4 Macam Pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2022 - PENDAFTARAN MAHASISWA

4 Macam Pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2022


pendaftaran polisi/polri--Doc.pendaftaranmahasiswa.web.id

penerimaan.polri.go.id--2022/2023--Pada tahun ini Kepolisian Negara Republik Indonesia menerima calon taruna-taruni untuk menjadi anggota polri. Kepolisian ini didirikan pada tanggal 01 Juli 1946, dengan kantor pusat di Jakarta Selatan.

Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mempunya moto: Rastra Sewakotama, yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. (Wikipedia).

Bagi kalian yang memiliki cita-cita untuk menjadi anggota Polri, artikel ini akan diberikan informasi 4 Macam Pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2022. Artikel ini dapatkan kalian jadikan referensi untuk memilih penerimaan mana yang kalian minati.

Terdapat 6 macam seleksi calon anggota Polri, yaitu 1). SIPSS, 2).AKPOL, 3).Bintara, 4).Tamtama

Dimana Semua tahapan seleksi dilakukan secara terbuka  seluruh peserta seleksi bisa melihat sendiri hasil seleksi di setiap tahapannya.

Mulai dari proses penerimaan berkas, pemeriksan administrasi, kesehatan, tes akademik, psikotes, dan kesamaptaan dan jasmani hingga proses kelulusan semua dalam pengawasan.

Berikut akan dijelaskan secara singkat  apa itu SIPSS, AKPOL, Bintara, Tamtama, Brigadir, serta tata-cara pendaftaran dengan harapan semoga dapat membantu adik-adik sekalian dalam mendaftar anggota Polri yang merupakan profesi idaman adik-adik selama ini.

1. Pendaftaran SIPSS 2022

SIPSS adalah singkatan dari Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana, atau penerimaan anggota Polri lulusan sarjana atau D-IV Ahli Nautika Tk III

Tata Cara Pendaftaran Calon Anggota SIPSS 

Ada 10 langkah cara mendaftar calon anggota SIPSS, berikut admin bahas satu persatu yang memudahkan kalian semua untuk mendapatkan informasi tentang pendaftaran calon polri
  1. Mendaftar Online
  2. Pemeriksaan Administrasi Awal dan Verifikasi di Polda
  3. Penandatanganan Pakta Integritas di Polda
  4. Pemeriksaan Kesehatan tahap 1
  5. Pemeriksaan Psikologi
  6. Pemeriksaan Kesehatan tahap 2
  7. Pemeriksaan Penelusuran Mental Kepribadian
  8. Pemeriksaan Administrasi Akhir
  9. Sidang Terbuka & Penetapan Kelulusan Tingkat Daerah
  10. Seleksi Tingkat Pusat
Itulah tata cara pendaftaran calon anggota SIPSS, tetapi sebelum mendaftar ada beberapa persyaratan yang perlu kalian sekalian lengkapi, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Menurut admin persyaratan umum untuk menjadi calon anggota SIPSS tidak begitu sulit atau hanya bersifat umum saja yang terpenting adalah persiapan mental kalian untuk mengikuti seleksi anggota SIPSS.

Sedangkan untuk persyaratan khusus yang perlu kalian siapkan selain sudah lulus sarjana atau D-IV kalian sekalian harus berumur maksimal 26 tahun pada saat pembukaan pendidikan pembentukan SIPSS dan mempunyai tinggi minimal 160 cm untuk pria dan wanita 155 cm.

Untuk menjadi anggota SIPSS kalian harus mampu mengoperasikan komputer tetapi admin rasa lulusan SMA saja sekarang sudah jago dalam mengoperasikan komputer apalagi kalian yang sudah sarjana atau D-IV pastinya menguasai komputer.

Selain itu juga kalian harus siap tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan, bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP), tidak terikat dengan perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain.

Apabilakalian sudah bekerja harus mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan disertai pernyataan berhenti dengan hormat bila lulus seleksi, serta adik-adik sekalian harus mengikuti dan lulus pemeriksaan dan pengujian.

Selengkapnya buka laman: Pendaftaran Online SIPSS Tahun 2022/2023

 Alur pendaftaran SIPPS seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.




2. Pendaftaran AKPOL 2022


AKPOL adalah singkatan dari akademi kepolisian yang diperuntukan bagi lulusan SMA dan sederajat yang ingin menjadi taruna/taruni Akademi Kepolisian.

Untuk menjadi anggota AKPOL ada beberapa persyaratan yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus yang harus dipersiapkan adik-adik sekalian yang berkeinginan menjadi taruna/taruni AKPOL.

Selain itu admin dari informasi pendaftaran memberikan masukan apabila adik-adik sekalian ingin menjadi taruna/taruni AKPOL siapkan dari sekarang persyaratannya diantaranya berkas-berkas pendaftaran.

Selain itu, persiapan diri tentang kemampuan adik-adik jauh lebih penting karena proses seleksi menjadi anggota AKPOL banyak sekali tes yang harus diikuti baik dari tingkat daerah maupun tiingkat pusat.

Menjadi taruna/taruni AKPOL adik-adik sekalian harus mempunyai badan yang sehat dan harus membekali diri dengan Pengetahuan Umum, Bahasa  Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS, karena proses seleksi menggunakan ujian berbasis CBT dengan melibatkan kemampuan tersebut, begitu juga dengan kemampuan adik-adik dalam mengerjakan soal-soal psikotes tidak kalah pentingnya dalam mempersiapkan untuk mengikuti seleksi AKPOL.

Berdasarkan pengalaman admin dalam mengerjakan tes psikotes kunci suksesnya hanya satu banyak-banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes karena kemungkinan terbesar untuk terlatih dan terbiasa akan besar. 

Selengkapnya buka laman: Pendaftaran Online Taruna/I Akpol Tahun 2022
 
Jadwal Pendaftaran
Pendaftaran, tanggal 30 Maret s.d 18 April 2022

Persyaratan Pendaftaran
Terdapat 2 (dua) persyaratan pendaftaran Akpol yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan Umum
  1. WNI
  2. Pria atau Wanita
  3. Bertakwa dan beriman Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Setia Kepada NKRI Berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
  5. Sehat jasmani dan rohani (Surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  6. Minimal berusia 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri)
  7. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana (melampirkan SKCK dari Polres setempat)
  8. Memiliki kepribadian yang berwibawa, jujur, dan adil, serta tidak memiliki sifat tercela
  9. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian
Persyaratan Khusus
  1. Belum pernah menjadi anggota atau mantan Polri/TNI atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. Tidak berkedudukan sebagai PNS
  3. Minimal lulusan SMA/MA pada jurusan IPA/IPS (bukan lulusan Paket A,B,dan C), dengan ketentuan:
    • Nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN), dengan ketentuan:
      • Minimal nilai rata-rata 70,00 (lulusan 2016 s.d 2019),
      • Nilai akumulasi Minimal 70 nilai rata-rata ijazah atau nilai ijazah rata-rata B (bagi yang menggunakan alphabet) (Lulusan 2020 & 2021) 
      • Lulusan tahun 2022 akan ditentukan kemudian.
    • Khusus Papua dan Papua Barat Nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN), dengan ketentuan:
      • Minimal nilai UN rata-rata 60,00 (lulusan 2016 s.d 2018)
      • Minimal nilai UN rata-rata 55,00 (lulusan 2019)
      • Lulusan tahun 2020 dan 2021 menggunakan nilai rata-rata ijazah dengan nilai akumulasi minimal 60,00 atau nilai ijazah rata-rata C (bagi yang menggunakan alphabet)
      • Lulusan 2022 akan ditentukan kemudian.
    • Bagi lulusan 2022 atau yang masih kelas XII melampirkan nilai rapor kelas XII semester I dengan nilai rata-rata 80,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang menggunakan alphabet), khusus Papua dan Papua Barat nilai rata-rata rapor minimal 70,00 atau nilai rata-rata minimal B (bagi yang menggunakan alphabet).
    • Bagi pelamar yang berusia 16 tahun sampai kurang dari 17 tahun nilai rata-rata rapor dengan akumulasi minimal 85,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang menggunakan alphabet), dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai rapor Mata Pelajaran Bahasa Inggris minimal 85,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang menggunakan alphabet) serta melampirkan skor TOEFL minimal 500.
  4. Bagi lulusan tahun 2016 s.d 2019 yang mengikuti UN perbaikan dan calon peserta mengulang di kelas XII baik disekolah sama atau berbeda tidak dapat mengikuti seleksi Taruna Akpol 2022
  5. Bagi pelamar dari Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) pada pondok pesantren memiliki nilai kelulusan rata-rata hasil imtihan wathioni (Ujian Standar Nasional) atau ujian akhir muadalah, dengan nilai akhir kelulusan rata-rata 75,00 atau minimal B bagi yang menggunakan alphabet.
  6. Minimal berusia 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan
  7. Minimal memiliki tinggi badan 165 cm (pria), 163 cm (wanita) dengan berat badan ideal
  8. Belum pernah menikah/hamil/melahirkan/memiliki anak biologis (anak kandung) dan sanggup tidak menikah/hamil selama pendidikan
  9. Tidak pernah memakai tato dan tindik ataupun memiliki bekas tato dan tindik kecuali ketentuan adat/agama
  10. Bagi calon taruna/taruni yang pernah gagal/TMS dalam proses seleksi karena tindak pidana berkekuatan hukum tetap (inkrah) tidak diperbolehkan mendaftar kembali
  11. Mantan Taruna/I atai Siswa/i yang pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari lembaga pendidikan yang dibiayai oleh anggaran negara tidak dapat mendaftar
  12. Bebas narkoba (berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh Panpus/Panda)
  13. Tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi atau paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika
  14. Tidak pernah melakukan tindakan atau perbuatan yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma sosial dan norma hukum
  15. Melampirkan surat pernyataan bermaterai yang ditandatangai oleh calon peserta dan diketahui oleh orang tua/wali tentang kesiapan ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian dan siap ditugaskan di seluruh wilayah NKRI
  16. Membuat surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani calon peserta dan diketahui oleh orang tua/wali tidak mempercayai pihak-pihak yang menawarkan, menjanjikan dan menjamin untuk meluluskan proses seleksi.
  17. Membuat surat pernyataan bermaterai yang menyatakan calon peserta tidak masuk dalam kategori nomor  13 dan 14.
  18. Bagi pelamar yang lulusan dari Luar Negeri wajib menyertakan surat pengesahan dari Dikdasmen Kemdikbud
  19. Berdomisili minimal 1 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan KTP dan KK (apabila melakukan duplikasi/pemalsuan maka akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku)
  20. Bagi calon peserta yang berasal dari SMA Taruna Nusantara dan SMA Krida Nusantara yang masih kelas XII dapat mendaftar di Polda asal sesuai dengan alamat KTP/KK, atau dapat mendaftar di Polda Jateng dan DIY bagi SMA Taruna Nusantara, dan di Polda Jabar untuk SMA Krida Nusantara, dengan ketentuan mengikuti kuota kelulusan pada Polda asal yang sesuai dengan alamat KTP/KK
  21. Selama 10 tahun setelah diangkat menjadi Perwira Polri siap menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP)
  22. Mendapat/memperoleh persetujuan orang tua/wali
  23. Tidak memiliki Ikatan Dinas sengan instansi lain
  24. Bagi calon Taruna/Taruni yang lulus diwajibkan untuk melampirkan BPJS Kesehatan
  25. Melampirkan surat persetujuan/rekomendasi dari pimpinan bagi yang sudah bekerja secara tetap dan siap diberhentikan secara hormat apabila lulus seleksi
Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online di: http://penerimaan.polri.go.id/
 
Untuk alur Pendaftaran AKPOL seperti pada gambar di bawah ini





3. Pendaftaran Brigadir Polri/Bintara Polri


Brigadir Polri merupakan penerimaan anggota Polri yang memiliki tugas sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat dlm rangka menyongsong Indonesia hebat.

Untuk informasi selanjutnya silahkan login di https://penerimaan.polri.go.id; Pendaftaran Bintara Polisi/Polri 2022-2023.
 
Persyaratan Umum
  1. WNI
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  4. Pendidikan minimal SMA/sederajat
  5. Minimal berusia 18 tahun pada saat dilantik menjadi anggota Polri
  6. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan Surat Keterangan Sehat daru Institusi Kesehatan)
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (melampirkan SKCK dari Polres setempat)
  8. Memiliki kepribadian jujur, berwibawa, dan berkelakukan tidak tercela

Persyaratan Khusus

  1. Pria/Wanita
  2. Bukan Anggota/Mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  3. Lulusan
    • SMA/sederajat
      • Lulusan sebelum tahun 2018 melampirkan nilai Ijazah (gabungan nilai rata-rata rapor ditambah nilai rata-rata ujian sekolah dibagi 2) minimal 65,00 atau nilai ijazah minimal B (bagi ijazah alphabet);
      • Lulusan sebelum tahun 2018 melampirkan nilai Ijazah (gabungan nilai rata-rata rapor ditambah nilai rata-rata ujian sekolah dibagi 2) minimal 65,00 atau nilai ijazah minimal B (bagi ijazah alphabet);
      • Lulusan tahun 2018 & 2019 melampirkan nilai Ijazah ((gabungan nilai rata-rata rapor ditambah nilai rata-rata USBN dibagi 2) minimal 65,00 atau nilai ijazah minimal B (bagi ijazah alphabet);
      • Lulusan tahun 2020 dan 2021 melampirkan nilai rata-rata ijazah dengan akumulasi minimal 65,00 atau nilai ijazah minimal B (bagi ijazah alphabet);
      • Lulusan tahun 2022 akan ditentukan kemudian.

    • Lulusan DI s.d DIV/Sarjana minimal memiliki IPK 3,00 dan terakreditasi

  4. Bagi yang masih kelas XII (lulusan tahun 2022) melampirkan  nilai rata-rata rapor semester V kelas XII minimal 70,00 dan setelah lulus melampirkan ijasah dengan akhir sesuai pada poin 3
  5. Bagi lulusan/ijazah dari negara lain mendapatkan pengesahan dari Dikdasmen Kemendikbud RI
  6. Ketentuan Ujian Nasional Perbaikan
    • Lulusan 2016 s.d 2019 yang mengikuti Ujian Nasional Perbaikan dapat mendaftar dengan ketentuan nilai rata-rata memenuhi persyaratan
    • Pelamar yang pernah mengulang di kelas XII baik di sekolah yang sama atau sekolah yang berbeda tidak dapat mengikuti seleksi penerimaan
  7. Umur pada saat pembentukan Bintara Polri T.A 2022
    • Minimal berusia 17 tahun 7 bulan dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan (lulusan SMA/sederajat)
    • Minimal berusia 17 tahun 7 bulan dan maksimal 23 tahun pada saat pembukaan pendidikan (lulusan DI s.d DIII)
    • Minimal berusia 17 tahun 7 bulan dan maksimal 27 tahun pada saat pembukaan pendidikan (lulusan DIV/Sarjana)

  8. Belum pernah menikah/hamil atau melairkan bagi casis Wanita, Belum pernah menikah/memiliki anak kandung/biologis bagi casis Pria serta sanggup tidak menikah selama pembentukan Bintara Polri.
  9. Tidak bertato/memiliki bekas tato. Tidak bertindik/memiliki bekas tindik telinga atau anggota badan lain kecuali yang disebabkan ketentuan Agama/Adat
  10. Bebas Narkoba  (berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh Panpus/Panda)
  11. Tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi atau paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika
  12. Tidak pernah melakukan tindakan atau perbuatan yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma sosial dan norma hukum
  13. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI dan dan ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian (dengan melampirkan surat pernyataan bermaterai yang diketahui orang tua/wali)
  14. Membuat surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani calon peserta dan diketahui orang tua/wali bahwa tidak akan melakukan korupsi, kolusi, nepotisme, dan menjanjikan ataupun membuat janji serta memberikan imbalan dalam bentuk apapun kepada siapapun untuk membantu atau menolong kelulusan calon peserta dalam proses seleksi
  15. Membuat surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa calon peserta tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta surat peryataan bermaterai tidak melakukan perbuatan yang melannggar norma agama, susila, sosial, dan norma hukum    
  16. Minimal selama 2 tahun berdomisili di Wilayah Polda tempat mendaftar (melampirkan KTP/KK) kecuali calon peserta Bintara Kompetensi Khusus tidak berlaku ketentuan domisili. (Apabila terbukti melakukan duplikasi/pemalsuan/rekayasa akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku)
  17. Bagi calon peserta yang menggunakan sponsor/koneksi/katabelece dengan cara menghubungi lewat telepon/surat atau dalam bentuk apapun kepada panitia/pejabat yang berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain akan didiskualifikasi
  18. Melampirkan BPJS bagi calon Bintara yang dinyatakan lulus
  19. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan, memenuhi persyaratan:
    • Mendapatkan persetujuan/rekomendasi dari Kepala Instansi yang bersangkutan, dan
    • Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan bila diterima
  20. Pendaftaran dilaksanakan di tiap-tiap Polres/Pabanrim atau Subpanda sesuai KTP dan KK
  21. Peserta lulusan SMK dengan jurusan yang sudah ada pada jalur Bakomsus (Contoh lulusan SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan wajib mendaftar pada jalur Bakomsus TI)
 
Jadwal Pendaftaran
Pendaftaran online, tanggal 31 Maret s.d 11 April 2022
 
Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online di https://penerimaan.polri.go.id/
 
Alur pendaftaran brigadir polri atau bintara polri adalah sebagai berikut.






4. Pendaftaran Tamtama Polri

Tamtama adalah golongan pangkat  ketentaraan  dan  kepolisian  yang paling  rendah, mulai dari Prajurit Dua / Kelasi Dua / Bhayangkara Dua sampai Kopral Kepala / Ajun Brigadir Polisi (Wikipedia).
 
Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  4. Pendidikan paling rendah SMA/sederajat
  5. Minimal berusia 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri);
  6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK)
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  9. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Kepolisian.
Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online di https://penerimaan.polri.go.id/


Demikian informasi mengenai 4 Macam Pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2022 yang bisa admin bagikan, semoga postingan ini dapat menambah referensi buat kalian untuk mendaftar menjadi calon taruna/i polri.

Baca: Rekrutmen Polri Tips dan Trik Lulus Seleksi Polri (Tamtama,Bintara,Akpol,Sipss)

Selain memberikan informasi admin hanya bisa mendoakan semoga kalian dapat diterima menjadi anggota polri yang merupakan profesi cita-cita kalian.Amin.

Sumber : https://www.polri.go.id/

Motivasi: Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

Subscribe to receive free email updates: