4 Macam Pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2024 - PENDAFTARAN MAHASISWA

4 Macam Pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2024


pendaftaran polisi/polri--Doc.pendaftaranmahasiswa.web.id

penerimaan.polri.go.id--2024/2025-- Kepolisian Negara Republik Indonesia saat ini kantor pusatnya berada di Jakarta Utara didirikan pada tanggal 01 Juli 1945 menerima calon taruna-taruni untuk menjadi anggota polri.

Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mempunya moto: Rastra Sewakotama, yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. (Wikipedia).

Bagi kalian yang memiliki cita-cita untuk menjadi anggota Polri, artikel ini akan diberikan informasi 4 Macam Pendaftaran Polisi/Polri untuk Tahun 2024. Artikel ini dapatkan kalian jadikan referensi untuk mempersiapkan diri dalam seleksi penerimaan.

Terdapat 4 macam seleksi calon anggota Polri, yaitu 1). SIPSS, 2).AKPOL, 3).Bintara, 4).Tamtama

Dimana Semua tahapan seleksi dilakukan secara terbuka  seluruh peserta seleksi bisa melihat sendiri hasil seleksi di setiap tahapannya.

Mulai dari proses penerimaan berkas, pemeriksan administrasi, kesehatan, tes akademik, psikotes, dan kesamaptaan dan jasmani hingga proses kelulusan semua dalam pengawasan.

Mengacu pada seleksi penerimaan tahun 2023, berikut dijelaskan secara singkat  terkait pendaftaran SIPSS, AKPOL, Bintara, dan Tamtama, dengan harapan semoga dapat membantu adik-adik sekalian dalam mendaftar anggota Polri yang merupakan profesi idamannya.

1. Pendaftaran SIPSS 2024

SIPSS adalah singkatan dari Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana, atau penerimaan anggota Polri lulusan sarjana, S-2, Profesi, Dokter Spesialis, dan D-IV.
 
Tata Cara Pendaftaran Calon Anggota SIPSS 

Ada 10 langkah cara mendaftar calon anggota SIPSS, berikut admin bahas satu persatu yang memudahkan kalian semua untuk mendapatkan informasi tentang pendaftaran calon polri.
  1. Mendaftar Online
  2. Pemerikasaan Administrasi Awal (Penilaian Kualitatif)
  3. Pemeriksaan Kesehatan Tahap I (Penilaian Kualitatif dan kuantitatif)
  4. Tes Psikologi I (Penilaian Kualitatif dan Kuantitatif)
  5. Tes Kompetensi Keahlian (Pengetahuan) (Penilaian Kuantitatif)
  6. Sidang menuju Rikkes II
  7. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II (Penilaian Kualitatif dan kuantitatif)
  8. Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) kesamaptaan A, B, dan C (Penilaian Kuantitatif dan Kualitatif), dan antropometri (Penilaian Kualitatif)
  9. Penelusuran Mental Kepribadian (PMK)/wawancara dan penelusuruan rekam jejak media sosial (Penilaian Kualitatif)
  10. Pemeriksaan Administrasi Akhir (Penilaian Kualitatif);
  11. Sidang Kelulusan Akhir
  12. Seleksi Tingkat Pusat
 
Itulah tata cara pendaftaran calon anggota SIPSS, tetapi sebelum mendaftar ada beberapa persyaratan yang perlu kalian sekalian lengkapi, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Menurut admin persyaratan umum untuk menjadi calon anggota SIPSS tidak begitu sulit atau hanya bersifat umum saja yang terpenting adalah persiapan mental kalian untuk mengikuti seleksi anggota SIPSS.

Sedangkan untuk persyaratan khusus yang perlu kalian siapkan selain sudah lulus sarjana atau D-IV kalian sekalian harus berumur maksimal 26 tahun pada saat pembukaan pendidikan pembentukan SIPSS dan mempunyai tinggi minimal 162 cm untuk pria dan wanita 157 cm.

Untuk menjadi anggota SIPSS kalian harus mampu mengoperasikan komputer tetapi admin rasa lulusan SMA saja sekarang sudah jago dalam mengoperasikan komputer apalagi kalian yang sudah sarjana atau D-IV pastinya menguasai komputer.

Selain itu juga kalian harus siap tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan (kecuali dokter spesialis dengan syarat tertentu), bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP), tidak terikat dengan perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain.

Apabilakalian sudah bekerja harus mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan disertai pernyataan berhenti dengan hormat bila lulus seleksi, serta adik-adik sekalian harus mengikuti dan lulus pemeriksaan dan pengujian. 
 
Jadwal Pendaftaran
  1. Pendaftaran, tanggal 08 Jan 2024 s.d. 16 Jan 2024
  2. Buka Pendidikan, tanggal sesuai Prodiklat Polri T.A. 2024
  3. Tutup Pendidikan, tanggal sesuai Prodiklat Polri T.A. 2024
Selengkapnya buka laman: Pendaftaran Online SIPSS Tahun 2024/2025

 Alur pendaftaran SIPPS seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar Tata Cara Pendaftaran SIPSS


2. Pendaftaran AKPOL 2024


AKPOL adalah singkatan dari akademi kepolisian yang diperuntukan bagi lulusan SMA dan sederajat yang ingin menjadi taruna/taruni Akademi Kepolisian.

Untuk menjadi anggota AKPOL ada beberapa persyaratan yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus yang harus dipersiapkan adik-adik sekalian yang berkeinginan menjadi taruna/taruni AKPOL.

Selain itu admin dari informasi pendaftaran memberikan masukan apabila adik-adik sekalian ingin menjadi taruna/taruni AKPOL siapkan dari sekarang persyaratannya diantaranya berkas-berkas pendaftaran.

Selain itu, persiapan diri tentang kemampuan adik-adik jauh lebih penting karena proses seleksi menjadi anggota AKPOL banyak sekali tes yang harus diikuti baik dari tingkat daerah maupun tiingkat pusat.

Menjadi taruna/taruni AKPOL adik-adik sekalian harus mempunyai badan yang sehat dan harus membekali diri dengan Pengetahuan Umum, Bahasa  Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS, karena proses seleksi menggunakan ujian berbasis CBT dengan melibatkan kemampuan tersebut, begitu juga dengan kemampuan adik-adik dalam mengerjakan soal-soal psikotes tidak kalah pentingnya dalam mempersiapkan untuk mengikuti seleksi AKPOL.

Berdasarkan pengalaman admin dalam mengerjakan tes psikotes kunci suksesnya hanya satu banyak-banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes karena kemungkinan terbesar untuk terlatih dan terbiasa akan besar. 

Selengkapnya buka laman: Pendaftaran Online Taruna/I Akpol Tahun 2024
 
Jadwal Pendaftaran Tahun 2024
 
Berdasarkan surat Kapolri Nomor: B/ 4162 /III/DIK.2.1./2024/SSDM. Hal: pengiriman jadwal kegiatan seleksi penerimaan Taruna/i Akpol Tahun Anggaran 2024 adalah sebagai berikut.
  1. Pendaftaran online dan verifikasi, tanggal 26 Mar 2024 s.d. 21 Apr 2024
  2. Penandatanganan pakta integritas, tanggal 19 April 2024
  3. Pemeriksaan administrasi awal, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 19-21 April 2024
  4. Ukur tinggi dan berat badan, tanggal 19-21 April 2024
  5. Pemeriksaan kesehatan tahap I, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 22-24 April 2024
  6. Pemeriksaan psikologi tahap I, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 03-05 Mei 2024
  7. Uji akademik, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 15-16 Mei 2024
  8. Uji jasmani & Anthropometrik (pengumuman & kirim hasil), tanggal 24-27 Mei 2024
  9. Sidang menuju Rikkes tahap II, tanggal 30 Mei 2024
  10. Pemeriksaan kesehatan tahap II, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 31 Mei s.d 01 Juni 2024
  11. PMK dan pemeriksaan psikologi tahap II, tanggal 05-07 Juni 2024
  12. Pemeriksaan administrasi akhir, tanggal 09-10 Juni 2024
  13. Sidang akhir kelulusan tingkat Panda, tanggal 21 Juni 2024
  14. Masa jeda, (persiapan menuju Panpus), tanggal 22-29 Juni 2024
  15. Calon taruna/i tiba di Akpol Semarang untuk mengikuti seleksi tingkat Pusat, tanggal 30 Juni 2024
  16. Pembukaan pendidikan taruna/i Akpol, tanggal 02 Agustus 2024
Persyaratan Pendaftaran
Terdapat 2 (dua) persyaratan pendaftaran Akpol yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan Umum
  1. WNI
  2. Pria atau Wanita
  3. Bertakwa dan beriman Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Setia Kepada NKRI Berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
  5. Sehat jasmani dan rohani (Surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  6. Minimal berusia 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri)
  7. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana (melampirkan SKCK dari Polres setempat)
  8. Memiliki kepribadian yang berwibawa, jujur, dan adil, serta tidak memiliki sifat tercela
Persyaratan Khusus
  1. Belum pernah menjadi anggota atau mantan Polri/TNI atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. Tidak berkedudukan sebagai PNS
  3. Minimal lulusan SMA/MA pada jurusan IPA/IPS (bukan lulusan Paket A,B,dan C) atau lulusan PDF/SPM, dengan ketentuan:
    • Nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN), dengan ketentuan:
      • Minimal nilai rata-rata 70,00 (lulusan tahun 2019),
      • Nilai akumulasi Minimal 70 nilai rata-rata ijazah atau nilai ijazah rata-rata B (bagi yang menggunakan alphabet) (Lulusan 2020 & 2021) 
      • Lulusan tahun 2022-2023 minimal nilai rata-rata ijazah 75,00 atau B
      • Lulusan tahun 2024 akan ditentukan kemudian.
    • Khusus Papua dan Papua Barat Nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN), dengan ketentuan:
      • Minimal nilai UN rata-rata 60,00 (lulusan tahun 2020 dan sebelumnya)
      • Lulusan tahun 2022 dan 2021 menggunakan nilai rata-rata ijazah dengan nilai akumulasi minimal 60,00 atau nilai ijazah rata-rata C (bagi yang menggunakan alphabet)
      • Lulusan tahun 2023 minimal nilai rata-rata ijazah 70,00 atau B
      • Lulusan 2024 akan ditentukan kemudian.
    • Bagi lulusan 2024 atau yang masih kelas XII melampirkan nilai rapor kelas XII semester I dengan nilai rata-rata 80,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang menggunakan alphabet), khusus Papua dan Papua Barat nilai rata-rata rapor minimal 75,00 atau nilai rata-rata minimal B (bagi yang menggunakan alphabet).
    • Bagi pelamar yang berusia 16 tahun sampai dengan 17 tahun (lulusan tahun 2024) nilai rata-rata rapor dengan akumulasi minimal 85,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang menggunakan alphabet) dan melampirkan skor TOEFL minimal 500. Bagi lulusan tahun 2023 atau sebelumnya nilai rata-rata ijazah minimal 85,00. Selain itu wajib memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai rapor Mata Pelajaran Bahasa Inggris minimal 85,00 atau minimal A (bagi yang menggunakan alphabet) serta melampirkan skor TOEFL minimal 500.
  4. Bagi lulusan tahun 2016 s.d 2019 yang mengikuti UN perbaikan dan calon peserta mengulang di kelas XII baik disekolah sama atau berbeda tidak dapat mengikuti seleksi Taruna Akpol 2024
  5. Bagi pelamar dari Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) pada pondok pesantren memiliki nilai kelulusan rata-rata hasil imtihan wathioni (Ujian Standar Nasional) atau ujian akhir muadalah, dengan nilai akhir kelulusan rata-rata 75,00 atau minimal B bagi yang menggunakan alphabet.
  6. Minimal berusia 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan
  7. Minimal memiliki tinggi badan 165 cm (pria), 163 cm (wanita) dengan berat badan ideal
  8. Belum pernah menikah/hamil/melahirkan/memiliki anak biologis (anak kandung) dan sanggup tidak menikah/hamil selama pendidikan
  9. Tidak pernah memakai tato dan tindik ataupun memiliki bekas tato dan tindik kecuali ketentuan adat/agama
  10. Bagi calon taruna/taruni yang pernah gagal/TMS dalam proses seleksi karena tindak pidana berkekuatan hukum tetap (inkrah) tidak diperbolehkan mendaftar kembali
  11. Mantan Taruna/I atai Siswa/i yang pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari lembaga pendidikan yang dibiayai oleh anggaran negara tidak dapat mendaftar
  12. Bebas narkoba (berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh Panpus/Panda)
  13. Tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi atau paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika
  14. Membuat surat pernyataan bermaterai tidak melakukan tindakan atau perbuatan yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma sosial dan norma hukum
  15. Melampirkan surat pernyataan bermaterai yang ditandatangai oleh calon peserta dan diketahui oleh orang tua/wali tentang kesiapan ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian dan siap ditugaskan di seluruh wilayah NKRI
  16. Membuat surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani calon peserta dan diketahui oleh orang tua/wali tidak mempercayai pihak-pihak yang menawarkan, menjanjikan dan menjamin untuk meluluskan proses seleksi.
  17. Bagi yang menggunakan sponsor/koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon/surat atau dalam bentuk apapun kepada panitia/pejabat berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain maka akan didiskualifikasi
  18. Bagi pelamar yang lulusan dari Luar Negeri wajib menyertakan surat pengesahan dari Dikdasmen Kemdikbud
  19. Berdomisili minimal 2 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan KTP dan KK (apabila melakukan duplikasi/pemalsuan maka akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku)
  20. Apabila berdomisili kurang dari 2 tahun di wilayah Polda bisa mendaftar bagi putra/putri personel Polri/TNI/PNS, namun dengan ketentuan minimal berdomisili 6 bulan di Polda tempat mendaftar dan orang tua peserta sedang atau pernah berdinas di wilayah Polda tersebut dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, dengan melampirkan Surat Keputusan tentang jabatan orang tua peserta
  21. Bagi peserta yang tidak memenuhi persyaratan domisili pada poin 19 dan 20 di atas, dapat mendaftar pada Polda sesuai dengan domisili sebelumnya
  22. Bagi calon peserta yang berasal dari SMA Taruna Nusantara dan SMA Krida Nusantara yang masih kelas XII dapat mendaftar di Polda asal sesuai dengan alamat KTP/KK, atau dapat mendaftar di Polda Jateng dan DIY bagi SMA Taruna Nusantara, dan di Polda Jabar untuk SMA Krida Nusantara, dengan ketentuan mengikuti kuota kelulusan/perangkingan pada Polda asal sesuai persyaratan domisili
  23. Selama 10 tahun setelah diangkat menjadi Perwira Polri siap menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP)
  24. Mendapat/memperoleh persetujuan orang tua/wali
  25. Tidak memiliki Ikatan Dinas sengan instansi lain
  26. Bagi calon Taruna/Taruni yang lulus diwajibkan untuk melampirkan BPJS Kesehatan
  27. Melampirkan surat persetujuan/rekomendasi dari pimpinan bagi yang sudah bekerja secara tetap dan siap diberhentikan secara hormat apabila lulus seleksi

Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online di: http://penerimaan.polri.go.id/
 
Untuk alur Pendaftaran AKPOL seperti pada gambar di bawah ini





3. Pendaftaran Bintara Polri


Brigadir Polri merupakan penerimaan anggota Polri yang memiliki tugas sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat dlm rangka menyongsong Indonesia hebat.

Untuk informasi selanjutnya silahkan login di https://penerimaan.polri.go.id; Pendaftaran Bintara Polisi/Polri Persiapan 2024-2025.
 
Persyaratan Umum
  1. WNI
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  4. Pendidikan minimal SMA/sederajat
  5. Minimal berusia 18 tahun pada saat dilantik menjadi anggota Polri
  6. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan Surat Keterangan Sehat daru Institusi Kesehatan)
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (melampirkan SKCK dari Polres setempat)
  8. Memiliki kepribadian jujur, berwibawa, dan berkelakukan tidak tercela
 

Persyaratan Khusus

  1. Pria/Wanita
  2. Bukan Anggota/Mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  3. Lulusan
    • SMA/SMA/SMK/MA/MAK/SPM/PDF
      • Lulusan tahun 2020 atau sebelumnya melampirkan nilai Ijazah (gabungan nilai rata-rata rapor ditambah nilai rata-rata ujian sekolah dibagi 2) minimal 65,00 atau nilai ijazah minimal C (bagi ijazah alphabet). Sedangkan khusus peserta dari Polda Papua dan Papua Barat nilai rata-rata minimal 60,00 atau C;
      • Lulusan tahun 2022 & 2021 melampirkan nilai Ijazah minimal 65,00 atau nilai ijazah minimal C (bagi ijazah alphabet). Sedangkan khusus peserta dari Polda Papua dan Papua Barat dengan nilai rata-rata minimal 60,00 atau C
      • Lulusan tahun 2023 melampirkan nilai rata-rata ijazah dengan akumulasi minimal 70,00 atau nilai ijazah minimal B (bagi ijazah alphabet). Sedangkan dari Polda Papua dan Papua Barat minimal 65,00 atau C;
      • Lulusan tahun 2024 akan ditentukan kemudian.
    • Lulusan DI s.d DIV/Sarjana minimal memiliki IPK 2,75 dan prodi terakreditasi
  4. Bagi yang masih kelas XII (lulusan tahun 2023) melampirkan  nilai rata-rata rapor semester V kelas XII minimal 75,00 atau minimal B (bagi ijazah alphabet). Sedangkan dari Polda Papua dan Papua Barat minimal 70 atau minimal B
  5. Bagi lulusan/ijazah dari negara lain mendapatkan pengesahan dari Dikdasmen Kemendikbud RI
  6. Ketentuan Ujian Nasional Perbaikan
    • Lulusan 2017 s.d 2020 yang mengikuti Ujian Nasional Perbaikan dapat mendaftar dengan ketentuan nilai rata-rata memenuhi persyaratan
    • Pelamar yang pernah mengulang di kelas XII baik di sekolah yang sama atau sekolah yang berbeda tidak dapat mengikuti seleksi penerimaan
  7. Umur pada saat pembentukan Bintara Polri T.A 2024
    • Minimal berusia 17 tahun 7 bulan dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan (lulusan SMA/sederajat)
    • Minimal berusia 17 tahun 7 bulan dan maksimal 23 tahun pada saat pembukaan pendidikan (lulusan DI s.d DIII)
    • Minimal berusia 17 tahun 7 bulan dan maksimal 25 tahun pada saat pembukaan pendidikan (lulusan DIV/Sarjana)

  8. Belum pernah menikah/hamil atau melairkan bagi casis Wanita, Belum pernah menikah/memiliki anak kandung/biologis bagi casis Pria serta sanggup tidak menikah selama pembentukan Bintara Polri.
  9. Tidak bertato/memiliki bekas tato. Tidak bertindik/memiliki bekas tindik telinga atau anggota badan lain kecuali yang disebabkan ketentuan Agama/Adat
  10. Bebas Narkoba  (berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh Panpus/Panda)
  11. Tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi atau paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika
  12. Tidak pernah melakukan tindakan atau perbuatan yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma sosial dan norma hukum
  13. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI dan dan ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian (dengan melampirkan surat pernyataan bermaterai yang diketahui orang tua/wali)
  14. Membuat surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani calon peserta dan diketahui orang tua/wali bahwa tidak akan melakukan korupsi, kolusi, nepotisme, dan menjanjikan ataupun membuat janji serta memberikan imbalan dalam bentuk apapun kepada siapapun untuk membantu atau menolong kelulusan calon peserta dalam proses seleksi
  15. Membuat surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa calon peserta tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta surat peryataan bermaterai tidak melakukan perbuatan yang melannggar norma agama, susila, sosial, dan norma hukum    
  16. Minimal selama 2 tahun berdomisili di Wilayah Polda tempat mendaftar (melampirkan KTP/KK) terhitung dari saat pembukaan Dikma (Apabila terbukti melakukan duplikasi/pemalsuan/rekayasa akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku), kecuali bagi peserta Orang Asli Papua (OAP) yang mendaftar di Polda Papua/Papua Barat tidak dikenakan ketentuan tentang domisili
  17. Bagi peserta Orang Asli Papua (OAP) yang berdomisili di Papua/Papua Barat namun bertempat tinggal di luar Papua/Papua Barat, dapat mendaftar dan mengikuti tes seleksi di Polda sesuai tempat tinggal, namun dengan ketentuan mengikuti kuota kelulusan/perangkingan pada Polda Papua/Papua Barat sesuai domisili (tidak ada batas waktu minimal domisili)
  18. Bagi calon peserta yang menggunakan sponsor/koneksi/katabelece dengan cara menghubungi lewat telepon/surat atau dalam bentuk apapun kepada panitia/pejabat yang berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain akan didiskualifikasi
  19. Melampirkan BPJS bagi calon Bintara yang dinyatakan lulus
  20. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan, memenuhi persyaratan:
    • Mendapatkan persetujuan/rekomendasi dari Kepala Instansi yang bersangkutan, dan
    • Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan bila diterima
  21. Pendaftaran dilaksanakan di tiap-tiap Polres/Pabanrim atau Subpanda sesuai KTP dan KK
  22. Peserta jalur Bakomsus tidak diberlakukan ketentuan tentang domisili
 
Jadwal Pendaftaran
 
Mengacu pada seleksi tahun 2023, penerimaan Bintara Polri dibuka pada awal bulan April.  
 
  1. Pendaftaran online dan verifikasi, tanggal -
  2. Penandatanganan pakta integritas, tanggal -
  3. Pemeriksaan administrasi awal, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  4. Ukur tinggi dan berat badan, tanggal -
  5. Pemeriksaan administrasi awal lanjutan, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  6. Pemeriksaan kesehatan tahap I, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  7. Pemeriksaan kesehatan tahap I lanjutan, tanggal -
  8. Pemeriksaan tahap I, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  9. Uji akademik, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  10. TKK aspek pengetahuan calon Bakomsus, tanggal -
  11. TKK aspek keterampilan dan perilaku calon Bakomsus, tanggal -
  12. Sidang menuju pemeriksaan kesehatan tahap II, tanggal -
  13. Pemeriksaan tahap II, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  14. Uji jasmani dan anthropometrik, tanggal -
  15. PMK dan pemeriksaan psikologi tahap II, tanggal -
  16. Pemeriksaan administrasi akhir, tanggal -
  17. Supervisi, tanggal -
  18. Sidang akhir kelulusan, tanggal -
  19. Masa jeda (persiapan pendidikan), tanggal -
  20. Buka pendidikan pada masing-masing SPN/Pusdik, tanggal -
 
Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online di https://penerimaan.polri.go.id/
 
Alur pendaftaran brigadir polri atau bintara polri adalah sebagai berikut.






4. Pendaftaran Tamtama Polri

Tamtama adalah golongan pangkat  ketentaraan  dan  kepolisian  yang paling  rendah, mulai dari Prajurit Dua / Kelasi Dua / Bhayangkara Dua sampai Kopral Kepala / Ajun Brigadir Polisi (Wikipedia).
 
1). Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  4. Pendidikan paling rendah SMA/sederajat
  5. Minimal berusia 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri);
  6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK)
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

B). Persyaratan Khusus

  1. Pria bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. Berijazah serendah-rendahnya:
    • Tamtama Brimob
      • SMA/MA/SMK/MAK semua jurusan kecuali jurusan Tata Busana dan Tata Kecantikan (bukan lulusan Paket A,B, dan C) dengan kriteria lulus.
      • Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM/setingkat SMA) pada pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/setingkat SMA)  dengan kriteria lulus.
    • Tamtama Polair
      • SMA/MA/SMK/MAK (semua jurusan kecuali jurusan Tata Busana dan Tata Kecantikan)bukan lulusan Paket A, dan B dengan kriteria lulus. 
      • Diutamakan SMK Teknik Perkapalan dan Kemaritiman.
      • Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM/setingkat SMA) pada pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/setingkat SMA) dengan kriteria lulus
  3. Peserta yang masih kelas XII (lulusan tahun 2024) melampirkan nilai rata-rata rapor kelas XII semester ganjil/semester V dengan minimal 70,00 atau B (bagi nilai alphabet), sedangkan peserta dari Polda Papua/Papua Barat minimal 65,00 atau C.
  4. Minimal berusia 17 tahun 7 bulan dan maksimal berusia 22 pada saat pembukaan pendidikan
  5. Minimal memiliki tinggi badan 165cm, dan minimal 163 cm khusus ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat)
  6. Tidak bertato atau memiliki bekas tato dan tidak bertindik atau memiliki bekas tindik telinga atau badan lainnya kecuali disebabkan oleh ketentuan agama dan adat
  7. Bebas narkoba (berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh Panpus/Panda)
  8. Tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi atau paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika
  9. Tidak pernah melakukan tindakan atau perbuatan yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma sosial dan norma hukum
  10. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI dan dan ditugaskan disemua bidang tugas Kepolisian (dengan melampirkan surat pernyataan bermaterai yang diketahui orang tua/wali)
  11. Minimal selama 2 tahun berdomisili di wilayah Polda tempat mendaftar (melampirkan KTP/KK), kecuali peserta Orang Asli Papua (OAP) yang mendaftar di Polda Papua/Papua Barat tidak dikenakan ketentuan tentang domisili
  12. Membuat surat pernyataan bermaterai yang diketahui orang tua/wali bahwa tidak mempercayai oknum yang menawarkan, menjanjikan, dan menjamin dapat membantu kelulusan
  13. Belum pernah menikah secara hukum positif/agama/adat dan sanggup tidak menikah selama pendidikan pembentukan, serta belum memiliki anak biologis
  14. Minimal 10 (sepuluh) tahun bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (terhitung mulai saat diangkat menjadi Tamtama Polri)
  15. Mendapatkan persetujuan orang tua/wali
  16. Tidak memiliki perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain
  17. Melampirkan BPJS Kesehatan bagi calon Tamtama yang dinyatakan lulus dan sudah vaksinasi covid 19 dosis ketiga (booster)
  18. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai karyawan / pegawai mendapatkan persetujuan / rekomendasi dari Kepala Instansi yang bersangkutan dan siap diberhentikan dari status karyawan/pegawai apabila diterima Tamtama Polri
  19. Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian 
Jadwal Pendaftaran
 
Mengacu pada seleksi tahun 2023, pendaftaran tamtama Polri dibuka pada awal bulan April.
  1. Pendaftaran online dan verifikasi, tanggal -
  2. Penandatanganan pakta integritas, tanggal -
  3. Pemeriksaan administrasi awal, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  4. Pemeriksaan administrasi awal lanjutan, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  5. Ukur tinggi dan berat badan, pengumuman dan kirim hasil, tanggal -
  6. Pemeriksaan kesehatan tahap I lanjutan, tanggal -
  7. Pemeriksaan tahap I, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  8. Uji akademik, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  9. Sidang menuju pemeriksaan kesehatan tahap II, tanggal -
  10. Pemeriksaan tahap II, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal -
  11. Uji jasmani dan anthropometrik, tanggal -
  12. PMK dan pemeriksaan psikologi tahap II, tanggal -
  13. Pemeriksaan administrasi akhir, tanggal -
  14. Supervisi, tanggal -
  15. Sidang akhir kelulusan, tanggal -
  16. Masa jeda (persiapan pendidikan), tanggal -
  17. Buka pendidikan pada masing-masing SPN/Pusdik, tanggal -
 
Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online di https://penerimaan.polri.go.id/


Demikian informasi mengenai 4 Macam Pendaftaran Polisi/Polri Tahun 2024 yang bisa admin bagikan, semoga postingan ini dapat menambah referensi buat kalian untuk mendaftar menjadi calon taruna/i polri.

Baca: Rekrutmen Polri Tips dan Trik Lulus Seleksi Polri (Tamtama,Bintara,Akpol,Sipss)

Selain memberikan informasi admin hanya bisa mendoakan semoga kalian dapat diterima menjadi anggota polri yang merupakan profesi cita-cita kalian.Amin.

Sumber : https://www.polri.go.id/

Motivasi: Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

Subscribe to receive free email updates: