Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022 - PENDAFTARAN MAHASISWA
Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya COVID-19, sebagian besar penerimaan diundur pendaftaran dan seleksinya. Maka dari itu silahkan buka laman resmi masing-masing sumber penerimaan yang tertera pada setiap informasi dibagian akhir artikel. dan apabila jadwal pendaftaran yang tertera pada informasi masih tahun 2020 maka pendaftaran tahun 2021 belum dibuka.Terimakasih

Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022


www.pendaftaranmahasiswa.web.id--https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/--2021/2022-- Saat ini pemerintah telah melaksanakan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi anak sekolah berusia 6 s.d 21 tahun yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).
 
Bagi lulusan SMA/sederajat yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi namun berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat melakukan Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022.

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan bagi para siswa yang memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi namun memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.
 
Sebelumnya calon mahasiswa baru dapat mendaftar program bantuan biaya pendidikan melalui Bidikmisi, namun saat ini Bidikmisi telah berubah menjadi KIP-Kuliah.

KIP-Kuliah merupakan salah satu komitmen pemerintah Republik Indonesia dalam meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas.

Bagi yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS dapat mendaftar KIP-Kuliah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dalam melakukan pendaftaran KIP-Kuliah silahkan siapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).  
 
Pastikan bahwa NISN, NPSN dan NIK anda tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kemendikbud, agar pendaftaran KIP Kuliah 2021 valid.
 
Bagi yang akan mendaftar KIP-Kuliah untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (seperti UIN/IAIN/STAIN, PTKN Hindu, Buddha, Kristen, Katolik, dan Konghucu) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta, pendaftaran KIP Kuliah di Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Ayo Kuliah!! Ayo segera cari kampus idamanmu. Kip-Kuliah memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi.
 

A. Keunggulan KIP Kuliah 2021

  1. Kuota KIP-Kuliah baru 200.000 orang untuk tahun 2021 yang dilakukan pemerintah melalui Puslapdik Kemendikbud
  2. Menjamin KIP Kuliah on going dan Bidikmisi on going sampai masa studi selesai
  3. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (UTBK) atau seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi
  4. Pembebasan biaya pendidikan/kuliah yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi
  5. Mulai tahun akademik 2021/2022 bantuan biaya hidup ditetapkan berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal masing-masing wilayah
    .
Bagi yang akan melakukan Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022 silahkan ikuti alur pendaftaran berikut ini. Namun sebelum melakukan pendaftaran untuk mempersiapkan berkas persyaratan KIP Kuliah terlebih dahulu.

B. Syarat Pendaftaran KIP-Kuliah

  1. Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2019,2020, dan 2021
  2. Memiliki NISN, NPSN, dan NIK
  3. Memiliki potensi akademik yang baik/tinggi tetapi berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi (dibuktikan dengan dokumen yang sah)
  4. Lulus seleksi pada PTN atau PTS pada prodi (akreditasi A atau B),dan memungkinkan prodi dengan akreditasi C tetapi dengan pertimbangan tertentu.
Selanjutnya apabila memenuhi persyaratan untuk mendaftar KIP-Kuliah seperti di atas, silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti alur pendaftaran di bawah ini.
 
Persyaratan keterbatasan ekonomi yang dimaksud adalah
  1. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
Namun apabila calon penerima tidak memenuhi salah satu persyaratan di atas, tetap dapat mendaftar jika berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000


C. Cara Pendaftaran Online KIP-Kuliah.

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dilakukan secara online. Adapun tahapan pendaftaran KIP Kuliah adalah sebagai berikut.
  1. Login di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id 
  2. Silahkan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Email (yang masih aktif)
  3. Sistem akan memvalidasi NIK, NISN, dan NPSN. Selain itu sistem akan memvalidasi apakah layak atau tidak menerima KIP-Kuliah.
  4. Sistem KIP-Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses kealamat email yang telah didaftarkan
  5. Login kembali di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id (menggunaan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses)
  6. Lengkapi proses pendaftaran dan pilih jalur seleksi (SNMPTN/ SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri/Lainnya)
  7. Selanjutnya lakukan proses pendaftaran di Portal masing-masing jalur seleksi yang dipilih
Secara singkat pendaftaran KIP-Kuliah seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar Alur Pendaftaran KIP-Kuliah

Perlu diketahui apabila sistem pendaftaran KIP-Kuliah belum dibuka silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu pada portal seleksi (seperti SNMPTN dan lainnya). Proses sinkronisasi akan dilakukan kemudian melalui skema host-to-host.

Selain itu bagi calon penerima KIP-Kuliah yang telah dinyatakan lulus/diterima di Perguruan Tinggi dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi penerima sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah.

D. Fasilitas KIP-Kuliah

Selanjutnya apabila mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah ini, maka akan mendapatkan fasilitas program KIP-Kuliah yang meliputi:
  1. Bebas biaya pendaftaran jalur seleksi UTBK serta jalur seleksi lain yang ditetapkan masing-masing panitia dan Perguruan Tinggi.
  2. Bebas biaya pendidikan/kuliah yang dibayarkan langsung keperguruan tinggi
  3. Subsidi biaya hidup disesuaikan pertimbangan masing-masing wilayah

E. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2021

  1. Pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah, tanggal 08 Februari s.d 31 Oktober 2021
  2. Pendaftaran SNMPTN, tanggal 14 Februari s.d 23 Februari 2021
  3. Pendaftaran SNMPN, tanggal 12 Februari s.d 18 Maret 2021
  4. Pendaftaran UTBK-SBMPTN, tanggal 14 Maret s.d 31 Maret 2021

Itulah informasi tentang Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022. Silahkan lengkapi persyaratan dan lakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal pendaftaran yang telah ditentukan.
 
Informasi selengkapnya unduh informasi Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022 
Semoga kalian semuanya dapat diterima menjadi calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi sesuai dengan Prodi pilihan masing-masing dengan prestasi yang membanggakan. Aamiin!!!.

Sumber: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022"

Unknown said...

Laman kipnya kok nggak bisa dibuka

Anonymous said...

Sama saya juga tidak bisa dibuka laman KIP tersebut