Persiapan--Pendaftaran Online Calon Bintara Khusus Penyidik Polri 2022 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Persiapan--Pendaftaran Online Calon Bintara Khusus Penyidik Polri 2022




penerimaan.polri.go.id--2022/2023-- Pada kesempatan yang berbahagia ini admin pendaftaranmahasiswa.web.id akan membagikan berbagai informasi tentang pendaftaran/penerimaan calon bintara khusus penyidik pembantu polri, untuk kalian yang ingin mendaftar atau mempunyai cita-cita menjadi anggota bintara polri, ada beberapa syarat yang harus kalian lengkapi, baik persyaratan yang bersifat umum maupun persyaratan yang bersifat khusus atau lainnya.



Bintara adalah golongan pangkat ketentaraan dan kepolisian yang lebih rendah dari Letnan Dua / Inspektur Polisi Dua, dan lebih tinggi dari Kopral Kepala / Ajun Brigadir Polisi. Bintara merupakan tulang punggung Kesatuan atau sebagai penghubung antara Perwira dengan Tamtama atau sebaliknya. (Wikipedia;2015).

Berikut Persyaratan umum calon anggota Bintara Khusus Penyidik Pembantu 2019


Persyaratan Umum Pendaftar Khusus Penyidik
  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  4. Usia minimal 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri);
  5. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  6. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat;
  7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain persyaratan umum di atas, ada persyaratan lainnya yang harus kalian penuhi, berikut persyaratan selain persyaratan umum di atas.


Persyaratan Lain Pendaftar Khusus Penyidik
  1. Pria atau wanita belum pernah menjadi anggota Polri;
  2. Berijazah minimal S1, dengan program studi yang terakreditasi BAN-PT dan wajib melampirkan tanda lulus / ijazah yang dilegalisasi / diketahui oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik, dengan nilai rata-rata IPK minimal 2,50 (dua koma lima nol);
  3. Umur pada saat buka pendidikan Bintara_ss T.A. 2016 maksimal 26 (dua puluh enam) tahun;
  4. Tinggi badan minimal,  Pria : 160 (seratus enam puluh) Cm , dan Wanita : 155 (seratus lima puluh lima) Cm. (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) 
  5. Bagi yang memiliki prestasi di tingkat provinsi/nasional/internasional agar melampirkan sertifikat untuk dijadikan pertimbangan dalam penentuan kelulusan;
  6. Belum pernah nikah, sanggup tidak menikah/kawin selama dalam pendidikan Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu T.A. 2016, belum pernah melahirkan bagi calon siswa wanita dan belum pernah punya anak kandung/biologis bagi calon siswa pria
  7. Bersedia menjalani ikatan dinas pertama minimal selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu T.A. 2016;
  8. Memperoleh persetujuan dari orang tua / wali;
  9. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain;
  10. Mampu mengoperasionalkan komputer;
  11. Bersedia menandatangani pernyataan kesanggupan sebagai anggota Brigadir Polri;
  12. Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut : a) Pemeriksaan administrasi awal; b) Pemeriksaan kesehatan tahap I; c) Pemeriksaan dan pengujian psikologi tertulis; d) Pengujian akademik, yang meliputi : Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; e) pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Keswa); f) pengujian kesamaptaan jasmani; g) pendalaman PMK; h) pemeriksaan administrasi akhir; i) sidang terbuka lulus tingkat Panitia Daerah.



Hal-hal lain yang belum diatur dan berkaitan dengan persyaratan penerimaan bintara_ss T.A. 2016, akan diatur dalam keputusan tersendiri.

Itulah persayaratan untuk menjadi calon anggota bintara khusus penyidik Polri, baik yang bersifat umum maupun yang lainnya. Selain persyaratan berikut admin infokan tata cara pendaftaran calon bintara polri



Tata Cara  Pendaftar Khusus Penyidik
  1. Pendaftar membuka website penerimaan.polri.go.id;
  2. Tekan tombol Daftar, pilih salah satu macam seleksi;
  3. Isi Form Registrasi dengan data yang sebenarnya, catat nomor registrasi & password (untuk melakukan login, perubahan data dan cetak biodata pendaftar);
  4. Tekan tombol printer untuk mencetak biodata, yang nantinya digunakan untuk melakukan verifikasi di Polres atau Polda sebagai Panbanrim;
  5. Tekan ikon Microsoft Word untuk mengunduh berkas persyaratan.


Biaya Pendaftaran Bintara Polisi
Biaya pendaftaran untuk menjadi anggota Polri khususnya Bintara tidak dipungut biaya atau gratis.

Jadwal Pendaftaran Bintara
Pada tahun ini pendaftaran Polri (Akpol, Bintara, Bintara Khusus Penyidik, Tamtama) dilakukan secara serentak pada tanggal 05 Maret s.d 28 Maret 2019

Tahapan Seleksi Calon Bintara_ss Polri
  1. Verifikasi di Polres dan Polda selaku Panbanrim. Pendaftar melakukan verifikasi di Polres atau Polda sebagai Panbanrim dengan membawa kelengkapan berkas persyaratan. Sekaligus mengukur tinggi dan berat badan.
  2. Pemeriksaan Administrasi Awal di Polres dan Polda. Tahapan pemeriksaan Administrasi Awal di Polres dan Polda selaku Panbanrim ini merupakan lanjutan dan satu kesatuan dari tahapan verifikasi. 
  3. Penandatanganan Pakta Integritas di Polres atau Polda selaku Panbanrim. Pendaftar melakukan penandatanganan dan pengucapan Pakta Integritas di Polres dan Polda selaku Panbanrim.
  4. Pemeriksaan Administrasi Awal di Polda selaku panitia Daerah. Tahapan ini sama dengan pemeriksaan Administrasi Awal di Polres atau Polda selaku Panbanrim, yang membedakan adalah tahapan ini dilakukan di Polda.
  5. Pemeriksaan Kesehatan tahap 1. Serangkaian kegiatan pemeriksaan medis yang dilaksanakan untuk seleksi pendaftar Calon Taruna Akpol, calon siswa SIPSS, calon siswa Brigadir dan calon siswa Tamtama.
  6. Pemeriksaan Psikologi. Serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi untuk mengungkap karakteristik individu berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan, dan Tes Psikologi tingkat daerah dilaksanakan secara tertulis. Bagi pendaftar yang lulus Tingkat Daerah, pelaksanaan Tes Psikologi di Tingkat Pusat dilaksanakan dengan metode wawancara.
  7. Pemeriksaan Uji Akademik. Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh tim pemeriksa akademik terhadap pendaftar, untuk mengukur kondisi jasmani Calon TarunaAkpol, Calon SiswaSIPSS dan Calon SiswaBrigadir.
  8. Pemeriksaan Kesehatan tahap 2. Meliputi pemeriksaan kesehatan dalam dan laboratorium. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, silahkan klik link berikut ini. 
  9. Uji Kemampuan Jasmani & Pemeriksaan Anthropometri. Ujian kesamaptaan jasmani, materi yang diujikan adalah kesamaptaan A, kesamaptaan B, renang dan anthropometri.
  10. Pemeriksaan Penelusuran Mental Kepribadian. kegiatan penelusuran yang dilaksanakan secara terus menerus oleh fungsi Paminal, dengan meneliti riwayat dan latar belakang Calon, sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan kelulusan/melanjutkan pendidikan/ menjalani dinas kepolisian. 
  11. Pemeriksaan Administrasi Akhir. Ujian untuk memeriksa kelengkapan admnistrasi pendaftar tahap akhir. 
  12. Sidang Lulus Sementara Akhir. Pengumuman peserta yang lulus setelah mengikuti seleksi sampai tahap akhir. 
  13. Supervisi dari Pusat. Kunjungan dan pengecekan data administrasi selama hasil seleksi di Tingkat Daerah oleh Panitia Pusat.
  14. Sidang Penetapan Kelulusan Akhir. Pengumuman peserta yang lulus setelah mengikuti seleksi sampai tahap akhir dan terpilih untuk mengikuti pendidikan Brigadir Polisi.

Baca: Rekrutmen Polri Tips dan Trik Lulus Seleksi Polri (Tamtama,Bintara,Akpol,Sipss)

 
Untuk informasi selanjutnya mengenai pendaftaran Bintara Polisi silahkan login di website resmi pendaftaran anggota Polri atau datang langsung ke Polres, Polresta, atau datang ke alamat pendaftaran pusat di Jl. Trunojoyo. No 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 12110.

Baca juga:
  1. 6 Macam Pendaftaran Calon Polri 2022
  2. Menjadi Inspektur Polisi Melalui SIPSS Polri 2022
  3. Pendaftaran Online Taruna/I Akpol Tahun 2022
  4. Pendafdtaran Online Brigadir Polisi (Pria dan Wanita) 2022
  5. Pendaftaran Polri Khusus Tamtama Polisi TA 2022
  6. Pendaftaran Online Calon Bintara Polisi (PTU dan Polwan) 2022 

sumber : http://penerimaan.polri.go.id
Salam Sukses dari Admin, Semangat anak muda, anak muda harapan Indonesia!!!.

Subscribe to receive free email updates: