Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN RMS Surakarta S1,S2,S3 T.A 2024/2025 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN RMS Surakarta S1,S2,S3 T.A 2024/2025


https://www.uinsaid.ac.id/--2024/2025-- Universitas Islam Negeri Raden Mas Said (UIN RMS) Surakarta adalah sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang terletak di di Jalan Pandawa, Pucangan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. 
 
Perubahan status yang sebelumnya IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta berdasrkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2021 tanggal 11 Mei 2021.

Pada artikel ini akan diberikan informasi tentang UIN RMS Surakarta khususnya mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN RMS Surakarta S1,S2,S3 T.A 2024/2025. Dengan harapan semoga informasi ini dapat dijadikan referensi buat kalian untuk melakukan Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) di UIN RMS Surakarta.

Saat ini Universitas Islam Negeri Raden Mas Said (UIN RMS) telah memiliki 5 (lima) Fakultas, dan menyelenggarakan pendidikan pada Jenjang Sarjana (S1) sampai dengan Jenjang Doktoral (S3).

Sedangkan untuk jalur penerimaan mahasiswa baru UIN RMS Surakarta melaksanakan jalur nasional (SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN) dan jalur mandiri (UM Mandiri).

A. Fakultas dan Program Studi UIN RMS Surakarta

Saat ini UIN RMS Surakarta memiliki beberapa Fakultas dan Program Pascasarjana, yaitu :

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah
  1. Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam
  2. Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
  3. Program Studi Manajemen Dakwah
  4. Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
  5. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam
  6. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
  7. Program Studi Psikologi Islam
 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
  3. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
  4. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  5. Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
  6. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  7. Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Syariah
  1. Program Studi Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Asy-syakhshiyah)
  2. Program Studi Hukum Pidana Islam
  3. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
  4. Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf 
 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  1. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
  2. Program Studi Akuntansi Syariah
  3. Program Studi Perbankan Syariah
 Fakultas Adab dan Bahasa
  1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Program Studi Badris Bahasa Indonesia
  3. Program Studi Sastra Inggris
  4. Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
  5. Program Studi Sejarah Peradaban Islam
Pascasarjana
  1. Program Studi Doktor (S3) Manajemen Pendidikan Islam
  2. Program Studi Magister (S2) Manajemen Pendidikan Islam
  3. Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Arab
  4. Program Studi Magister (S2) Pendidikan Agama Islam
  5. Program Studi Magister (S2) Hukum Ekonomi Syariah
  6. Program Studi Magister (S2) Manajemen Bisnis Syariah
  7. Program Studi Magister (S2) Tadris Bahasa Inggris

B. Informasi PMB UIN RMS Surakarta

Pada tahun ini UIN RMS Surakarta menerima mahasiswa baru dengan berbagai jalur penerimaan, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Gambar Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN RMS Surakarta
 
 

1. Pendaftaran Jalur SNBP UIN RMS Surakarta

SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yang merupakan jalur seleksi yang dilaksanakan secara nasional seluruh PTN berdasarkan pada prestasi akademik dan/atau nonakademik saat menempuh pendidikan menengah.
 
Pendaftaran jalur SNBP UIN RMS Surakarta dilakukan secara online pada portal snpmb bppp. Pendaftaran jalur ini tidak dikenakan biaya pendaftaran (gratis) dan bagi peserta yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mendaftar beasiswa KIP Kuliah.
 
Pendaftaran SNBP dilakukan secara online.  Apabila akan melakukan pendaftaran SNBP silahkan baca terlebih dahulu persyaratan SNBP dan ketentuan lainnya di Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Jalur SNBP TA 2024/2025.
 
a). Persyaratan Sekolah Pendaftaran SNBP UIN RMS Surakarta 2024

Sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya mendaftar seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNBP adalah:
  1. Sekolah SMA/MA/SMK/Sederajat yang telah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Baca: Cara Cek NISN & NPSN Dengan Mudah Pada Laman Kemdikbud
  2. Memiliki akun SNPMB untuk pengisian PDSS (Registrasi di Portal SNPMB)
  3. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan persentase terbaik di sekolah berdasarkan akreditasi sekolah (Akreditasi A:40%, Akreditasi B:25%, Akreditasi C/lainnya : 5%
  4. Sekolah yang melakukan kecurangan dapat dikenakan sanksi hingga pembatalan kepesertaan pada SNBP tahun berikutnya

b). Persyaratan Siswa Pendaftaran SNBP UIN RMS Surakarta 2024

Bagi siswa yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru di PTN melalui jalur SNBP harus memiliki prestasi unggul dalam bidang akademik.
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Siswa SMA/sederajat kelas XII pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul
  3. Memiliki akun SNPMB siswa (Registrasi di Portal SNPMB) Baca: Cara Pembuatan Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024/2025
  4. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  5. Memiliki nilai rapor yang telah diisikan oleh pihak sekolah di PDSS
  6. Memiliki prestasi akademik yang unggul dan memenuhi persyaratan yang  ditentukan oleh PTN masing-masing (Jika ada persyaratan lainnya, silahkan buka di website masing-masing PTN).
  7. Sehat jasmani dan rohani yang mendukung kelancaran proses studi 
  8. Siswa yang telah dinyatakan lulus SNBP 2024,SNBP 2023,dan SNMPTN 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024
  9. Siswa yang dinyatakan lulus SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun
  10. Jika dinyatakan lulus dan siswa terbukti melakukan kecurangan dapat dibatalkan status kelulusannya
  11. Mengunggah Portofolio bagi peserta yang mengambil program studi Seni dan Olahraga
 
c). Jadwal Pendaftaran SNBP UIN RMS Surakarta 2024
  1. Pengumuman kuota sekolah, tanggal 28 Desember 2024 Baca: Cara Cek Kuota Sekolah Pendaftaran SNBP 2024
  2. Masa sanggah kuota sekolah, tanggal 28 Desember s.d 17 Januari 2024
  3. Registrasi Akun SNPMB Sekolah, tanggal 08 Januari s.d 08 Februari 2024 Baca: Cara Pembuatan Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024/2025
  4. Registrasi Akun SNPMB Siswa, tanggal 08 Januari s.d 15 Februari 2024
  5. Pengisian PDSS, tanggal 09 Januari s.d 09 Februari 2024. Baca: Apa Itu PDSS? Panduan Pendaftaran PDSS SNBP 2024/2025
  6. Pendaftaran SNBP, tanggal 14 s.d 28 Februari 2024 Baca: Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Jalur SNBP TA 2024/2025
  7. Pengumuman SNBP, tanggal 26 Maret 2024
 *seluruh kegiatan diakhiri pada pukul 15.00 WIB
 
 
d) Tata Cara Pendaftaran SNBP UIN RMS Surakarta
 
Secara singkat alur pendaftaran SNBP UIN RMS Surakarta seperti pada gambar di bawah ini.
 
Gambar Alur Pendaftaran Siswa Jalur SNBP UIN RMS Surakarta

 

2. Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN UIN RMS Surakarta

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi siswa SMA/sederajat kelas terakhir tahun 2024 yang telah direkomendadikan oleh Kepala Sekolah.

Proses seleksi SPAN-PTKIN UIN RMS Surakarta berdasarkan nilai raport dan atau prestasi akademik dan atau non akademik lainnya yang didapatkan selama sekolah.
 
Untuk biaya pendaftarannya khusus untuk jalur SPAN-PTKIN biaya pendaftarannya ditanggung oleh pemerintah sehingga pendaftar tidak dibebankan biaya pendaftaran.

Silahkan baca: Panduan Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN UIN RMS Surakarta

a. Persyaratan Pendaftaran
  1. Pendaftaran merupakan siswa SMA/Sederajat kelas terakhir atau yang akan lulus tahun ini (tahun 2024)
  2. Siswa pendaftar Jalur SPAN-PTKIN harus memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  3. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang disyaratkan oleh perguruan tinggi masing-masing
  4. Memiliki nilai rapor kelas X (Semester 1), Kelas X (Semester 2), kelas XI (Semester 1), Kelas XI (Semester 2), dan kelas XII (Semester 1) yang telah diisikan di PDSS
 
 b. Jadwal Pendaftaran
  1. Pengisian PDSS, tanggal 22 Januari s.d 5 Februari 2024. Diperpanjang s.d 10 Feb 2024
  2. Verifikasi PDSS, tanggal 22 Januari s.d 5 Februari 2024. Diperpanjang s.d 10 Feb 2024
  3. Pendaftaran (siswa), tanggal 12 Februari s.d 15 Maret 2024
  4. Pengumuman Hasil Seleksi, tanggal 02 April 2024 (Pengumuman SPAN-PTKIN Selasa, 02 April 2024 Adakah Namamu?)
Baca juga: Jadwal Pendaftaran PTN: SNBP, UTBK SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SIMAMA T.A 2024/2025
 
c. Tata Cara Pendaftaran 

Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN RMS Surakarta dilakukan melalui 2 (dua) langkah, yaitu Pendaftaran Sekolah, dan pendaftaran masing-masing siswa.

1. Pendaftaran Sekolah
  • Untuk Sekolah yang telah terdaftar pada tahun sebelumnya dapat login menggunakan password yang sama seperti Tahun 2023.
  • Untuk Sekolah yang belum mendapatkan password silakan daftarkan sekolah anda terlebih dahulu.
  • Sekolah yang dapat mengikuti SPAN adalah sekolah yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
Secara garis besar pendaftaran SPAN-PTKIN UIN RMS Surakarta yang dilakukan pihak sekolah seperti pada gambar berikut.
 
Gambar Alur Pendaftaran Sekolah Jalur SPAN-PTKIN UIN RMS Surakarta
 
 
2. Pendaftaran Siswa
 
Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN RMS Surakarta yang dilakukan oleh siswa dilakukan secara online di https://siswa.ptkin.ac.id
  • Registrasi Siswa (gunakan NISN, NPSN, dan Input Email Siswa yang Aktip)
  • Validasi Siswa (sistem akan mengirimkan ke email yang telah didaftarkan. Buka email dan lakukan validasi akun pada link email masing-masing)
  • Login di https://siswa.ptkin.ac.id
  • Cek Data dan Nilai Rapor (jika ada data yang salah silahkan hubungi operator sekolah)
  • Upload Rapor Kelas 10/1,10/2,11/1,11/2,& 12/1 dan Prestasi Tambahan
  • silahkan "Pilih Program Studi"pada PTKIN 1 dan PTKIN 2
  • Selanjutnya silahkan Finalisasi Data
  • Silahkan Cetak Kartu Peserta (Simpan Kartu Peserta karena digunakan untuk melihat kelulusan dan daftar ulang bagi yang lulus)
  • Cek Kelulusan/Pengumuman
  • Lulus 
Secara garis besar pendaftaran SPAN-PTKIN UIN RMS Surakarta yang dilakukan oleh siswa pendaftar jalur SPAN-PTKIN seperti pada gambar berikut.
 
Gambar Alur Pendaftaran Siswa Jalur SPAN-PTKIN UIN RMS Surakarta

3. Pendaftaran Jalur SNBT UIN RMS Surakarta

SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Proses seleksi SNBT berdasarkan pada hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN.
 
UTBK-SNBT tahun 2024 dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK/Paket C/sederajat 3 (tiga) tahun terakhir, yaitu lulusan tahun 2022,2023,dan 2024 dengan maksimal berumur 25 tahun per tanggal 01 Juli 2024.
 
Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali dan dikenai biaya pendaftaran. Adapun materi tes UTBK adalah Tes Potensi Skolastik (TPA), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.
 
a. Persyaratan Peserta UTBK SNBT UIN RMS Surakarta 2024
  1. Registrasi akun SNBT Siswa di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir
  2. Setelah registrasi login kembali di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan username/email dan password
  3. Silahkan pilih menu "Verifikasi dan Validasi Data Siswa" meliputi:
    • Isikan biodata secara lengkap
    • Unggah pas foto berwarna terbaru
    • Verifikasi biodata serta unduh 
    • Unggah pernyataan tuna netra dan/atau hambatan visual
  4. Selanjutnya, pilih menu "Pendaftaran UTBK-SNBT" melengkapi:
    • Memilih Program Studi
    • Mengunggah Portofolio
    • Memilih Pusat UTBK PTN, dan 
    • memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK
  5. Membayar biaya UTBK di Bank Mitra: Mandiri, BNI, BTN, BRI, BSI.
  6. Cetak kartu peserta UTBK
    • Login kembali di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan username/email dan password 
    • Pilih menu Pendaftaran UTBK 
    • Unduh dan Cetak kartu peserta
  7. Tes
  8. Pengumuman
 
b. Jadwal UTBK SNBT UIN RMS Surakarta 2024
 
UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Pendaftaran UTBK bersamaan dengan pendaftaran SNBT.
  1. Pembuatan Akun SNPMB, tanggal 09 Januari s.d 15 Februari 2024, Baca: Cara Pembuatan Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024/2025
  2. Pendaftaran UTBK-SNBT, tanggal 21 Maret s.d 05 April 2024
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang I, tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang II, tanggal 14 s.d 20 Mei 2024
  5. Pengumuman Hasil SNBT, tanggal 13 Juni 2024
  6. Masa Unduh Sertifikat UTBK, tanggal 17 Juni s.d 31 Juli 2024
*) Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB
 
 
c. Tata Cara Pendaftaran UTBK SNBT UIN RMS Surakarta
 
Adapun alur pendaftaran UTBK SNBT UIN RMS Surakarta adalah sebagai berikut.
  1. Registrasi akun SNBT Siswa di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir
  2. Setelah registrasi login kembali di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan username/email dan password
  3. Silahkan pilih menu "Verifikasi dan Validasi Data Siswa" meliputi:
    • Isikan biodata secara lengkap
    • Unggah pas foto berwarna terbaru
    • Verifikasi biodata serta unduh 
    • Unggah pernyataan tuna netra dan/atau hambatan visual
  4. Selanjutnya, pilih menu "Pendaftaran UTBK-SNBT" melengkapi:
    • Memilih Program Studi
    • Mengunggah Portofolio
    • Memilih Pusat UTBK PTN, dan 
    • memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK
  5. Membayar biaya UTBK di Bank Mitra: Mandiri, BNI, BTN, BRI, BSI.
  6. Cetak kartu peserta UTBK
    • Login kembali di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan username/email dan password 
    • Pilih menu Pendaftaran UTBK 
    • Unduh dan Cetak kartu peserta
  7. Tes
  8. Pengumuman
Atau silahkan lihat alur pendaftaran UTBK-SNBT UIN RMS Surakarta seperti pada gambar di bawah ini.
 
Gambar Alur Pendaftaran Siswa Jalur SNBT UIN RMS Surakarta


4. Jalur UM-PTKIN UIN RMS Surakarta

UM-PTKIN adalah pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk lulusan SMA/sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir dengan proses seleksi menggunakan ujian tes berbasis SSE (Sistem Seleksi Elektronik).
 
Sedangkan untuk biaya pendaftaran UM-PTKIN dibebankan oleh pelamar dengan membayar secara langsung di Bank BNI sebesar Rp. 200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah)

a. Persyaratan atau Ketentuan Umum
  1. Pelamar merupakan lulusan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS/Sederajat yang lulus pada 3 tahun terakhir (tahun lulus 2022, 2023 dan 2024)
  2. Bagi lulusan tahun 2022 dan 2023 harus memiliki ijazah/SKL, sedangkan yang lulus tahun 2024 dapat menggunakan SKL/Pengumuman Lulus/KTP/Kartu Siswa.
  3. SKL yang ditandai dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel sekolah akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian
  4. Peserta wajib memiliki NISN, Email Aktif, dan Nomor WhatsApp yang aktif
  5. Melakukan biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan Panitia Nasional
  6. Peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi pada PTKIN/PTN
  7. Peserta memilih PTKIN/PTN titik lokasi ujian
  8. Pendaftar dinyatakan selesai melakukan pendaftaran jika telah melakukan Finalisasi Pendaftaran
 
b. Jadwal Pendaftaran Jalur UM-PTKIN
  1. Pendaftaran/Pembayaran, tanggal 17 April 2024 s.d 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB (Baca: Cara Pendaftaran UM-PTKIN 2024/2025 (UIN, IAIN, dan STAIN)
  2. Finalisasi Pendaftaran, tanggal 17 April 2024 s.d 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  3. Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM-PTKIN Dimulai, tanggal 21 April 2024
  4. Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN, tanggal 24 Juni s.d 30 Juni 2024
  5. Pengumuman, tanggal 08 Juli 2024 (Baca: Pengumuman UM-PTKIN 2024)
Baca juga: Jadwal Pendaftaran PTN: SNBP, UTBK SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SIMAMA T.A 2024/2025
 
c. Biaya Pendaftaran Jalur UM-PTKIN
 
Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.200.000,00

d. Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online dengan login di www.um-ptkin.ac.id
 
Secara garis besar pendaftaran UM-PTKIN yang dilakukan oleh siswa pendaftar seperti pada gambar berikut.
 
Gambar Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN UIN RMS Surakarta
 

5. Pendaftaran Jalur  Mandiri UIN RMS Surakarta

Jalur mandiri UIN RMS Surakarta merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara mandiri oleh UIN RMS Surakarta. Adapun mengenai pendaftaran jalur ini adalah sebagai berikut :

Syarat-Syarat Pendaftaran
  1. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah/sederajat dengan tahun kelulusan 2021, 2022, dan 2023.
  2. Bagi lulusan tahun 2021 dan 2022 memiliki ijazah SMA/ Sederajat
  3. Bagi lulusan 2023 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah
Biaya Pendaftaran
Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 150.000, dengan proses pembayaran dilakukan di Bank BRI, BRI Syariah, dan Bank Jateng Syariah

Jadwal Pendaftaran 2024
  1. Pendaftaran, tanggal -
  2. Ujian, tanggal -
  3. Pengumuman, tanggal -
Tata Cara Pendaftaran
Pendaftar mengisi biodata dengan lengkap di di https://siakad.uinsaid.ac.id/pmb.php/login/periode
Apabila ada pertanyaan silahkan hub panitia penerimaan 082133754228 (Hanya WA)
 
Selain itu UIN Raden Mas Said Surakarta menerima pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri melalui jalur prestasi non akademik dan mahasiswa luar negeri. Pendaftaran beasiswa ini dari tanggal 01 Maret s.d 30 April 2023 di https://siakad.uinsaid.ac.id/pmb.php/login/periode
 

6. Pendaftaran KIP Kuliah UIN RMS Surakarta

Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi pelamar yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang baik.

Persyaratan Calon Penerima KIP Kuliah Rekrutmen Baru
  1. Mahasiswa;
  2. Memiliki potensi akademik yang baik serta berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi;
  3. Berprestasi akademik dan /atau non-akademik baik;
  4. Mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan;
  5. Tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan/organisasi anti Pancasila dan NKRI dibuktikan dengan penandatangan pakta integritas;
  6. Diprioritaskan bagi calon yang memiliki KIP pada waktu sekolah. 
  7. Mampu membaca Alquran;
  8. Tidak menikah selama menerima bantuan KIP Kuliah.
Informasi selanjutnya baca di: https://www.uinsaid.ac.id

7. Pendaftaran Pascasarjana UIN RMS Surakarta

Selain menerima mahasiswa baru program Diploma dan Sarjana, UIN RMS Surakarta juga menerima mahasiswa baru untuk program Pascasarjana.

Jadwal Pendaftaran 2023
  1. Pendaftaran, tanggal -
  2. Seleksi, tanggal -
  3. Pengumuman, tanggal -
Tata Cara Pendaftaran 
Pendaftaran PPS UIN RMS dilakukan di https://siakad.uinsaid.ac.id/pmb.php/login/periode/60
 
Baca Juga:
  1. Pendaftaran UMS Jenjang D3,S1,S2,S3 TA 2024/2025
  2. Pendaftaran ISI Surakarta D4,S1,S2,S3 TA 2024/2025
  3. Pendaftaran Mahasiswa Baru UNS Jenjang D3,S1,S2,S3 TA 2024/2025
  4. Pendaftaran Poltekkes Surakarta D3,D4,Profesi TA 2024/2025

Itulah informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN RMS Surakarta S1,S2,S3 T.A 2024/2025, semoga informasi ini bisa dijadikan referensi buat kalian untuk mendaftarkan diri  mengikuti seleksi menjadi mahasiswa baru di UIN RMS Surakarta.

Admin turut mendoakan semoga kalian dapat diterima menjadi mahasiswa baru di UIN RMS Surakarta dengan prestasi yang membanggakan. Aamiin !!!

Informasi selanjutnya silahkan login dilaman Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UIN RMS  Surakarta di https://www.uinsaid.ac.id, atau datang kekampus dengan alamat Jalan Pandawa, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia

Sumber: https://www.uinsaid.ac.id
Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

Pendaftaran "Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN RMS Surakarta S1,S2,S3 T.A 2024/2025"