Menggapai Asa Melalui Pendaftaran KIP-Kuliah 2022/2023 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Menggapai Asa Melalui Pendaftaran KIP-Kuliah 2022/2023


https://www.pendaftaranmahasiswa.web.id--https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/--2022/2023--Pada artikel ini akan diberikan informasi seputar pendaftaran Kip-Kuliah pada tahun 2022. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi untuk mendaftarkan diri pada program Kip-Kuliah.

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan bagi para siswa yang memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi namun memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

KIP-Kuliah merupakan salah satu komitmen pemerintah Republik Indonesia dalam meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas.

Bagi yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS dapat mendaftar KIP-Kuliah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Ayo Kuliah!! Ayo segera cari kampus idamanmu. Kip-Kuliah memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi.

Dalam melakukan pendaftaran KIP-Kuliah silahkan siapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

A. Keunggulan KIP-Kuliah
KIP-Kuliah memiliki beberapa keunggulan yakni.
  1. Kuota KIP-Kuliah lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020
  2. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kekompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi
  5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

B. Persyaratan Pendaftaran KIP-Kuliah
Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2022 adalah sebagai berikut:
  1. Lulus SMA/sederajat pada tahun ini atau maksimal lulus 2 tahun yang lalu
  2. Siswa SMA/sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP
  3. Siswa SMA/sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera
  4. Memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid
  5. Memiliki potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi (didukung dokumen sah)
  6. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

C. Jadwal atau Waktu Pendaftaran KIP-Kuliah 2020/2021

  1. Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah tanggal 26 Februari s.d 31 Oktober 2020
  2. Pendaftaran KIP-Kuliah SNMPTN tanggal 02 Maret s.d 31 Maret 2020
  3. Pendaftaran KIP-Kuliah Seleksi Mandiri tanggal 18 Mei s.d 30 September 2020
  4. Pendaftaran KIP-Kuliah SNMPN tanggal 25 Februari s.d 13 Maret 2020
  5. Pendaftaran KIP-Kuliah UTBK-SBMPTN tanggal 18 Mei s.d 19 Juni 2020
  6. Pendaftaran KIP-Kuliah SBMPN tanggal 18 Mei s.d 24 Juni 2020
Jangan sampai kalian melewati waktu pendaftaran yang sudah ditentukan. Karena, apabila kalian melebihi batas waktu yang ditentukan berkas atau dokumen pendaftaran tidak bisa dilayani. Sehingga perjuangan Anda untuk menggapai asa telah hilang.

Banyak sekali jalur penerimaan yang bisa kalian ikuti dengan mendaftar melalui biaya bidikmisi. Selain perguruan tinggi negeri beasiswa bidikmisi juga diikuti oleh beberapa perguruan tinggi swasta. Namun tidak semua PTS menyediakan beasiswa bidikmisi ini.



Bidikmisi sekarang dirubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), dan calon peserta penerima KIP-K silahkan pelajari terlebih dahulu prosedur pendaftaran program KIP Kuliah.
Silahkan Baca Ketentuan KIK-Kuliah dan ADIK di:
  1. http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  2. http://adik.kemdikbud.go.id/
Atau kalian dapat membaca di:
Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2022/2023
Bagi kalian yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi namun memiliki kendala dalam hal ekonomi silahkan daftarkan diri kalian melalui program bidikmisi. Artikel ini akan menjelaskan secara lugas tentang Menggapai Asa Melalui Pendaftaran Bidikmisi 2022.

Saat ini Pemerintah berkomitmen untuk memutus mata rantai kemiskinan melalui Pendidikan Tinggi dengan program Bidikmisi. Sehingga dengan adanya program Bidikmisi ini akan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi.

Pada tahun 2020 kuota bidikmisi telah ditingkatkan hingga mencapai 50% lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya. 

Apabila kalian lulus pada program bidikmisi maka akan mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan ketentuan bidikmisi.

Silahkan baca: Fasilitas dan Jangka Waktu Penerima Bidikmisi

Berdasarkan laman resmi Bidikmisi bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi; meningkatkan prestasi mahasiswa;menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dengan tepat waktu; dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif serta memiliki kepedulian sosial sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan  mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk mendapatkan Bidikmisi ini ada beberapa ketentuan atau persyaratan Bidikmisi yang harus kalian miliki. Adapun mengenai persyaratan bidikmisi 2020 adalah sebagai berikut.

A. Persyaratan Bidikmisi untuk Calon Penerima

  1. Lulus satuan pendidikan SMA/MA/Sederajat pada tahun 2018 dan 2019
  2. Belum pernah mendapatkan Bidikmisi

Adapun jadwal pendaftaran bidikmisi 2020 adalah sebagai berikut:




C. Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi 2020/2021


Pendaftaran Bidikmisi di awali dengan pendaftaran oleh pihak sekolah dan dilanjutkan oleh masing - masing siswa.

Selengkapnya baca: Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi TA 2020/2021

1. Pendaftaran Bidikmisi Pihak Sekolah

 
Langkah pertama apabila akan melakukan pendaftaran Bidikmisi 2020 pihak sekolah melakukan registrasi terlebih dahulu. Proses registrasi dilakukan secara online dengan login di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/  .Apabila sudah login maka akan muncul laman seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar Menu Pendaftaran Bidikmisi




Pilihlah atau klik menu Sekolah seperti yang tertera pada tanda panah di atas.


Setelah itu akan muncul dua pilihan menu pendaftaran. Menu pertama Sudah Terdaftar dan menu kedua  Belum Terdaftar.

Menu yang tertera seperti pada gambar di bawah ini

Gambar Menu Pilihan Pihak Sekolah Pendaftar Bidikmisi



a. Pendaftaran Bagi Sekolah yang Belum Terdaftar


Apabila sekolah yang akan mendaftarkan siswanya untuk mengikuti Bidikmisi namun belum pernah mendaftar silahkan pilih menu belum terdaftar seperti pada gambar di atas.

Silahkan cari sekolah kalian dengan menggunakan NPSN atau nama sekolah. Seperti yang tertera pada gambar di di bawah ini.



Apabila daftar sekolah kalian sudah ditemukan, langkah selanjutnya silahkan isi form yang telah tersedia. Form yang terdapat pada laman meliputi:

  1. NPSS (isi NPSS secara benar. Apabila ditemukan NPSS tidak valid atau tidak ditemukan silahkan lapor ke dinas pendidikan kabupaten/kota dimana sekolah berada)
  2. Nama Sekolah (Isi nama sekolah secara lengkap)
  3. Alamat Sekolah (Alamat sekolah harus lengkap yang mudah ditemukan mengenai surat menyurat meliputi jalan, nomor alamat, kecamatan, kabupaten/kota)
  4. Provinsi (Isi secara  lengkap dan benar)
  5. Pilihlah Provinsi pada form yang tersedia
  6. Kota (Pilihlah Kota sesuai dengan alamat sekolah)
  7. Email Sekolah (masukkan alamat email sekolah)
  8. Nomor Telepon Sekolah (Isilah nomor telepon sekolah yang bisa dihubungi, sertakan kode area telpon)
  9. Nama Kepala Sekolah (Isi nama Kepala Sekolah secara lengkap beserta gelarnya)
  10. Email Kepala Sekolah (Isikan alamat email Kepala Sekolah yang masih aktip)
  11. Nomor Telepon Kepala Sekolah (Isikan No Telepon Kepala Sekolah yang AktiP)
  12. Status Sekolah (Isikan status Sekolah secara benar)
  13. Akreditasi (Isikan status Akreditasi Sekolah Saat ini)
  14. Jenis Sekolah (Pilihlah jenis sekolah yang tersedia berdasarkan jenis sekolah kalian)
  15. Melampirkan lembar persetujuan bahwa data yang diisi atau dimasukkan adalah benar
  16. Kode Verifikasi (Mendapatkan kode verifikasi tulis dan simpan baik-baik)
Apabila proses pendaftaran pihak sekolah sukses atau berhasil maka akan ada pesan berhasil pada laman pendaftaran. (untuk bukti pendaftaran Bidikmisi pihak sekolah juga dikirimkan di email sekolah saat kalian mengisi form tadi).

Itulah tata cara pendaftaran Bidikmisi oleh pihak Sekolah apabila selama ini belum pernah mendaftarkan Sekolahnya pada program Bidikmisi. Sedangkan bagi sekolah yang sudah pernah mendaftarkan diri pada program Bidikmisi, pendaftarannya adalah sebagai berikut:

b. Pendaftaran Bagi Sekolah yang SudahTerdaftar

Bagi sekolah kalian yang sudah pernah mendaftar program Bidikmisi, silahkan pilih menu sudah terdaftar yang tertera pada laman pendaftaran (Menu sudah terdaftar seperti pada gambar menu pilihan sekolah pada gambar di atas)


Silahkan masukkan NPSN sekolah kalian dan Kode Akses pada menu yang tersedia (Kode Akses didapatkan saat pendaftaran pada poin a di atas).

Centanglah menu Biarkan tetap masuk apabila kalian akan masuk lagi suatu saat secara otomatis tanpa memasukkan NPSS dan Kode Akses.

Selanjutnya pilihlah atau klik menu Masuk


Apabila proses masuk berhasil. Kalian akan digiring ke laman pendaftaran. Apabila data informasi sekolah kalian di sistem Bidikmisi sama dengan data informasi sekolah kalian di sistem PDSPK.

Jika kedua data informasi tersebut terdapat perbedaan, kalian akan digiring pada proses verifikasi. Silahkan verifikasi data sekolah kalian.

Pada saat proses verifikasi Jika sekolah kalian Sama namun berbeda penulisannya silahkan Ganti Nama Sekolah pada menu yang tersedia. Sedangkan jika nama sekolah berbeda yang tidak sesuai dengan sekolah kalian silahkan cari nama sekolah kalian pada menu yang disediakan. (apabila sudah selesai simpan data sekolah kalian dengan mengklik menu simpan).

Apabila proses login berhasil langkah selanjutnya adalah pengisian data rekomendasi masing-masing siswa yang akan didaftarkan pada program Bidikmisi.

Silahkan klik atau pilih menu rekomendasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Adapun hal-hal yang perlu diisi saat proses rekomendasi adalah sebagi berikut:

1. Data UNAS 

Silahkan klik pada menu Tambah Data pada laman yang tersedia. Silahkan klik pada menu seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.


Silahkan isi secara lengkap dan benar.
Disarankan untuk mengecek kembali sebelum menyimpan data.

Apabila data UNAS yang dimasukkan dirasa sudah benar silahkan klik simpan. Carilah menu seperti pada gambar di bawah ini.



2. Data Prestasi

Tata cara pengisian data prestasi sama halnya dengan pengisian data UNAS di atas. Namun yang membedakan hanyalah form yang tertera pada laman.

Isilah form yang tersedia secara lengkap dan benar. Form yang perlu diisi atau dipilih mengenai data prestasi adalah :
  • Nama Prestasi
  • Tahun Mendapatkan Prestasi
  • Jenis Prestasi
  • Tingkat Prestasi
  • Tingkat Pendapaian

Selanjutnya pada tahap ini sudah diisi secara lengkap dan benar. Silahkan rekomendasi siswa kalian masing masing dengan memilih atau mengklik menu rekomendasi yang tertera pada laman tersebut. Menu rekomendasi siswa seperti pada gambar di bawah ini.



Apabila menu rekomendasi siswa sudah kalian klik maka kalian akan digiring pada proses impor. Silahkan klik menu Mulai Proses Impor yang tersedia pada laman. Gambar menu mulai proses impor seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya apabila menu proses impor sudah kalian klik maka kalian akan digiring pada laman seperti gambar di bawah ini.


Proses ini dilakukan untuk mengimpor data seluruh siswa sekolah kalian yang terdaftar pada sistem PDSPK agar terimpor ke sistem Bidikmisi.

Apabila proses impor berhasil atau selesai maka laman kalian akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.



 Selanjutnya silahkan pilih menu Rekomendasi Siswa seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Maka, apabila kalian sudah mengkliknya maka akan muncul laman seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Silahkan isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa kalian yang akan direkomendasikan untuk mengikuti Bidikmisi. (Apabila siswa yang akan direkomendasikan belum memiliki NISN silahkan proses pengurusan di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dimana sekolah kalian berada).

Apabila NISN sudah dimasukkan silahkan klik menu Rekomendasi di atas.
Apabila proses rekomendasi berhasil maka kalian akan digiring ke laman seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Penting!
Pada tahap ini mohon dicatat No Pendaftaran dan Kode Akses yang akan digunakan pada tahap pendaftaran selanjutnya.


2. Pendaftaran Bidikmisi Masing-Masing Siswa


Apabila pendaftaran pihak sekolah sudah selesai dilakukan.

Selanjutnya masing-masing siswa peserta bidikmisi untuk melakukan pendaftaran menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang diberikan oleh pihak sekolah. (tanyakan kepada pihak sekolah apakah diri kalian sudah direkomendasikan atau belum).

Nomor pendaftaran dan kode akses tersebut didapat saat pendaftaran pihak sekolah telah dilakukan.
Apabila kalian sudah mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses yang diberikan oleh pihak sekolah.

Silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah berikut ini.
Login ke laman  http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ pada laman tersebut akan muncul seperti gambar di bawah ini

Silahkan pilih menu Siswa yang tertera pada laman seperti yang terlihat pada gambar di atas.
Apabila sudah diklik maka kalian akan digiring pada laman seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.




Pada gambar di atas. Untuk no 1 adalah bagi siswa yang sudah direkomendasikan oleh pihak sekolah dan sudah mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.

Silahkan isi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses lalu klik menu masuk seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Untuk no 2 khusus bagi siswa yang  mendaftar melalui pembaruan akun. Menu ini bagi pelamar bidikmisi dimana pada tahun 2017 sudah pernah mendaftar program Bidikmisi dan sudah memiliki nomor pendaftaran dan kode akses namun belum diterima. Silahkan perbarui akun kalian.

Sedangkan untuk no 3 adalah pendaftaran secara pribadi tanpa melalui pihak sekolah. Pendaftaran secara pribadi ini dikhususkan bagi pelamar yang telah memiliki KIP atau BSM atau KPS.

Apabila kalian berhasil login maka akan digiring kelaman seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Silahkan isikan identitas pribadi kalian yang meliputi:
  1. Biodata (Isikan biodata secara lengkap dan benar)
  2. Kondisi Ekonomi (Mengenai kondisi ekonomi Orang Tua kalian)
  3. Data Keluarga (Data mengenai daftar dan status keluarga kalian)
  4. Kondisi Rumah (Kondisi rumah yang ditempati kalian saat ini dengan Orang Tua)
  5. Aset Keluarga (Mengenai aset yang dimiliki oleh orang tua atau keluarga)
  6. Rencana Hidup (Rencana hidup/tinggal saat di Perguruan Tinggi tujuan)
  7. Jalur Seleksi (Silahkan pilih jalur seleksi)

Mengenai ketujuh identitas yang perlu kalian isikan di atas silahkan baca selengkapnya di bawah ini.

A. Biodata Siswa

Mengenai biodata yang perlu kalian isi yaitu:
  1. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), bagi yang belum memiliki NISN bisa menggunakan NIS sekolah dengan menambahkan angka 0 dibelakang NIS dengan jumlah 10 digit atau NIS dan angka 0 harus berjumlah 10 (misalkan NIS 1234 maka menjadi 1234000000).
  2. Nama Siswa, (Isikan nama kalian sesuai dengan ijazah kalian)
  3. Jenis Kelamin, (Sesuai dengan jenis kelamin kalian)
  4. Agama, (Sesuai dengan Agama kalian)
  5. Tempat Lahir
  6. Tanggal Lahir, (Tempat dan tanggal lahir sesuaikan dengan Ijazah kalian)
  7. Alamat, (Isikan alamat yang mudah dihubungi melalui surat menyurat)
  8. Email, (Isikan alamat email kalian yang masih aktip)
  9. Kode Pos, (Isikan kode pos dimana kalian tinggal, apabila kalian lupa silahkan serching di internet)
  10. Nomor Telepon, (Kosongkan jika tidak ada)
  11. Nomor Handphone (Isikan NO HP yang masih aktip, kosongkan jika tidak ada)
Apabila identitas diri kalian sudah kalian lengkapi silahkan klik menu simpan.
Disarankan sebelum mengklik menu simpan untuk dicek sekali lagi apakah identitas kalian sudah sesuai.

B. Kondisi Ekonomi

Mengenai kondisi ekonomi yang perlu kalian isi adalah:
  1. Pekerjan Ayah/Wali
  2. Penghasilan Ayah (silahkan pilih yang sesuai dengan penghasilan Ayah)
  3. Bantuan Pemerintah (jika ada)
  4. Pekerjaan Ibu
  5. Penghasilan Ibu (Pilih yang sesuai dengan penghasilan Ibu)
  6. Total Hutang Kepada Pihak Lain (Isikan jika ada tanpa tanda titik atau koma)
  7. Cicilan Hutang Dibayar Per Bulan (Isikan jika ada tanpa tanda titik atau koma)
  8. Total Piutag Kepada Pihak Lain (Isikan jika ada tanpa tanda titik atau koma)
  9. Cicilan Piutang Dibayar Per Bulan (Isikan jika ada tanpa tanda titik atau koma)
  10. Tabungan Keuarga (Meliputi bentu tabungan/Kas/Giro/Sejenisnya

Pada form ekonomi ini apabila kalian sudah mengklik simpan maka data yang kalian masukkan tidak dapat dirubah kembali.

Maka, disarankan sebelum mengklik simpan mohon untuk mengecek sekali lagi apakah data yang kalian masukkan sudah benar.

C. Data Keluarga

Data keluarga yang perlu diisin atau dipilih pada form adalah :
  1. Nama Ayah
  2. Status Ayah
  3. Status Hubungan
  4. Hubungan Wali (Misalkan hubungan dengan Ayah adalah Wali)
  5. Pendidikan Ayah
  6. Pekerjaan Ayah
  7. Detail Ayah (Meliputi: Profesi Ayah, Tempat Bekerja, Berapa Lama Bekerja, Jadwal Kerja, Kondisi Kesehatan, dan Kondisi Karir/profesinya)
  8. Nama Ibu
  9. Status Ibu
  10. Pendidikan Ibu
  11. Pekerjaan Ibu
  12. Detail Ibu (sama halnya dengan detail Ayah)
  13. Jumlah Tanggungan (jumlah yang perlu ditanggung orang tua/wali, tidak termasuk Ayah dan Ibu)
  14. Nomor Telepon Orang Tua (kosongkan jika tidak ada)
Silahkan klik simpan apabila data keluarga sudah kalian isi dengan benar.
Selanjutnya pilih panel foto yang tersedia pada laman untuk proses upload foto keluarga (maksimum ukuran 300kb).


D. Prestasi

Silahkan isi prestasi kalian (untuk lampiran sertifikat tidak boleh melebihi 300kb)


E. Rumah

Form tempat tinggal atau rumah yang harus dan diisi atau memilih pada laman pendaftaran adalah:
  1. Kepemilikan
  2. Tahun Perolehan
  3. Sumber Listrik
  4. Daya Listrik
  5. Luas Tanah (dalam meter persegi)
  6. NJOP/Meter (berdasarkan dokumen resmi, tulis 0 apabila tidak ada dokumen resmi dan apabila ada tu;is dengan tidak ada tanda titik atau koma)
  7. Luas Bangunan (dalam meter persegi)
  8. Bahan Atap
  9. Bahan Lantai
  10. Bahan Tembok
  11. Mandi Cuci Kakus
  12. Sumber Air Utama
  13. Jarak dari Pusat Kota
  14. Jumlah Orang Tinggal (termasuk Ayah dan Ibu)

F. Aset

Penambahan kategori aset pada form pendaftaran meliputi:
  1. Nama Barang/Aset
  2. Merk/Tipe
  3. Jenis Barang
  4. Tahun Perolehan
  5. Metode Perolehan
  6. Kondisi Barang/Aset
  7. Harga Beli
  8. Estimasi Nilai Barang Saat Ini

Penambahan ini apabila keluarga siswa memiliki aset. Untuk laman pengisian aset seperti pada gambar di bawah ini. SIlahkan tekan tombol menu tambah aset untuk menambahkan aset keluarga pelamar Bidikmisi



G. Rencana Hidup/Tinggal

Rencana tinggal/hidup ini diisi untuk melihat bagaimana kalian pendaftar Bidikmisi nantinya apabila diterima di perguruan tinggi. Diantaranya apakah kalian akan tinggal bersama keluarga, kos, pesantren, dan lain sebagainya.

Adapun form yang harus diisi pada laman ini meliputi:
  1. Rencana Tinggal
  2. Dukungan Keluarga
  3. Transportasi Asal
  4. Transportasi Harian
  5. Biaya Transportasi

H. Seleksi

Pada laman seleksi ini kalian hanya bisa mengaksesnya atau membukanya apabila semua data yang wajib diisi pada form pendaftaran telah kalian isi semuanya.

Beberapa persetujuan yang perlu kalian pahami sebelum melanjutkan ke menu seleksi adalah:
  1. Penghasilan Orang Tua
  2. Dampak Pemalsuan Data
  3. Ketentuan yang Mengharuskan Siswa atau Pelamar Mendaftar Seleksi Masuk Perguruan Tinggi
Selanjutnya apabila sudah memahami dan menyetujui dengan cara mencentang semua tanda bertuliskan "Saya Memahami" maka dilanjutkan untuk mengklik pada menu Proses Selanjutnya. Maka kalian akan digiring kepada pilihan jalur pendaftaran.

Adapun jalur pendaftaran masuk perguruan tinggi melalui program Bidikmisi yaitu jalur pendaftaran: PMDK-PN, SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri PTN, Seleksi Mandiri PTS, UMPN, SPAN-PTKIN, dan lainnya.

Silahkan baca:
  1. Pendaftaran Online SNMPN T.A 2022/2023
  2. Pendaftaran SNMPTN Tahun 2022 Bagi Lulusan SMA/Sederajat
  3. Jalur Pendaftaran SBMPTN 2022 Telah Dibuka
  4. Jalur Seleksi Mandiri PTN 2022
  5. Jalur Seleksi Mandiri PTS 2022
  6. Panduan Pendaftaran Jalur UM-PTKIN 2022
  7. Pendaftaran Online SPAN-PTKIN 2022/2023
  8. dan lain-lain
Apabila kalian sudah selesai memilih jalur seleksi langkah terakhir silahkan cetak formulir pendaftaran dan simpan formulir tersebut.

Formulir itu digunakan untuk daftar ulang dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Bidikmisi.

Atau lebih singkatnya mengenai pendaftaran Bidikmisi silahkan ikuti alur pendaftaran pada gambar di bawah ini.

Bagi kalian pelamar bidikmisi melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti alur pendaftaran bidikmisi seperti pada gambar di bawah ini.

 Gambar Alur Pendaftaran Bidikmisi Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Sedangkan, kalian pelamar bidikmisi melalui jalur PMDK-PN,UMPN, dan Mandiri, silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti alur pendaftaran bidikmisi seperti pada gambar di bawah ini.

 Gambar Alur Pendaftaran Bidikmisi Jalur PMDK-PN,UMPN-Mandiri

Kami doakan semoga Kalian sekalian dapat mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini untuk kepentingan pendidikan. Saran dari kami jangan putus harapan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi hanya karena uang. Terima kasih.

Sumber : http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Menggapai Asa Melalui Pendaftaran KIP-Kuliah 2022/2023"

JR.rahmawati said...

Maaf, di jadwal bidikmisi itu 2019 atau 2020