Pendaftaran Polri Khusus Tamtama Polisi TA 2019 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Pendaftaran Polri Khusus Tamtama Polisi TA 2019



penerimaan.polri.go.id--2019/2020--Tamtama adalah golongan pangkat ketentaraan dan kepolisian yang paling rendah, mulai dari Prajurit Dua / Kelasi Dua / Bhayangkara Dua sampai Kopral Kepala / Ajun Brigadir Polisi (Wikipedia)

Berikut admin pendaftaranmahasiswa.web.id/ bagikan seputar informasi tentang pendaftaran calon anggota tamtama polri tahun 2018, semoga postingan ini bermanfaat buat kita semua, khususnya bagi pelamar calon anggota tamtama. Berikut pertama admin bagikan informasi tentang persyaratan menjadi calon anggota tamtama polri. 

Adapaun persyaratan untuk menjadi anggota tamtama adalah persyaratan yang bersifat umum dan persyaratan lainnya, berikut pembahasannya.

A). Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  4. Pendidikan paling rendah SMU / SMA / Madrasah Aliyah / SMK;
  5. Usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri);
  6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat;
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  9. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.

B). Persyaratan Lain

  1. Pria bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. Berijazah serendah-rendahnya SMA/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS (bukan lulusan Paket A dan B)  atau SMK yang sesuai dengan kompetensi tugas Polri (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan kriteria lulus
  3. Bagi yang masih duduk di kelas XII SMU/MA dan SMK menggunakan nilai rata-rata raport semester 1 setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyaratan butir a
  4. Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Tamtama Brimob dan Polair T.A. 2017, minimal 17 tahun 8 bulan (maksimal lahir Januari 2000) dan maksimal 22 tahun (minimal lahir Juli 1995)
  5. Tinggi badan minimal 165 cm,  khusus etnis Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 163 cm
  6. Memiliki kemampuan fisik yang baik dan wajib bisa berenang
  7. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat
  8. Bebas narkoba dengan menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah (RS Pemerintah atau Klinik BNN/BNP/BNK)
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian dengan prioritas pada Polda yang memerlukan penguatan sumber daya manusia dan dalam rangka pembentukan Polda baru
  10. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud
  11. Melampirkan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan surat keterangan domisili dari Lurah/Kades setempat dengan diketahui oleh Kapolsek
  12. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Tamtama  Brimob dan Polair, ditambah 1 (satu) tahun setelah lulus serta belum pernah punya anak kandung/biologis bagi Casis pria
  13. Bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi Tamtama Polri
  14. Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali
  15. Tidak terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain
  16. Mengikuti dan lulus pemeriksaan / pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan giat sebagai berikut : Pemeriksaan administrasi awal, Pemeriksaan kesehatan tahap I, Pemeriksaan dan ujian psikologi tertulis, Pengujian Akademik, Pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Kesehatan Jiwa), Ujian kesamaptaan jasmani. Pendalaman PMK (Penelusuran Mental Kepribadian), Pemeriksaan administrasi akhir, Kegiatan supervisi di tingkat daerah oleh tim supervisi Panitia Pusat, Sidang terbuka kelulusan akhir.
Itulah persyaratan yang harus kalian penuhi, apabila berkeinginan atau mempunyai cita-cita menjadi angggota tamtama bromob polri. berikut admin infokan tata cara pendaftaran online pendaftaran tamtama brimob polri.

C). Tata Cara Pendaftaran Tamtama

  1. Pendaftar membuka website penerimaan.polri.go.id
  2. Tekan tombol Daftar, pilih Menu Tamtama
  3. Isi Form Registrasi dengan data yang sebenarnya, catat nomor registrasi & password (untuk melakukan login, perubahan data dan cetak biodata pendaftar);
  4. Tekan tombol printer untuk mencetak biodata, yang nantinya digunakan untuk melakukan verifikasi di Polres atau Polda sebagai Panbanrim;
  5. Tekan ikon Microsoft Word untuk mengunduh berkas persyaratan.





D). Biaya Pendaftaran Tamtama Polisi

Biaya pendaftaran untuk menjadi anggota Polri khususnya Bintara tidak dipungut biaya atau gratis.

E). Jadwal Pendaftaran Tamtama Polisi 2018

  1. Pendaftaran Online dan Verifikasi Tanggal 26 Maret s.d 11 April 2018
  2. Ukur Tinggi dan Berat Badan Tanggal 26 Maret s.d 11 April 2018
  3. Giat Verifikasi Tanggal 26 Maret s.d 12 April 2018
  4. Penandatanganan Pakta Integritas
  5. Pengukuran Rikmin Awal, Ukur Tinggi dan Berat Tanggal 03 s.d 15 April 2018
  6. Pemeriksaan Psikologi Tahap I dan Pengumuman Tanggal 19 April 2018
  7. Pemeriksaan Kesehatan Tahap I dan Pengumuman 05 s.d 07 Mei 2018
  8. Uji Kemampuan Jasmani, Anthropometri dan Pengumuman Tanggal 15 s.d 16 Mei 2018
  9. Uji Akademik dan Pengumuman Tanggal 22 s.d 23 Mei 2018
  10. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II dan Pengumuman Tanggal 30 s.d 31 Mei 2018
  11. Pemeriksaan Psikologi Tahap II dan Pendalaman PMK serta Pengumuman Tanggal 11 s.d 12 Juni 2018
  12. Pemeriksaan Administrasi Akhir dan Pengumuman Tanggal 20 s.d 23 Juni 2018
  13. Supervisi Bintara dan Tamtama Serta Pengumuman Tanggal 25 s.d 28 Juni 2018
  14. Sidang Lulus Sementara Tanggal 25 Juni 2018
  15. Sidang Kelulusan Akhir Tanggal 29 Juni 2018
  16. Pembukaan Pendidikan 02 Juli 2018

 

F). Tahapan Seleksi

  1. Verifikasi di Polres dan Polda selaku Panbanrim. Pendaftar melakukan verifikasi di Polres atau Polda sebagai Panbanrim dengan membawa kelengkapan berkas persyaratan. Sekaligus mengukur tinggi dan berat badan.
  2. Pemeriksaan Administrasi Awal di Polres dan Polda. Tahapan pemeriksaan Administrasi Awal di Polres dan Polda selaku Panbanrim ini merupakan lanjutan dan satu kesatuan dari tahapan verifikasi.
  3. Penandatanganan Pakta Integritas di Polres atau Polda selaku Panbanrim. Pendaftar melakukan penandatanganan dan pengucapan Pakta Integritas di Polres dan Polda selaku Panbanrim.
  4. Pemeriksaan Administrasi Awal di Polda selaku panitia Daerah. Tahapan ini sama dengan pemeriksaan Administrasi Awal di Polres atau Polda selaku Panbanrim, yang membedakan adalah tahapan ini dilakukan di Polda.
  5. Pemeriksaan Kesehatan tahap 1.Serangkaian kegiatan pemeriksaan medis yang dilaksanakan untuk seleksi pendaftar Calon Taruna Akpol, calon siswa SIPSS, calon siswa Brigadir dan calon siswa Tamtama.
  6. Pemeriksaan Psikologi. Serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi untuk mengungkap karakteristik individu berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan, dan Tes Psikologi tingkat daerah dilaksanakan secara tertulis. Bagi pendaftar yang lulus Tingkat Daerah, pelaksanaan Tes Psikologi di Tingkat Pusat dilaksanakan dengan metode wawancara.
  7. Pemeriksaan Uji Akademik. Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh tim pemeriksa akademik terhadap pendaftar, untuk mengukur kondisi jasmani Calon Taruna Akpol, Calon Siswa SIPSS dan Calon Siswa Brigadir.
  8. Pemeriksaan Kesehatan tahap 2. Meliputi pemeriksaan kesehatan dalam dan laboratorium. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, silahkan klik link berikut ini. 
  9. Uji Kemampuan Jasmani & Pemeriksaan Anthropometri. Ujian kesamaptaan jasmani, materi yang diujikan adalah kesamaptaan A, kesamaptaan B, renang dan anthropometri.
  10. Pemeriksaan Penelusuran Mental Kepribadian. Kegiatan penelusuran yang dilaksanakan secara terus menerus oleh fungsi Paminal, dengan meneliti riwayat dan latar belakang Calon, sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan kelulusan/melanjutkan pendidikan/ menjalani dinas kepolisian.
  11. Pemeriksaan Administrasi Akhir. Ujian untuk memeriksa kelengkapan admnistrasi pendaftar tahap akhir.
  12. Sidang Lulus Sementara Akhir. Pengumuman peserta yang lulus setelah mengikuti seleksi sampai tahap akhir.
  13. Supervisi dari Pusat. Kunjungan dan pengecekan data administrasi selama hasil seleksi di Tingkat Daerah oleh Panitia Pusat.
  14. Sidang Penetapan Kelulusan Akhir. Pengumuman peserta yang lulus setelah mengikuti seleksi sampai tahap akhir dan terpilih untuk mengikuti pendidikan Brigadir Polisi.


Untuk informasi selanjutnya mengenai pendaftaran Bintara Polisi silahkan login di website resmi pendaftaran anggota Polri atau datang langsung ke Polres, Polresta, atau datang ke alamat pendaftaran pusat di Jl. Trunojoyo. No 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 12110.

Admin doakan semoga dari awal pendaftaran sampai akhir seleksi kalian semuanya dipermudahkan oleh Allah SWT, sehingga kalian diterima menjadi anggota tamtama brimob. Admin berpesan jangan lupa berdoa  dan berusaha untuk mengejar cita-citamu,serta minta doa restu orang tua. 

Sumber http://penerimaan.polri.go.id
Semangat Anak Muda, Kejar Cita-Citamu, Anak Muda Harapan Dunia.

Subscribe to receive free email updates: