Telah Dibuka Pendaftaran Online Taruna/I AKPOL Tahun 2024 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Telah Dibuka Pendaftaran Online Taruna/I AKPOL Tahun 2024


penerimaan.polri.go.id--2024/2025--Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol (Wikipedia).

Dilansir dari situs resmi akpol (akpol.ac.id) Akademi Kepolisian (Akpol) memiliki visi "Menjadi Lembaga Pendidikan yang Menghasilkan Polisi Profesional, Cerdas, Bermoral, dann Modern yang Berwawasan Global dan Berstandar Internasional (World Class Police Academy)".

Pada artikel ini akan diberikan informasi Telah Dibuka Pendaftaran Online Taruna/I AKPOL Tahun 2024. Dimana artikel ini dapat kalian jadikan referensi untuk melakukan pendaftaran menjadi calon Taruna atau Taruni AKPOL.
 
Perlu diketahui bahwa penerimaan polri tahun 2024 tidak diperbolehkan mendaftar lebih dari 1 jalur seleksi.
Jika sudah mendaftar Akpol maka tidak bisa mendaftar Bintara atau Tamtama (berlaku sebaliknya)

 
Kuota Akpol
 
Mengacu pada penerimaan tahun 2023 jumlah peserta didik yang diterima sebanyak 175 orang dengan rincian 150 pria dan 25 wanita 

Apabila lulus seleksi Akpol maka akan menempuh pendidikan selama 4 (empat) tahun dengan tempat pendidikan di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

Pada tahun 2024 pembukaan pendidikan dimulai tanggal 02 Agustus 2024 dan pendaftaran Akpol dimulai dari tanggal 26 Mar 2024 s.d. 21 Apr 2024 .

Bagi kalian lulusan SMA/sederajat yang akan mendaftar menjadi Taruna/Taruni Akademi Kepolisian (AKPOL) silahkan siapkan berkas-berkas syarat pendaftaran berikut ini.

Sebelumnya untuk diketahui bahwa lama pendidikan Akpol atau Akademi Kepolisian adalah 4 tahun dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA).

A. Persyaratan Umum Pendaftaran Akpol

  1. WNI
  2. Pria atau Wanita
  3. Bertakwa dan beriman Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Setia Kepada NKRI Berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
  5. Sehat jasmani dan rohani (Surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  6. Minimal berusia 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri)
  7. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana (melampirkan SKCK dari Polres setempat)
  8. Memiliki kepribadian yang berwibawa, jujur, dan adil, serta tidak memiliki sifat tercela

B. Persyaratan Khusus Pendaftaran Akpol

  1. Belum pernah menjadi anggota atau mantan Polri/TNI atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. Tidak berkedudukan sebagai PNS
  3. Minimal lulusan SMA/MA pada jurusan IPA/IPS (bukan lulusan Paket A,B,dan C) atau lulusan PDF/SPM, dengan ketentuan:
    • Nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN), dengan ketentuan:
      • Minimal nilai rata-rata 70,00 (lulusan tahun 2019),
      • Nilai akumulasi Minimal 70 nilai rata-rata ijazah atau nilai ijazah rata-rata B (bagi yang menggunakan alphabet) (Lulusan 2020 & 2021) 
      • Lulusan tahun 2022-2023 minimal nilai rata-rata ijazah 75,00 atau B
      • Lulusan tahun 2024 akan ditentukan kemudian.
      • Khusus Papua dan Papua Barat Nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN), dengan ketentuan:
          • Minimal nilai UN rata-rata 60,00 (lulusan tahun 2020 dan sebelumnya)
          • Lulusan tahun 2022 dan 2021 menggunakan nilai rata-rata ijazah dengan nilai akumulasi minimal 60,00 atau nilai ijazah rata-rata C (bagi yang menggunakan alphabet)
          • Lulusan tahun 2023 minimal nilai rata-rata ijazah 70,00 atau B
          • Lulusan 2024 akan ditentukan kemudian.
        • Bagi lulusan 2024 atau yang masih kelas XII melampirkan nilai rapor kelas XII semester I dengan nilai rata-rata 80,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang menggunakan alphabet), khusus Papua dan Papua Barat nilai rata-rata rapor minimal 75,00 atau nilai rata-rata minimal B (bagi yang menggunakan alphabet).
        • Bagi pelamar yang berusia 16 tahun sampai dengan 17 tahun (lulusan tahun 2024) nilai rata-rata rapor dengan akumulasi minimal 85,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang menggunakan alphabet) dan melampirkan skor TOEFL minimal 500. Bagi lulusan tahun 2023 atau sebelumnya nilai rata-rata ijazah minimal 85,00. Selain itu wajib memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai rapor Mata Pelajaran Bahasa Inggris minimal 85,00 atau minimal A (bagi yang menggunakan alphabet) serta melampirkan skor TOEFL minimal 500.
      • Bagi lulusan tahun 2016 s.d 2019 yang mengikuti UN perbaikan dan calon peserta mengulang di kelas XII baik disekolah sama atau berbeda tidak dapat mengikuti seleksi Taruna Akpol 2024
      • Bagi pelamar dari Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) pada pondok pesantren memiliki nilai kelulusan rata-rata hasil imtihan wathioni (Ujian Standar Nasional) atau ujian akhir muadalah, dengan nilai akhir kelulusan rata-rata 75,00 atau minimal B bagi yang menggunakan alphabet.
      • Minimal berusia 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan
      • Minimal memiliki tinggi badan 165 cm (pria), 163 cm (wanita) dengan berat badan ideal
      • Belum pernah menikah/hamil/melahirkan/memiliki anak biologis (anak kandung) dan sanggup tidak menikah/hamil selama pendidikan
      • Tidak pernah memakai tato dan tindik ataupun memiliki bekas tato dan tindik kecuali ketentuan adat/agama
      • Bagi calon taruna/taruni yang pernah gagal/TMS dalam proses seleksi karena tindak pidana berkekuatan hukum tetap (inkrah) tidak diperbolehkan mendaftar kembali
      • Mantan Taruna/I atai Siswa/i yang pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari lembaga pendidikan yang dibiayai oleh anggaran negara tidak dapat mendaftar
      • Bebas narkoba (berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh Panpus/Panda)
      • Tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi atau paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika
      • Membuat surat pernyataan bermaterai tidak melakukan tindakan atau perbuatan yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma sosial dan norma hukum
      • Melampirkan surat pernyataan bermaterai yang ditandatangai oleh calon peserta dan diketahui oleh orang tua/wali tentang kesiapan ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian dan siap ditugaskan di seluruh wilayah NKRI
      • Membuat surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani calon peserta dan diketahui oleh orang tua/wali tidak mempercayai pihak-pihak yang menawarkan, menjanjikan dan menjamin untuk meluluskan proses seleksi.
      • Bagi yang menggunakan sponsor/koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon/surat atau dalam bentuk apapun kepada panitia/pejabat berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain maka akan didiskualifikasi
      • Bagi pelamar yang lulusan dari Luar Negeri wajib menyertakan surat pengesahan dari Dikdasmen Kemdikbud
      • Berdomisili minimal 2 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan KTP dan KK (apabila melakukan duplikasi/pemalsuan maka akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku)
      • Apabila berdomisili kurang dari 2 tahun di wilayah Polda bisa mendaftar bagi putra/putri personel Polri/TNI/PNS, namun dengan ketentuan minimal berdomisili 6 bulan di Polda tempat mendaftar dan orang tua peserta sedang atau pernah berdinas di wilayah Polda tersebut dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, dengan melampirkan Surat Keputusan tentang jabatan orang tua peserta
      • Bagi peserta yang tidak memenuhi persyaratan domisili pada poin 19 dan 20 di atas, dapat mendaftar pada Polda sesuai dengan domisili sebelumnya
      • Bagi calon peserta yang berasal dari SMA Taruna Nusantara dan SMA Krida Nusantara yang masih kelas XII dapat mendaftar di Polda asal sesuai dengan alamat KTP/KK, atau dapat mendaftar di Polda Jateng dan DIY bagi SMA Taruna Nusantara, dan di Polda Jabar untuk SMA Krida Nusantara, dengan ketentuan mengikuti kuota kelulusan/perangkingan pada Polda asal sesuai persyaratan domisili
      • Selama 10 tahun setelah diangkat menjadi Perwira Polri siap menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP)
      • Mendapat/memperoleh persetujuan orang tua/wali
      • Tidak memiliki Ikatan Dinas sengan instansi lain
      • Bagi calon Taruna/Taruni yang lulus diwajibkan untuk melampirkan BPJS Kesehatan
      • Melampirkan surat persetujuan/rekomendasi dari pimpinan bagi yang sudah bekerja secara tetap dan siap diberhentikan secara hormat apabila lulus seleksi 

      C. Tahapan Seleksi AKPOL

      Seleksi Akpol dilakukan pada 2 tahap atau tingkatan, yang pertama tingkat daerah dan yang kedua tingkat pusat.
      Sebelumnya proses seleksi Akpol ini menggunakan sistem gugur dan/atau ranking pada setiap tes
      Tahapan Seleksi Tingkat Daerah
      1. Pemeriksaan Administrasi Awal (penilaian secara kualitatif)
      2. Pemeriksaaan kesehatan tahap I (penilaian secara kualitatif)
      3. Pemeriksaan Psikologi tahap I secara Computer Asissted Test (CAT) dengan penilaian secara kuantitatff & kualitatif)
      4. Uji Akademik menggunakan Computer Asissted Test (CAT) yaitu:
        • Pengetahuan Umum (termasuk Undang-Undang Kepolisian)
        • Bahasa Indonesia
        • Tes penalaran numerik
        • Wawacan kebanggsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara dan Kewarganegaraan)
      5. Uji Kesamaptaan Jasmani (A, B, dan C) penilaian secara kuantitatf & kualitatif, dan Pemeriksaan Anthropometri (penilaian secara kualitatif)
      6. Sidang penetapan peserta untuk mengikuti pemeriksaan tahap II
      7. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II (penilaian secara kualitatif)
      8. Pendalaman Penelusuruan Mental Kepribadian (PMK) (penilaian secara kualitatif), dan hasil penelusuran rekam jejak media sosial (penilaian kualitatif)
      9. Pemeriksaan Administrasi Akhir (penilaian secara kualitatif)
      10. Sidang terbuka Kelulusan tingkat Panda
      Baca: Rekrutmen Polri Tips dan Trik Lulus Seleksi Polri (Tamtama,Bintara,Akpol,Sipss)

      Berikut kami berikan link/ alamat website untuk masing-masing Polda:
      1. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Aceh (https://aceh.polri.go.id/)
      2. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sumut (http://sumut.polri.go.id/)
      3. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sumbar (https://sumbar.polri.go.id)
      4. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Jambi (http://jambi.polri.go.id/)
      5. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Riau (http://riau.polri.go.id/)
      6. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kepri (http://kepri.polri.go.id/)
      7. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Babel (http://babel.polri.go.id/)
      8. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sumsel (sumsel.polri.go.id)
      9. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Bengkulu (https://bengkulu.polri.go.id/)
      10. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Lampung (https://lampung.polri.go.id/)
      11. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Metro Jaya (https://metro.polri.go.id/)
      12. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Jawa Barat (http://www.jabar.polri.go.id/)
      13. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Banten (http://banten.polri.go.id/)
      14. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Jawa Tengah (jateng.polri.go.id)
      15. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Yogyakarta (http://jogja.polri.go.id/depan/)
      16. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Jawa Timur (humaspoldajatim.blogspot.co.id)
      17. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Bali (http://bali.polri.go.id/)
      18. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah NTB (http://ntb.polri.go.id/)
      19. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah NTT (http://tribratanewsntt.com/)
      20. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (https://kalbar.polri.go.id/)
      21. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kalteng (kalteng.polri.go.id)
      22. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kaltim (https://kaltim.polri.go.id/)
      23. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kalsel (https://kalsel.polri.go.id/)
      24. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sulut (sulut.polri.go.id)
      25. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Gorontalo (gorontalo.polri.go.id)
      26. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sulteng (https://sulteng.polri.go.id/)
      27. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sultra (http://akpol.ac.id/sultra.polri.go.id)
      28. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sulsel (http://akpol.ac.id/sulsel.polri.go.id)
      29. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Maluku (http://tribratanews.maluku.polri.go.id/)
      30. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Maluku Utara (https://malut.polri.go.id)
      31. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Papua Barat (http://papuabarat.polri.go.id/)
      32. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Papua (http://papua.polri.go.id/)

      Tahapan Seleksi Tingkat Pusat
      1. Pemeriksaan Administrasi (penilaian secara kualitatif)
      2. Pemeriksaan Kesehatan  (tahap 1 dan tahap 2) (penilaian secara kualitatif)
      3. Mental ideologi (MI) menggunakan CAT
      4. Tes akademik (TPA & Bahasa Inggris) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) (penilaian secara kuantitatif)  
      5. Tes psikologi dengan metode wawancara (penilaian secara kualitatif), memenuhi syarat (MS/TMS)
      6. Pendalaman Penelusuruan Mental Kepribadian (PMK) termasuk penelusuran rekam jejak media sosial (penilaian secara kualitatif) 
      7. Tes kesamaptaan jasmani (kesamaptaan A, B, dan C) dengan penilaian secara kuantitatif dan kualitatif, dan Pemeriksaan anthropometri (penilaian secara kualitatif). Memenuhi syarat (MS/TMS)
      8. Pemeriksaan penampilan (penilaian secara kuantitatif)
      9. Sidang terbuka kelulusan tingkat pusat
      Baca: Puluhan Trik dan Tips Lulus Akpol

      D. Jadwal Pendaftaran Calon Taruna/Taruni Akpol 2024

      Berdasarkan surat Kapolri Nomor: B/ 4162 /III/DIK.2.1./2024/SSDM. Hal: pengiriman jadwal kegiatan seleksi penerimaan Taruna/i Akpol Tahun Anggaran 2024 adalah sebagai berikut.
      1. Pendaftaran online dan verifikasi, tanggal 26 Mar 2024 s.d. 21 Apr 2024
      2. Penandatanganan pakta integritas, tanggal 19 April 2024
      3. Pemeriksaan administrasi awal, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 19-21 April 2024
      4. Ukur tinggi dan berat badan, tanggal 19-21 April 2024
      5. Pemeriksaan kesehatan tahap I, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 22-24 April 2024
      6. Pemeriksaan psikologi tahap I, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 03-05 Mei 2024
      7. Uji akademik, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 15-16 Mei 2024
      8. Uji jasmani & Anthropometrik (pengumuman & kirim hasil), tanggal 24-27 Mei 2024
      9. Sidang menuju Rikkes tahap II, tanggal 30 Mei 2024
      10. Pemeriksaan kesehatan tahap II, pengumuman, dan kirim hasil, tanggal 31 Mei s.d 01 Juni 2024
      11. PMK dan pemeriksaan psikologi tahap II, tanggal 05-07 Juni 2024
      12. Pemeriksaan administrasi akhir, tanggal 09-10 Juni 2024
      13. Sidang akhir kelulusan tingkat Panda, tanggal 21 Juni 2024
      14. Masa jeda, (persiapan menuju Panpus), tanggal 22-29 Juni 2024
      15. Calon taruna/i tiba di Akpol Semarang untuk mengikuti seleksi tingkat Pusat, tanggal 30 Juni 2024
      16. Pembukaan pendidikan taruna/i Akpol, tanggal 02 Agustus 2024

       

      E. Tata Cara Pendaftaran Online Akpol 2024


      Apabila kalian akan mendaftar Akpol , silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti alur pendaftaran seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

      Sebelum melakukan pendaftaran online Akpol 2024 silahkan unduh dan lengkapi berkas persyaratan pendaftaran pada link berikut ini.


      1). Silahkan login di: http://penerimaan.polri.go.id/

      Maka akan muncul laman seperti pada gambar di bawah ini.Silahkan pilih menu "daftar" seperti pada lingkaran merah di bawah.

      Selanjutnya silahkan pilih menu pendaftaran "Taruna Akpol" seperti pada pada gambar di bawah ini.




      Maka akan muncul laman seperti pada gambar di bawah ini.




      Silahkan klik menu "Informasi Persyaratan"  seperti kotak merah pada gambar di atas untuk membaca persyaratan Akpol 2024
       

      Selanjutnya silahkan lakukan pendaftaran dengan mengklik menu "Daftar" pada kotak biru gambar di atas ini.

      Maka akan muncul formulir pendaftaran. Silahkan isi data secara lengkap dan benar.

      Sebelum melakukan pendaftaran online silahkan lengkapi berkas persyaratan pendaftaran.

      Silahkan unduh pada gambar word yang tersedia pada formulir pendaftaran (Gambar word seperti yang ditunjukan pada kotak biru gambar di bawah ini)

      Selain itu proses verifikasi berkas ke Polda/Polres maksimal hanya 3 hari dari tanggal mendaftar.

      Apabila 3 hari belum melakukan verifikasi ke Polda/Polres maka data otomatis akan dihapus.





      Ada beberapa data yang perlu kalian isi dalam formulir pendaftaran, yaitu:


      1. Data Diri Peserta


      Data diri peserta meliputi
      • NIK (Sesuaikan Pada NIK Kartu Keluarga)
      • Waktu Penerbitan E-KTP (Sesuaikan)
      • Nama Lengkap (Sesuaikan dengan Nama di Ijazah)
      • Tinggi (Sesuaikan)
      • Berat (Sesuaikan)
      • Suku (Sesuaikan)
      • HP (Gunakan No HP Calon Peserta yang Masih Aktif)
      • Email (Gunakan Alamat Email yang Masih Aktif)
      • Prestasi (Silahkan Isi Prestasi yang Kalian Pernah Dapatkan)
      • Bahasa Daerah (Bahasa Apa Saja yang Bisa Kalian Kuasai Baik Aktif maupun Pasif)
      • Bahasa Asing (Bahasa Asing yang dikuasasi Baik Aktif maupun Pasif)
      • Foto 4x6 dengan Background Merah dan Kemeja Putih (silahkan unggah pada menu Telusuri)


      2. Data Pendidikan Peserta

      Data Pendidikan dimulai dari Pendidikan Sekolah Dasar (SD), Pendidikan Sekolah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

      Adapun yang perlu diisi adalah:

      Pendidikan Sekolah Dasar
      1. Nama Sekolah SD
      2. Kota
      3. Provinsi
      4. Tahun
      5. Nila UN
      Data pendidikan SD seperti pada gambar di bawah ini.



      Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
      1. Nama Sekolah SMP
      2. Kota
      3. Provinsi
      4. Tahun
      5. Nilai UN
      Data pendidikan SMP seperti pada gambar di bawah ini.


      Pendidikan Sekolah Menengah Atas
      1. Nama Sekolah SMA
      2. Pendidikan Umum (Pilih SMA/MA)
      3. Jurusan (Pilih Jurusan IPA/IPS)
      4. Kota
      5. Provinsi
      6. Tahun
      7. Nilai UN (Bagi lulusan tahun 2024 diisi 0 (nol)
      8. Rata-rata nilai raport kelas XII Semester 1
      Data pendidikan SMA seperti pada gambar di bawah ini. 



      3. Data Ayah

      Data Ayah yang perlu diisi adalah:
      1. Nama
      2. Tanggal Lahir (Masukan pada form yang tersedia)
      3. Agama (Silahkan pilih Agama)
      4. Nomor HP
      5. Kelompok Pekerjaan
      6. Jenis Pekerjaan
      7. Golongan/Pangkat
      8. Jabatan
      9. Nama Kantor
      10. Alamat Kantor
      11. Status (Masih Hidup atau Sudah Meninggal)

      Data pendidikan Ayah seperti pada gambar di bawah ini.



      4. Data Ibu
      Data Ibu sama dengan data Ayah yang perlu diisi

      5. Data Wali (Jika Ada Wali)
      Data Wali diisi bila menggunakan data Wali. Silahkan diisi sesuai dengan form pendaftaran.

      Data Wali sama dengan data Ayah dan data Ibu


      6. Data Pendaftaran
      1. Polda (silahkan pilih Polda sesuai dengan wilayah Pendaftar masing-masing)
      2. Polres (Silahkan pilih Polres di Wilayah masing-masing/Jika Pendaftar di Polda tidak perlu memilih pilhan Polres/Ta/Tabes) 

      Data Pendaftaran seperti pada gambar di bawah ini.


      7. Data Akun Sosial Media
      Perkembangan teknologi yang sangat pesat merasa penting dalam pendaftaran Akpol perlu diisi data sosial media.

      Akun sosial media yang perlu diisi adalah:
      1. Facebook
      2. Twitter
      3. Instagram
      4. Sosial Media Lainnya (Selain ketiga diatas)
      Data Akun Media Sosial seperti pada gambar di bawah ini.




      7. Konfirmasi Pendaftaran
      Kode Verifikasi (Silahkan Masukkan Kode Verifikasi yang tersedia)

      Kode Verifikasi seperti pada gambar di bawah ini.

      Selanjutnya silahkan klik menu "Selanjutnya" Seperti kotak merah pada gambar di bawah ini.




      8. Upload Data Pendukung

      9. Catat/Cetak Kartu Peserta
       

      10. Konfirmasi Pendaftaran di Polda/Polres sesuai dengan data yang dimasukkan pada poin 6.

      Verifikasi dapat dilakukan secara online dengan mengupload dokumen ke website dan menunggu verifikasi oleh panitia, tetapi apabila verifikasi online terlalu lama silahkan lakukan verifikasi secara offline.

      Pada saat datang di Polda/Polres setempat tidak boleh diwakilkan (datang sendiri) dengan membawa hasil cetak form registrasi online dan berkas administrasi, dan melakukan pengukuran tinggi dan berat badan, serta melakukan perekaman wajah (face recognition).

      Bagi yang berhasil melakukan verifikasi online tetap melakukan pengukuran tinggi dan berat badan di Polda/Polres.

      Berkas Administrasi
      1. KTP Asli dan FC yang telah dilegalisir Disdukcapil setempat
      2. KK Asli dan FC yang telah dilegalisir Disdukcapil setempat (KK yang sudah ada Barcodenya tidak perlu dilegalisir)
      3. Akte Kelahiran Asli dan FC yang telah dilegalisir Disdukcapil setempat (ada Barcodenya tidak perlu dilegalisir)
      4. Ijazah dan Transkip Nilai (Asli dan FC) tingkat SD,SMP,dan SMA/sederajat (ada Barcodenya tidak perlu dilegalisir)
      5. SKCK Asli dan FC yang telah dilegalisir oleh Polres setempat
      6. Pas foto berwarna sebanyak 4x6 dengan latar belakang warna merah (10 lembar)
      7. Surat persetujuan orang tua/wali (unduh di https://penerimaan.polri.go.id) dan foto copy
      8. Surat permohonan menjadi angota Polri (ditulis tangan) dan fotokopi
      9. Surat pernyataan belum pernah menikah (dan fotokopi)
      10. Daftar riwayat hidup (hasil cetak form registrasi pada saat pendaftaran online) dan fotokopi
      11. Surat perjanjian ikatan dinas pertama anggota Polri (dan fotokopi)
      12. Surat perjanjian tidak terikat perjanjian dengan instansi lain (dan fotokopi)
      13. Surat perjanjian orang tua/wali untuk memberikan keterangan dan dokumen yang sebenarnya (dan fotokopi)
      14. Surat pernyataan peserta dan orang tua/wali untuk tidak melakukan KKN dan gunakan sponsorship atau ketebelence (dan fotokopi)
      15. Surat pernyataan tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi atau paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika
      16. Surat pernyataan tidak melakukan perbuatan yang melanggar norma agama,norma kesusilaan,norma sosial, dan norma hukum
       
      Selengkapnya silahkan unduh informasi pendaftaran Akpol 2024 di https://penerimaan.polri.go.id


      Itulah serangkaian informasi tentang Telah Dibuka Pendaftaran Online Taruna/I AKPOL Tahun 2024, semoga postingan ini bermanfaat buat kita semuanya, khususnya bagi calon pelamar Akpol. 
       
      Admin doakan semoga kalian dimudahkan oleh Allah SWT dari proses pendaftaran sampai dengan proses seleksi, sehingga diterima atau lulus menjadi Taruna/Taruni Akpol. Aamiin !!!

      Sumber : http://penerimaan.polri.go.id

      Motivasi Situs! 
      Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

      Subscribe to receive free email updates: