Cara Cek NISN & NPSN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud - PENDAFTARAN MAHASISWA

Cara Cek NISN & NPSN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud

Cara Cek NISN dan NPSN

https://www.pendaftaranmahasiswa.web.id/-- https://nisn.data.kemdikbud.go.id--https://referensi.data.kemdikbud.go.id/--2024/2025-- Salah satu syarat siswa pendaftar seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP adalah memiliki NISN dan bagi sekolah mempunyai NPSN.

Dalam sistem penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 NPSN dan NISN wajib dimiliki. NISN dan NPSN merupakan kode unik yang digunakan sebagai syarat mengikuti seleksi mahasiswa baru melalui jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).
 
Sehingga informasi ini berkaitan dengan Cara Cek NISN & NPSN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud. Bagi sekolah bisa mengecek NPSN dan bagi siswa dapat mengecek NISN.

Dikutip dari laman Instagram SNPMBBPPP NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di referensi Kemendikbud.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa NISN merupakan kode unik yang dimiliki oleh siswa sebagai pembeda antara siswa satu dengan siswa lainnya.

A) Cara Cek NISN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud


Pertama silahkan kunjungi laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama

Maka akan muncul laman NISN seperti pada gambar di bawah.
 

Silahkan isi identitas siswa sesuai dengan form yang telah disediakan pada laman NISN.
  1. Nomor 1 Masukkan Nama
  2. Nomor 2 Masukkan Tempat Lahir
  3. Nomor 3 Masukkan Tanggal Lahir
  4. Nomor 4 Masukkan Nama Ibu
  5. Nomor 5 Centang reCAPTCHA pada kotak verifikasi "I'm not a robot"
  6. Nomor 6 Klik Cari Data
Itulah cara mudah mengecek NISN pada laman Kemendikbud.
 
 
Pembahasan selanjutnya terkait dengan NPSN yang harus dimiliki oleh sekolah.

NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) merupakan sebuah kode unik yang digunakan sebagai identitas atau tanda pengenal satuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

NPSN terdiri dari beberapa digit kode angka acak yang berbeda antara sekolah satu dengan sekolah lainnya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa NPSN merupakan kode unik yang dimiliki oleh sekolah sebagai satuan pendidikan.
 
 

B) Cara Cek NPSN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud

Pertama silahkan kunjungi laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/
 
Selanjutnya silahkan arahkan kursor pada menu "Data Pendidikan" dan Pilih menu "Satuan Pendidikan" maka akan muncul beberapa satuan pendidikan dari tingkat PAUD s.d Pendidikan Tinggi.
 
 
Misalkan sekolah yang dicari adalah Sekolah SMA/sederajat, maka pilih menu "Pendidikan Menengah (DIKMEN)". Makan akan muncul laman seperti pada gambar di bawah.


 
Data yang ditampilkan adalah data satuan pendidikan masing-masing Provinsi. Maka silahkan cari/search provinsi sekolah yang dicari dengan menuliskan Provinsi yang dimaksud pada kolom pencarian seperti kotak Merah gambar tersebut.

Misalkan dalam kasus ini kita akan mencari sekolah di Jawa Tengah maka akan muncul satuan pendidikan SMA/Sederajat di Jawa Tengah.
 
 
Silahkan klik Nama Provinsi Jawa Tengah pada laman tersebut. Maka akan muncul masing-masing Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.
 
Silahkan pilih Kabupaten tempat sekolah berada.

 
Misalkan dalam kasus ini berada Kabupaten Banyumas. Maka klik menu Kab.Banyumas.Maka akan muncul laman seperti pada gambar di bawah.
 
Selanjutnya akan muncul disetiap kecamatan. Silahkan pilih kecamatan yang sesuai.
 
 
 
Maka akan muncul nama-nama sekolah dikecamatan tersebut beserta NPSN nya.
 
 
 
 
Itulah informasi terkait dengan Cara Cek NISN & NPSN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud. Semoga informasi ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari data tentang NISN Siswa dan NPSN Sekolah.

Sumber:
  1. nisn.data.kemdikbud.go.id  
  2. referensi.data.kemdikbud.go.id
  3. Instagram _snpmbbppp
Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!

Subscribe to receive free email updates:

Pendaftaran "Cara Cek NISN & NPSN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud"