Pendaftaran Mahasiswa POLITANI Samarinda TA 2024/2025 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Pendaftaran Mahasiswa POLITANI Samarinda TA 2024/2025


politanisamarinda.ac.id--2024/2025--
Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (POLITANI) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri berbasis Politeknik yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Tepatnya berada di Sungai Keledang, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Pada artikel ini akan diberikan informas penting tentang  Pendaftaran Mahasiswa POLITANI Samarinda TA 2024/2025. Semoga dengan adanya informasi ini dapat dijadikan rujukan PMB di Politani Samarinda pada tahun ini.

Dilansir dari laman Wikipedia Politeknik Pertanian Negeri Samarinda pada awalnya disebut Politeknik Pertanian Universitas Mulawarman Bidang Studi Kehutanan. Didirikan secara resmi pada tanggal 6 Pebruari 1989 oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur Bpk. Suwandi bersama-sama dengan Rektor Universitas Mulawarman Bpk. Yunus Rasyid

Saat ini Politeknik Samarinda telah menyelenggarakan program pendidikan D3 dan D4 untuk beberapa Program Studi.

A. Jurusan dan Program Studi di Politani Samarinda

Jurusan Manajemen Pertanian
  1. Program Studi Pengelolaan Hutan (D3)
  2. Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan (D3)
  3. Program Studi Manajemen Lingkungan (D3)
  4. Program Studi Geoinformatika (D3)
  5. Program Studi Manajemen Perkebunan (D4)
  6. Program Studi Manajemen Informatika (D4)

Jurusan Teknologi Pertanian
  1. Program Studi Teknologi Hasil hutan (D3)
  2. Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (D3)

B. Informasi PMB POLITANI Samarinda

Pada tahun ini Politeknik Pertanian Negeri Samarinda menerima mahasiswa baru dengan berbagai jalur penerimaan, yaitu :

1. Pendaftaran Jalur SNBP POLITANI Samarinda

SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yang merupakan jalur seleksi yang dilaksanakan secara nasional seluruh PTN berdasarkan pada prestasi akademik dan/atau nonakademik saat menempuh pendidikan menengah.
 
Pendaftaran jalur SNBP dilakukan secara online pada portal snpmb bppp. Pendaftaran jalur ini tidak dikenakan biaya pendaftaran (gratis) dan bagi peserta yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mendaftar beasiswa KIP Kuliah.
 
Pendaftaran SNBP dilakukan secara online.  Apabila akan melakukan pendaftaran SNBP silahkan baca terlebih dahulu persyaratan SNBP dan ketentuan lainnya di Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Jalur SNBP TA 2024/2025.
 
a). Persyaratan Sekolah Pendaftaran SNBP POLITANI Samarinda 2024

Sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya mendaftar seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNBP adalah:
  1. Sekolah SMA/MA/SMK/Sederajat yang telah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Baca: Cara Cek NISN & NPSN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud
  2. Memiliki akun SNPMB untuk pengisian PDSS (Registrasi di Portal SNPMB)
  3. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan persentase terbaik di sekolah berdasarkan akreditasi sekolah (Akreditasi A:40%, Akreditasi B:25%, Akreditasi C/lainnya : 5%
  4. Sekolah yang melakukan kecurangan dapat dikenakan sanksi hingga pembatalan kepesertaan pada SNBP tahun berikutnya

b). Persyaratan Siswa Pendaftaran SNBP POLITANI Samarinda 2024

Bagi siswa yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru di PTN melalui jalur SNBP harus memiliki prestasi unggul dalam bidang akademik.
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Siswa SMA/sederajat kelas XII pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul
  3. Memiliki akun SNPMB siswa (Registrasi di Portal SNPMB) Baca: Cara Pembuatan Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024/2025
  4. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  5. Memiliki nilai rapor yang telah diisikan oleh pihak sekolah di PDSS
  6. Memiliki prestasi akademik yang unggul dan memenuhi persyaratan yang  ditentukan oleh PTN masing-masing (Jika ada persyaratan lainnya, silahkan buka di website masing-masing PTN).
  7. Sehat jasmani dan rohani yang mendukung kelancaran proses studi 
  8. Siswa yang telah dinyatakan lulus SNBP 2024,SNBP 2023,dan SNMPTN 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024
  9. Siswa yang dinyatakan lulus SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun
  10. Jika dinyatakan lulus dan siswa terbukti melakukan kecurangan dapat dibatalkan status kelulusannya
  11. Mengunggah Portofolio bagi peserta yang mengambil program studi Seni dan Olahraga
 
c). Jadwal Pendaftaran SNBP POLITANI Samarinda 2024
  1. Pengumuman kuota sekolah, tanggal 28 Desember 2024
  2. Masa sanggah kuota sekolah, tanggal 28 Desember s.d 17 Januari 2024
  3. Registrasi Akun SNPMB Sekolah, tanggal 08 Januari s.d 08 Februari 2024 Baca: Cara Pembuatan Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024/2025
  4. Registrasi Akun SNPMB Siswa, tanggal 08 Januari s.d 15 Februari 2024
  5. Pengisian PDSS, tanggal 09 Januari s.d 09 Februari 2024. Baca: Apa Itu PDSS? Panduan Pendaftaran PDSS SNBP 2024/2025
  6. Pendaftaran SNBP, tanggal 14 s.d 28 Februari 2024 
  7. Pengumuman SNBP, tanggal 26 Maret 2024
 *seluruh kegiatan diakhiri pada pukul 15.00 WIB
 
 
d) Tata Cara Pendaftaran SNBP POLITANI Samarinda
 
Secara singkat alur pendaftaran SNBP POLITANI Samarinda seperti pada gambar di bawah ini.
 
Gambar Alur Pendaftaran SNBP POLITANI
 

2. Pendaftaran Jalur SNBT POLITANI Samarinda

SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Proses seleksi SNBT berdasarkan pada hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN.
 
UTBK-SNBT tahun 2024 dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK/Paket C/sederajat 3 (tiga) tahun terakhir, yaitu lulusan tahun 2022,2023,dan 2024 dengan maksimal berumur 25 tahun per tanggal 01 Juli 2024.
 
Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali dan dikenai biaya pendaftaran. Adapun materi tes UTBK adalah Tes Potensi Skolastik (TPA), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.
 
a. Persyaratan Peserta UTBK SNBT POLITANI Samarinda 2024
  1. Memiliki akun SNPMB dan sudah permanen sebelum penutupan registrasi akun di Portal SNPMB
  2. WNI yang memiliki NIK
  3. Maksimal berusia 25 tahun per 1 Juli 2024
  4. Siswa SMA/MA/SMK/kelas XII atau peserta didik Paket C tahun 2024,  dengan syarat memiliki surat keterangan siswa kelas 12 disertai:
    • identitas, terdiri dari nama, kelas, NISN dan NPSN
    • pas foto terbaru (berwarna)
    • stempel/cap sekolah
    • tanda tangan Kepala Sekolah
  5. Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2022 dan 2023, memiliki ijazah dan bagi lulusan luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan
  6. Tidak lulus jalur SNBP tahun 2024, dan 2023 atau jalur SNMPTN tahun 2022
  7. Bagi siswa yang lulus SNBT 2024 dan telah daftar ulang/registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun
  8. Sehat jasmani dan rohani untuk kelancaran proses studi
  9. Wajib mengunggah portofolio bagi yang mengambil Program Studi Bidang Seni dan Olahraga
  10. Wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra bagi peserta Tuna Netra
  11. Membayar biaya pendaftaran
  12. Hasil UTBK 2024 hanya diperuntukan untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN tahun 2024
 
b. Jadwal UTBK SNBT POLITANI Samarinda 2024
 
UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Pendaftaran UTBK bersamaan dengan pendaftaran SNBT.
  1. Pembuatan Akun SNPMB, tanggal 09 Januari s.d 15 Februari 2024, Baca: Cara Pembuatan Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024/2025
  2. Pendaftaran UTBK-SNBT, tanggal 21 Maret s.d 05 April 2024
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang I, tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang II, tanggal 14 s.d 20 Mei 2024
  5. Pengumuman Hasil SNBT, tanggal 13 Juni 2024
  6. Masa Unduh Sertifikat UTBK, tanggal 17 Juni s.d 31 Juli 2024
*) Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB
 
 
c. Tata Cara Pendaftaran UTBK SNBT POLITANI Samarinda
 
Adapun alur pendaftaran UTBK SNBT POLITANI Samarinda adalah sebagai berikut.
  1. Registrasi akun SNBT Siswa di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir
  2. Setelah registrasi login kembali di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan username/email dan password
  3. Silahkan pilih menu "Verifikasi dan Validasi Data Siswa" meliputi:
    • Isikan biodata secara lengkap
    • Unggah pas foto berwarna terbaru
    • Verifikasi biodata serta unduh 
    • Unggah pernyataan tuna netra dan/atau hambatan visual
  4. Selanjutnya, pilih menu "Pendaftaran UTBK-SNBT" melengkapi:
    • Memilih Program Studi
    • Mengunggah Portofolio
    • Memilih Pusat UTBK PTN, dan 
    • memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK
  5. Membayar biaya UTBK di Bank Mitra: Mandiri, BNI, BTN, BRI, BSI.
  6. Cetak kartu peserta UTBK
    • Login kembali di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan username/email dan password 
    • Pilih menu Pendaftaran UTBK 
    • Unduh dan Cetak kartu peserta
  7. Tes
  8. Pengumuman
Atau silahkan lihat alur pendaftaran UTBK-SNBT POLITANI Samarinda seperti pada gambar di bawah ini.
 
Gambar Alur Pendaftaran SNBT POLITANI

3. Pendaftaran Jalur Mandiri POLITANI

Selain menerima calon mahasiswa baru melalui jalur nasional seperti di atas, POLITANI menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang dilaksanakan secara mandiri oleh POLITANI.

Persyaratan Pendaftaran
  • Lulusan SMA/sederajat
  • Maksimal berusia 24 tahun
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d 6 dan ijazah/SKL
  • Siswa memiliki NISN dan sekolah memiliki NPSN
  • Memiliki prestasi akademik/prestasi lainnya dibuktikan dengan FC sertifikat prestasi
  • Dapat melampirkan nilai UTBK apabila pernah mengikuti
Jadwal Pendaftaran
  • Pendaftaran, tanggal -
  • Seleksi, tanggal -
  • Pengumuman, tanggal -
Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan di http://pmb.politanisamarinda.ac.id/

4. Pendaftaran KIP-Kuliah Politani Samarinda

Pada tahun sebelumnya bahwa calon mahasiswa baru dapat mendaftar program bantuan biaya pendidikan Bidikmisi, pada tahun ini Bidikmisi telah berubah menjadi KIP-Kuliah.

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan bagi para siswa yang memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi namun memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.


A. Keunggulan KIP Kuliah 2024
  1. Kuota KIP-Kuliah baru 200.000 orang untuk tahun 2022 yang dilakukan pemerintah melalui Puslapdik Kemendikbud
  2. Menjamin KIP Kuliah on going dan Bidikmisi on going sampai masa studi selesai
  3. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (UTBK) atau seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi
  4. Pembebasan biaya pendidikan/kuliah yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi
  5. Biaya hidup ditetapkan berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal masing-masing wilayah.
B. Syarat Pendaftaran KIP-Kuliah
  1. Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2022,2023, dan 2024
  2. Memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid
  3. Memiliki potensi akademik yang baik/tinggi tetapi berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi (dibuktikan dengan dokumen yang sah)
  4. Siswa SMA/SMK/MA/Sederajat lulusan tahun 2024 memiliki potensi akademik yang baik dan memiliki Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos
  5. Lulus seleksi pada PTN atau PTS pada prodi (akreditasi A atau B),dan memungkinkan prodi dengan akreditasi C tetapi dengan pertimbangan tertentu.
C. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2024
  1. Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah, tanggal -
  2. Pendaftaran KIP Jalur SNBP, tanggal -
  3. Pendaftaran KIP Jalur SNBT, tanggal -
  4. Pendaftaran Seleksi Mandiri PTN, tanggal -
  5. Pendaftaran Seleksi PTS, tanggal -
Baca Juga:  
  1. Jadwal Pendaftaran PTN: SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SNMPN, SBMPN T.A 2024/2025
  2. Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2024/2025
 
D. Tata Cara Pendaftaran KIP Kuliah
 
Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dilakukan secara online dengan Login di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

Secara singkat pendaftaran KIP-Kuliah seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar Alur Pendaftaran KIP-Kuliah

Itulah informasi Pendaftaran Mahasiswa POLITANI Samarinda TA 2024/2025. Semoga informasi ini bisa dijadikan referensi buat kalian untuk mendaftar diri  mengikuti seleksi menjadi mahasiswa baru di POLITANI.
Untuk informasi selanjutnya mengenai pendaftaran mahasiswa baru POLITANI silahkan login di website resmi pendaftaran POLITANI http://politanisamarinda.ac.id/ atau datang langsung ke kampus dengan alamat Jl. Samratulangi Samarinda.
Admin turut mendoakan semoga kalian dapat diterima menjadi mahasiswa baru di POLITANI dengan prestasi yang membanggakan. Aamiin !!!

Sumber: politanisamarinda.ac.id
Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

Subscribe to receive free email updates:

Pendaftaran "Pendaftaran Mahasiswa POLITANI Samarinda TA 2024/2025"