Apa Itu PDSS? Panduan Pendaftaran PDSS SNBP 2024/2025 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Apa Itu PDSS? Panduan Pendaftaran PDSS SNBP 2024/2025

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SNBP 2024

https://www.pendaftaranmahasiswa.web.id/--https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id--2024/2025-- Salah satu alur pendaftaran SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) adalah pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).
 
Pengisian PDSS dilakukan oleh pihak sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah. 
 
Sehingga artikel ini terkait dengan Apa Itu PDSS? Panduan Pendaftaran PDSS SNBP 2024/2025, yang dapat dijadikan rujukan bagi pendaftar seleksi mahasiswa baru PTN melalui jalur SNBP.
 
Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar.
 
Bagi siswa yang tidak eligible dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNBT dan jalur Mandiri. Baca: Pendaftaran Online UTBK-SNBT TA 2024/2025
 
Saat ini PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sehingga apabila sekolah tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.
 
PDSS juga mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama.

Sekolah wajib mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk mendaftarkan siswanya mengikuti seleksi SNBP yang dilakukan pada tanggal 09 Januari s.d 09 Februari 2024
 
Data yang diisikan hanya siswa yang eligible sesuai dengan ketentuan. Namun pihak sekolah SMA/MA/SMK/sederajat wajib mempunyai NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).
 
 
Sebelumnya pihak SNPMB menginformasikan jumlah siswa yang Eligible mendaftar SNBP. Pengumuman kuota sekolah diumumkan tanggal 28 Desember 2023. 
 
Penentuan jumlah siswa yang Eligible berdasarkan Akreditasi Sekolah , dengan ketentuan Akreditasi:
  1. Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya
  2. Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya
  3. Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
Setelah pihak SNPMB menginformasikan jumlah siswa yang Eligible, selanjutnya pihak sekolah menentukan calon peserta berdasarkan data SNPMB dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-PUSDATIN Kemdikbud atau EMIS-Pendis Kemenag.

 
Dalam menentukan pemeringkatan siswa menjadi tanggung jawab sekolah dengan memperhitungkan nilai rerata semua mata pelajaran semester 1 s.d semester 5, dan apabila ada nilai siswa yang sama maka sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik.
 
Itulah informasi terkait dengan Apa Itu PDSS? Panduan Pendaftaran PDSS SNBP 2024/2025. Semoga artikel ini dapat menambah referensi dalam melakukan pendaftaran PDSS SNBP 2024. 

Untuk pihak sekolah semoga dipermudahkan dalam melayani siswanya untuk mengikuti seleksi SNBP, dan siswa kelas 12 semoga dapat diterima menjadi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi melalui jalur SNBP dan mendapatkan prestasi yang membanggakan. Aamiin.

Sumber: https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!

Subscribe to receive free email updates:

Pendaftaran "Apa Itu PDSS? Panduan Pendaftaran PDSS SNBP 2024/2025"