silahkan Cetak Kartu Peserta (Simpan Kartu Peserta karena digunakan untuk melihat kelulusan dan daftar ulang bagi yang lulus)
  • Cek Kelulusan/Pengumuman
  • Lulus 
Secara garis besar pendaftaran SPAN-PTKIN yang dilakukan oleh siswa pendaftar jalur SPAN-PTKIN seperti pada gambar berikut.
 
Gambar Alur Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN olleh Siswa UIN Raden Intan Lampung
 
 

2. Pendaftaran Jalur SNBP UIN Raden Intan

SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yang merupakan jalur seleksi yang dilaksanakan secara nasional seluruh PTN berdasarkan pada prestasi akademik dan/atau nonakademik saat menempuh pendidikan menengah.
 
Pendaftaran jalur SNBP dilakukan secara online pada portal snpmb bppp. Pendaftaran jalur ini tidak dikenakan biaya pendaftaran (gratis) dan bagi peserta yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mendaftar beasiswa KIP Kuliah.
 
Pendaftaran SNBP dilakukan secara online.  Apabila akan melakukan pendaftaran SNBP silahkan baca terlebih dahulu persyaratan SNBP dan ketentuan lainnya di Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Jalur SNBP TA 2024/2025.
 
a). Persyaratan Sekolah Pendaftaran SNBP UIN Raden Intan 2024

Sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya mendaftar seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNBP adalah:
  1. Sekolah SMA/MA/SMK/Sederajat yang telah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Baca: Cara Cek NISN & NPSN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud
  2. Memiliki akun SNPMB untuk pengisian PDSS (Registrasi di Portal SNPMB)
  3. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan persentase terbaik di sekolah berdasarkan akreditasi sekolah (Akreditasi A:40%, Akreditasi B:25%, Akreditasi C/lainnya : 5%
  4. Sekolah yang melakukan kecurangan dapat dikenakan sanksi hingga pembatalan kepesertaan pada SNBP tahun berikutnya

b). Persyaratan Siswa Pendaftaran SNBP UIN Raden Intan 2024

Bagi siswa yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru di PTN melalui jalur SNBP harus memiliki prestasi unggul dalam bidang akademik.
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Siswa SMA/sederajat kelas XII pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul
  3. Memiliki akun SNPMB siswa (Registrasi di Portal SNPMB) Baca: Cara Pembuatan Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024/2025
  4. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  5. Memiliki nilai rapor yang telah diisikan oleh pihak sekolah di PDSS
  6. Memiliki prestasi akademik yang unggul dan memenuhi persyaratan yang  ditentukan oleh PTN masing-masing (Jika ada persyaratan lainnya, silahkan buka di website masing-masing PTN).
  7. Sehat jasmani dan rohani yang mendukung kelancaran proses studi 
  8. Siswa yang telah dinyatakan lulus SNBP 2024,SNBP 2023,dan SNMPTN 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024
  9. Siswa yang dinyatakan lulus SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun
  10. Jika dinyatakan lulus dan siswa terbukti melakukan kecurangan dapat dibatalkan status kelulusannya
  11. Mengunggah Portofolio bagi peserta yang mengambil program studi Seni dan Olahraga
 
c). Jadwal Pendaftaran SNBP UIN Raden Intan 2024
  1. Pengumuman kuota sekolah, tanggal 28 Desember 2024 Baca: Cara Cek Kuota Sekolah Pendaftaran SNBP 2024
  2. Masa sanggah kuota sekolah, tanggal 28 Desember s.d 17 Januari 2024
  3. Registrasi Akun SNPMB Sekolah, tanggal 08 Januari s.d 08 Februari 2024 Baca: Cara Pembuatan Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024/2025
  4. Registrasi Akun SNPMB Siswa, tanggal 08 Januari s.d 15 Februari 2024
  5. Pengisian PDSS, tanggal 09 Januari s.d 09 Februari 2024. Baca: Apa Itu PDSS? Panduan Pendaftaran PDSS SNBP 2024/2025
  6. Pendaftaran SNBP, tanggal 14 s.d 28 Februari 2024 Baca: Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Jalur SNBP TA 2024/2025
  7. Pengumuman SNBP, tanggal 26 Maret 2024
 *seluruh kegiatan diakhiri pada pukul 15.00 WIB
 
 
d) Tata Cara Pendaftaran SNBP UIN Raden Intan
 
Secara singkat alur pendaftaran SNBP UIN Raden Intan seperti pada gambar di bawah ini.
 
Gambar Alur Pendaftaran Jalur SNBP UIN Raden Intan Lampung
 

3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Intan


UM-PTKIN adalah pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk lulusan SMA/sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir dengan proses seleksi
tes berbasis SSE (Sistem Seleksi Elektronik).

a. Persyaratan atau Ketentuan Umum
  1. Pelamar merupakan lulusan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS/Sederajat yang lulus pada 3 tahun terakhir (tahun lulus 2022, 2023 dan 2024)
  2. Bagi lulusan tahun 2022 dan 2023 harus memiliki ijazah/SKL, sedangkan yang lulus tahun 2024 dapat menggunakan SKL/Pengumuman Lulus/KTP/Kartu Siswa.
  3. SKL yang ditandai dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel sekolah akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian
  4. Peserta wajib memiliki NISN, Email Aktif, dan Nomor WhatsApp yang aktif
  5. Melakukan biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan Panitia Nasional
  6. Peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi pada PTKIN/PTN
  7. Peserta memilih PTKIN/PTN titik lokasi ujian
  8. Pendaftar dinyatakan selesai melakukan pendaftaran jika telah melakukan Finalisasi Pendaftaran
 
b. Jadwal Pendaftaran Jalur UM-PTKIN
  1. Pendaftaran/Pembayaran, tanggal 17 April 2024 s.d 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB (Baca: Cara Pendaftaran UM-PTKIN 2024/2025 (UIN, IAIN, dan STAIN)
  2. Finalisasi Pendaftaran, tanggal 17 April 2024 s.d 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  3. Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM-PTKIN Dimulai, tanggal 21 April 2024
  4. Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN, tanggal 24 Juni s.d 30 Juni 2024
  5. Pengumuman, tanggal 08 Juli 2024 (Baca: Pengumuman UM-PTKIN 2024)
Baca juga: Jadwal Pendaftaran PTN: SNBP, UTBK SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SIMAMA T.A 2024/2025
 
 
c. Biaya Pendaftaran Jalur UM-PTKIN
 
Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.200.000,00
 

d. Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online dengan login di www.um-ptkin.ac.id
 
Secara garis besar pendaftaran UM-PTKIN yang dilakukan oleh siswa pendaftar seperti pada gambar berikut.
 
 Gambar Alur Pendaftaran Jalur UM-PTKIN UIN Raden Intan Lampung


4. Pendaftaran Jalur SNBT UIN Raden Intan

SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Proses seleksi SNBT berdasarkan pada hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN.
 
UTBK-SNBT tahun 2024 dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK/Paket C/sederajat 3 (tiga) tahun terakhir, yaitu lulusan tahun 2022,2023,dan 2024 dengan maksimal berumur 25 tahun per tanggal 01 Juli 2024.
 
Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali dan dikenai biaya pendaftaran. Adapun materi tes UTBK adalah Tes Potensi Skolastik (TPA), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.
 
a. Persyaratan Peserta UTBK SNBT UIN Raden Intan 2024
  1. Memiliki akun SNPMB dan sudah permanen sebelum penutupan registrasi akun di Portal SNPMB
  2. WNI yang memiliki NIK
  3. Maksimal berusia 25 tahun per 1 Juli 2024
  4. Siswa SMA/MA/SMK/kelas XII atau peserta didik Paket C tahun 2024,  dengan syarat memiliki surat keterangan siswa kelas 12 disertai:
    • identitas, terdiri dari nama, kelas, NISN dan NPSN
    • pas foto terbaru (berwarna)
    • stempel/cap sekolah
    • tanda tangan Kepala Sekolah
  5. Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2022 dan 2023, memiliki ijazah dan bagi lulusan luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan
  6. Tidak lulus jalur SNBP tahun 2024, dan 2023 atau jalur SNMPTN tahun 2022
  7. Bagi siswa yang lulus SNBT 2024 dan telah daftar ulang/registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun
  8. Sehat jasmani dan rohani untuk kelancaran proses studi
  9. Wajib mengunggah portofolio bagi yang mengambil Program Studi Bidang Seni dan Olahraga
  10. Wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra bagi peserta Tuna Netra
  11. Membayar biaya pendaftaran
  12. Hasil UTBK 2024 hanya diperuntukan untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN tahun 2024
 
b. Jadwal UTBK SNBT UIN Raden Intan 2024
 
UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Pendaftaran UTBK bersamaan dengan pendaftaran SNBT.
  1. Pembuatan Akun SNPMB, tanggal 09 Januari s.d 15 Februari 2024, Baca: Cara Pembuatan Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024/2025
  2. Pendaftaran UTBK-SNBT, tanggal 21 Maret s.d 05 April 2024
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang I, tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang II, tanggal 14 s.d 20 Mei 2024
  5. Pengumuman Hasil SNBT, tanggal 13 Juni 2024
  6. Masa Unduh Sertifikat UTBK, tanggal 17 Juni s.d 31 Juli 2024
*) Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB
 
 
c. Tata Cara Pendaftaran UTBK SNBT UIN Raden Intan
 
Adapun alur pendaftaran UTBK SNBT UIN Raden Intan adalah sebagai berikut.
  1. Registrasi akun SNBT Siswa di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir
  2. Setelah registrasi login kembali di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan username/email dan password
  3. Silahkan pilih menu "Verifikasi dan Validasi Data Siswa" meliputi:
    • Isikan biodata secara lengkap
    • Unggah pas foto berwarna terbaru
    • Verifikasi biodata serta unduh 
    • Unggah pernyataan tuna netra dan/atau hambatan visual
  4. Selanjutnya, pilih menu "Pendaftaran UTBK-SNBT" melengkapi:
    • Memilih Program Studi
    • Mengunggah Portofolio
    • Memilih Pusat UTBK PTN, dan 
    • memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK
  5. Membayar biaya UTBK di Bank Mitra: Mandiri, BNI, BTN, BRI, BSI.
  6. Cetak kartu peserta UTBK
    • Login kembali di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan username/email dan password 
    • Pilih menu Pendaftaran UTBK 
    • Unduh dan Cetak kartu peserta
  7. Tes
  8. Pengumuman
Atau silahkan lihat alur pendaftaran UTBK-SNBT UIN Raden Intan seperti pada gambar di bawah ini.
 
 Gambar Alur Pendaftaran Jalur SNBT UIN Raden Intan Lampung


5. Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Raden Intan/UM-Lokal

Jalur mandiri/lokal UIN Raden Intan merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara langsung oleh UIN Raden Intan untuk Lulusan SMA/sederajat 3 tahun terakhir. 
 
Pendaftaran Jalur Mandiri/UM-Lokal Raden Intan Bandar Lampung dilakukan secara online dengan login di https://pmb.radenintan.ac.id/

Biaya Pendafaran
Biaya pendaftaran tes masuk UM Lokal sebesar Rp.250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)
Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulusan SMA/sederajat tahun 2021,2022,atau 2023
  2. Bagi lulusan tahun 2023 yang belum memiliki ijazah menggunakan Surat Keterangan Lulus
  3. Membawa ijazah asli/fc yang telah dilegalisir
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Bersedia ujian tulis berbasis SSE secara online

Jadwal Pendaftaran Gelombang I

  1. Pendaftaran, tanggal -
  2. Tes Ujian Masuk, tanggal -
  3. Pengumuman Hasil tes, tanggal -
  4. Registrasi, tanggal -

Jadwal Pendaftaran Mandiri II/PMA (Penelusuran Minat Akademik)

  1. Pendaftaran, tanggal -
  2. Tes Ujian Masuk, tanggal-
  3. Pengumuman hasil tes, tanggal -
  4. Registrasi dan pembayaran UKT, tanggal -
 
Tata Cara Pendaftaran 
 
Isikan formulir pendaftaran secara lengkap selanjutnya klik menu "Daftarkan" seperti pada gambar lingkaran merah gambar di bawah ini




Pendaftar akan mendapatkan PIN

Lakukan pembayaran di Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan menunjukan PIN yang didapatkan

Login kembali di https://aplikasi.radenintan.ac.id/pmb_lokal

Silahkan klik  menu "aktivasi PIN" seperti lingkaran merah pada gambar di bawah ini.



Maka akan muncul laman seperti pada gambar di bawah ini.
Silahkan login menggunakan PIN dan Password kalian masing-masing

Perlu diketahui bahwa tidak semua Program Studi menerima pada jalur UM Lokal ini. Silahkan kunjungi website resmi UIN Raden Intan, atau tanyakan kepada pihak panitia.

Baca Juga: Pendaftaran Mahasiswa Baru PTN Jalur Mandiri TA 2023/2024


6. PMA (Penelusuran Minat Akademik dan Prestasi)

PMA merupakan pola seleksi yang dilakukan secara mandiri oleh UIN Raden Intan Bandar Lampung untuk lulusan SMA/sederajat 3 tahun terakhir.

Jadwal Pendaftaran Mandiri II/PMA (Penelusuran Minat Akademik)

  1. Pendaftaran, tanggal -
  2. Tes Ujian Masuk, tanggal-
  3. Pengumuman hasil tes, tanggal -
  4. Registrasi dan pembayaran UKT, tanggal -
Tata Cara Pendaftaran 
 
 

7. Jalur Undangan Prestasi Unggul


Jalur ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Raden Intan Lampung berdasarkan pada prestasi siswa selama menempuh pendidikan di sekolah SMA/sederajat.
 
Prestasi yang dimaksud dalam bidang Hafiz al-Qur’an, Hafiz Hadis, Hafiz Alfiyyah ibn Malik, juara Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Qira’atil Kutub, juara debat ilmiah, karya ilmiah, seni suara, khat/kaligrafi, inovasi bidang teknologi, bidang olahraga.

Syarat Pendaftaran
  • Lulusan SMA/sederajat 5 tahun terakhir
  • FC Ijazah dilegalisir dan Akte Kelahiran
  • Maksimal berusia 25 tahun saat mendaftar juara lomba minimal juara tiga tingkat provinsi
  • Minimal hafiz al-quran 5 Juz, minimal hafiz 500 hadits dengan sanad singkat (hafiz seluruh bait Alfiyah dan memahami maknanya)
  • Prestasi juara/hafiz melampirkan sertifikat/piagam/syahadah prestasi resmi
  • Memperoleh prestasi tidak lebih dari dua tahun saat tanggal pendaftaran
Jadwal Pendaftaran
  • Pengisian link form, tanggal -
  • Pengumuman seleksi berkas dan tes peserta, tanggal -
  • Pengumuman hasil, tanggal -
Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online di http://bit.ly/PMB_Prestasi_UINRIL


8. Jalur Bidikmisi UIN Raden Intan

Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi pelamar yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang baik.

Persyaratan Calon Penerima KIP Kuliah Rekrutmen Baru
  1. Memiliki potensi akademik yang baik serta berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi;
  2. Berprestasi akademik dan /atau non-akademik baik;
  3. Mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan;
  4. Tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan/organisasi anti Pancasila dan NKRI dibuktikan dengan penandatangan pakta integritas;
  5. Diprioritaskan bagi calon yang memiliki KIP pada waktu sekolah. 
  6. Mampu membaca Alquran;
  7. Tidak menikah selama menerima bantuan KIP Kuliah.
Informasi selanjutnya baca di: https://www.radenintan.ac.id/

9. Pendaftaran Pascasarjana UIN Raden Intan

Selain menerima mahasiswa baru program Diploma dan Sarjana, UIN Raden Intan juga menerima mahasiswa baru untuk program Pascasarjana. Pendaftaran program Pascasarjana UIN Raden Intan dilakukan secara online dengan login di https://pasca.radenintan.ac.id/.
 
Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung menyelenggarakan pendidikan pada jejang Magister dan Doktoral.

Syarat Pendaftaran Jenjang Magister (S2)
  • Scan ijasah terakhir
  • Scan transkrip nilai
  • Scan pas foto
  • Scan ktp / passport
  • Scan kartu keluarga
  • Scan prestasi akademik (jika ada, yang terbaik satu saja)
  • Scan form rekomendasi S2
  • Scan akreditasi prodi minimal B
Syarat Pendaftaran Jenjang Doktoral (S3)
  • Scan ijasah terakhir
  • Scan transkrip nilai
  • Dokumen proposal penelitian
  • Scan pas foto
  • Scan ktp / passport
  • Scan kartu keluarga
  • Scan prestasi akademik (jika ada, yang terbaik satu saja)
  • Scan akreditasi prodi minimal B
  • Scan form rekomendasi 1 & 2 S3
Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online di https://aplikasi.radenintan.ac.id/pasca_spmb

Baca juga:

  1. Pendaftaran Mahasiswa Baru UNILA Jenjang D3,S1,S2,S3 TA 2024/2025
  2. Pendaftaran Online Mahasiswa Baru ITERA TA 2024/2025
  3. Pendaftaran Mahasiswa Baru POLINELA TA 2024/2025
  4. Pendaftaran Online IAIN Metro TA 2024/2025

Itulah informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Intan Bandar Lampung T.A 2024/2025, semoga informasi ini bisa dijadikan referensi buat kalian untuk mendaftarkan diri  mengikuti seleksi menjadi mahasiswa baru di UIN Raden Intan.
Untuk informasi selanjutnya mengenai pendaftaran mahasiswa baru UIN Raden Intan silahkan login di website resmi pendaftaran UIN Raden Intan www.radenintan.ac.id atau datang langsung ke kampus dengan alamat Jalan. Letkol H. Endro Suratmin. Sukarame . Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung

Admin turut mendoakan semoga kalian dapat diterima menjadi mahasiswa baru di UIN Raden Intan dengan prestasi yang membanggakan. Aamiin !!!
 
 
Sumber:  www.radenintan.ac.id
Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

Subscribe to receive free email updates: