9 Tips Terbukti Jitu Lulus AKPOL - PENDAFTARAN MAHASISWA

9 Tips Terbukti Jitu Lulus AKPOL



www.pendaftaranmahasiswa.web.id--Masuk atau lulus seleksi AKPOL atau Akademi Kepolisian merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi pelamar. Karena proses seleksi selain harus lulus tingkat daerah nantinya harus lulus ditingkat pusat. Pada tahun ini kurang lebih 10 ribu peserta lulusan SMA/sederajat telah mengikuti seleksi ini.


Lantas bagaimana agar kita bisa diterima atau mampu bersaing menjadi anggota Akademi Kepolisian (AKPOL). Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Apabila sang pencipta sudah menghendaki yang tidak mungkin dalam pikiran kita akan terjadi dengan sendirinya. Tetapi ingat Allah SWT sang maha pencipta tidak akan merubah nasip suatu kaum apabila kaum itu tidak berusaha merubah sendiri. Artinya kita diwajibkan untuk selalu berusaha untuk mencapai semua keinginan kita.



Menjadi anggota polri terutama AKPOL merupakan suatu kebanggaan diri sendiri dan pastinya Orang Tua kita. Dimana AKPOL merupakan suatu Ikatan Dinas dengan biaya pendidikan di tanggung oleh pemerintah dan lulus dari pendidikan AKPOL akan langsung ditempatkan bekerja.



Maka dari itu admin mempunyai inisiatif untuk memberikan informasi langkah apa yang harus dilakukan supaya dapat lulus AKPOL. Tips disini tidak bisa hanya dibaca tetapi harus dipraktekan di latih setiap saat. Berikut tips dari admin semoga bermanfaat.


1. Berdoa

Siapa yang menciptakan kita? Siapa yang akan menjadikan kita?siapa yang akan merestui jalan kehidupan kita?siapa yang menentukan karir kita?. Dari pertanyaan ini coba kalian pikirkan mengapa admin memberikan langkah pertama Berdoa agar lulus suatu seleksi terutama AKPOL. Dari kata “berdoa” silahkan kalian tafsirkan sendiri, admin yakin kalian sudah paham dengan kata “berdoa” tersebut.




Ingat! Apabila kita melakukan suatu kewajiban yang sama dilakukan orang lain maka kehidupan kita juga akan sama dengan orang lain, dan apabila kita melakukan lebih yang tidak dilakukan orang lain maka kehidupan kita juga akan lebih. Maka apabila kita ingin lebih dari orang lain maka kita harus melakukan lebih yang tidak biasa dilakukan orang lain, ini berlaku juga untuk berdoa. Kita tidak hanya melakukan kewajiban saja yang sudah biasa dilakukan orang lain, tetapi kita harus melakukan yang sunah nya juga yang belum terbiasa dilakukan orang lain. Seperti : Shalat sunah, puasa sunah, sedekah anak yatim piatu, dsb.


2. Doa Restu Orang Tua



Urutan kedua dalam tips disini adalah doa restu orang tua kita yang selama ini melahirkan,merawat, mendidik, dsb dimana jasa beliau pada kita tidak bisa dihitung dengan materi saja. Admin berpesan apabila kalian ingin mendaftar dan proses seleksi meminta restu kepada kedua orang tua, selain merupakan profesi idaman Anda yakinkan diri Anda bahwa untuk masuk AKPOL adalah salah satu cara membahagiakan dan mendambakan kedua Orang Tua Anda.


3. Siapkan Persyaratan dengan Lengkap

Pemeriksaan persyaratan atau dokumen pendaftaran dilakukan saat masih di tingkat daerah yaitu di Polres dan Polda selaku Panbanrim. Jangan sampai Anda gagal dalam seleksi berkas karena persyaratan yang tidak cukup.


Admin sarankan baca informasi : Pendaftaran Online AKPOL

Disana terdapat informasi mengenai persyaratan, jadwal, sampai tata cara pendaftaran yang harus kalian ketahui.


4. Periksa Kesehatan Anda

Apabila memungkinkan silahkan Anda selalu memeriksa kesehatan Anda minimal seminggu sekali dengan ahlinya atau dokter dibidang yang kita butuhkan. Sangat penting jaga pola makan kita, istirahat yang cukup, hilangkan rasa stress dengan jangan banyak terlalu khawatir dengan proses seleksi, Olahraga yang cukup, minum air putih yang cukup, dsb.


5. Tes Psikologi/kejiwaan

Untuk seleksi tingkat daerah tes psikologi atau yang dikenal dengan tes psi dilakukan secara tertulis, dengan mengerjakan serangkaian soal psikotes/TPA. Untuk lulus pada tahap ini Anda harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes baik yang kalian dapatkan di toko buku atau lebih baik sekali soal-soal psikotes AKPOL tahun sebelumnya. Karena materi psikotes tidak akan jauh berbeda dengan yang lainnya,  yang wajib kita lakukan untuk lulus tahap ini adalah banyak berlatih mengerjakan soal-soal dengan tipe yang sama.


Untuk seleksi tingkat pusat apabila kalian lulus tingkat daerah, tes psikologi/kejiwaan dilakukan dengan wawancara. Tetapi admin sarankan jangan banyak terlalu memikirkan tes pusat ini. Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah lulus tingkat daerah terlebih dahulu.


Admin sarankan untuk membaca :

6. Tes Akademik

Seleksi ini berkaitan dengan akademik Anda, meliputi tes mata pelajaran yang sudah Anda dapatkan saat menempuh pendidikan SMA/sederajat. Tetapi admin sarankan untuk kalian membeli buku soal-soal tes AKPOL, kalau memungkinkan cari soal-soal tes AKPOL tahun yang lalu, karena materi tes dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda. Artinya tingkat kesukaran soal hampir sama atau sama. Selanjutnya coba kalian ikuti bimbingan belajar khusus untuk persiapan tes AKPOL atau kalian cari guru privat untuk datang kerumah agar belajar lebih nyaman.


7. Kesehatan Tahap II

Apabila kalian sudah pada tahap ini, kemungkinan lulus tingkat daerah terbuka lebar. Karena proses seleksi AKPOL menggunakan sistem gugur dan lebih dari setengah dari peserta tidak lulus sampai tahap ini.

Untuk mempersiapkan tes kesehatan pada tahap ini lebih baik Anda konsultasi dengan dokter dibidang kesehatan yang Anda butuhkan. Karena proses seleksi tahap ini melihat kesehatan dalam Anda dan tes di laboratorium.


8. Uji Kemampuan Jasmani

Admin sarankan sebelum tes ini silahkan Anda persiapkan diri untuk berlatih renang dengan berbagai gaya, Belajar tentang Kesamaptaan, dan Anthropometri.


9. Siapkan Mental Anda

Untuk lulus suatu seleksi terutama AKPOL Anda harus memiliki suatu mental atau kepribadian yang matang, dewasa, tenang, dsb. Latih diri Anda menjadi pribadi yang diinginkan. Karena selain tes yang digunakan pada penerimaan AKPOL seperti disebutkan di atas. Karena ada pemeriksaan penelusuran mental kepribadian yang dilaksanakan secara terus menerus oleh fungsi Panimal, Sebagai pertimbangan dalam penentuan kelulusan.


Itulah tips dari yang bisa admin bagikan, semoga tips ini dapat membantu kalian dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi.


Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "9 Tips Terbukti Jitu Lulus AKPOL"