Panduan Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah & Siswa 2021 - PENDAFTARAN MAHASISWA
Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan pandemi saat ini, apabila jadwal pendaftaran dan seleksi penerimaan berubah, maka buka laman resmi masing-masing sumber penerimaan yang tertera pada setiap informasi dibagian akhir artikel.Terimakasih

Panduan Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah & Siswa 2021


 
https://www.pdss.ltmpt.ac.id/.2021/2022-- Pada artikel ini akan diberikan informasi penting seputar pendaftaran PDSS bagi calon peserta yang akan mendaftar di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN 2021. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi untuk pengisian PDSS pelamar SNMPTN.

PDSS merupakan singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa yang digunakan oleh pihak sekolah untuk mendaftarkan siswanya dalam mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN.
 
Pada artikel ini akan diberikan informasi penting seputar Panduan Pendaftaran PDSS Sekolah & Siswa 2021 dengan harapan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang sedang atau akan mendaftarkan diri masuk PTN melalui jalur SNMPTN.

Salah satu persyaratan atau alur pendaftaran SNMPTN merupakan pengisian data siswa melalui laman PDSS LTMPT yang dilakukan pada tanggal 11 Januari s.d 08 Februari 2021.

Dilansir dari laman ltmpt bahwa Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisi rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar.

Bagi sekolah yang menerapkan kurikulum nasional baik Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS) PDSS mengakomodasi kedua kurikulum tersebut. 
 
Tetapi bagi sekolah yang tidak menerapkan kurikulum nasional maka sekolah tersebut tidak diperkenankan mendaftar PDSS.

Pada tahun ini pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah (yang ditugaskan masing-masing sekolah) dan kebenaran data yang diisikan pada PDSS merupakan tanggung jawab dari Kepala Sekolah.

Baca juga:

A. Cara Pendaftaran PDSS SNMPTN 2021


Langkah-langkah atau  yang perlu dilakukan dalam mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS adalah sebagai berikut : 
 
 
Langkah 1 Login di LTMPT

Pihak sekolah mengisi data sekolah dan data siswa di PDSS melalui laman Login di www.pdss.ltmpt.ac.id
 
Login menggunakan akun LTMPT yang telah terdaftar. Bagi yang belum memiliki akun silahkan registrasi terlebih dahulu pada laman LTMPT.
 
 
Langkah 2 Cek Profil Sekolah
 
Pada halaman ini akan didapatkan informasi mengenai sekolah dan kepala sekolah, kedua data tersebut diambil dari laman LTMPT dan tidak dapat dirubah.

Apabila ada kesalahan data maka pihak sekolah silahkan melakukan verifikasi validasi sekolah dan peserta didik pada laman vervalsp.data.kemensikbud.go.id
 
 
Langkah 3 Cek Informasi Sekolah

Pada laman ini silahkan isi kolom yang tersedia secara lengkap dan benar selanjutnya klik menu "Simpan" dan apabila berhasil maka akan ada notifikasi  "Berhasil Menyimpan Jurusan dan Jenis Studi".

Pada laman informasi sekolah terdapat data tentang sekolah dan jurusan (IPA, IPS, dan Bahasa) beserta kuota masing-masing jurusan. Bagi sekolah SMK terdapat juga jurusan yang ada di SMK lengkap beserta kuotanya.


Langkah 4 Finalisasi Data Sekolah

Cek kembali data yang telah diisikan apabila sudah memfinalisasi Tandai "saya setuju untuk memfinalisasi profil dan jurusan", maka data profil dan jurusan sekolah tidak dapat berubah setelah dilakukan finalisasi.
 
Ingat! sebelum finalisasi cek data terlebih dahulu.
 
 
Langkah 5 Pemeringkatan Siswa Eligible

Pada laman informasi mengenai jurusan (ada pada kanan atas) itu merupakan data yang telah sekolah isikan pada profil jurusan.

Selain itu, kuota yang tersedia (ada juga pada laman kanan atas) merupakan kuota siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN yang sesuai dengan ketentuan LTMPT.

Silahkan isikan data secara lengkap dan benar siswa yang eligible perjurusan saja, dan perlu diketahui bahwa urutan memasukan data siswa akan menjadi urutan "Ranking" dari siswa tersebut.
 

Langkah 6 Finalisasi Ranking Siswa yang Eligible

Apabila data telah diisi secara lengkap dan benar maka langkah terakhir adalah finalisasi ranking siswa eligible.

Silahkan lakukan "Finalisasi Data Siswa". Sebelumnya mohon untuk dicek kembali apakah data ranking siswa perjuruan tersebut sudah benar.

Karena apabila sudah di finalisasi data tidak dapat berubah.

Untuk diketahui apabila ada sekolah yang tidak melakukan finalisasi sampai batas akhir pengisian PDSS, maka sekolah tersebut tidak dinyatakan sebagai peserta SNMPTN dan siswanya tidak dapat mendaftar ke PTN melalui jalur SNMPTN.

Silahkan lakukan pendaftaran dan finalisasi sesuai jadwal yang telah ditentukan.
 
Selengkapnya silahkan baca Panduan Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah & Siswa 2021 di https://ltmpt.ac.id


B. Jadwal Pendaftaran PDSS SNMPTN 2021


Jadwal Pengisian dan Verifikasi PDSS SNMPTN dibuka mulai tanggal 11 Januari s.d 08 Februari 2021
 
Jadwal PDSS 2021
  1. Pengisian PDSS tanggal 11 Januari s.d 08 Februari 2021
  2. Penetapan siswa eligible oleh Sekolah, tanggal 04 Januari s.d 08 Februari 2021
Sedangkan pendaftaran SNMPTN adalah sebagai berikut.
  1. Pendaftaran tanggal 15 s.d 24 Februari 2021
  2. Pengumuman tanggal 22 Maret 2021
Selengkapnya baca: 

Itulah informasi sekilas mengenai Panduan Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah & Siswa 2021. Semoga informasi ini dapat dijadikan rujukan dalam pengisian PDSS.

Selanjutnya apabila kalian sudah mendaftar PDSS ini maka kalian siap-siap untuk mendaftar SNMPTN.

Mengenai pendaftaran SNMPTN silahkan baca : Pendaftaran Online SNMPTN tahun 2021 di portal.ltmpt.ac.id

Sumber : https://ltmpt.ac.id/

    Motivasi Situs:

    Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

Subscribe to receive free email updates: