Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2020/2021 - PENDAFTARAN MAHASISWA
Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya COVID-19, sebagian besar penerimaan diundur pendaftaran dan seleksinya. Maka dari itu silahkan buka laman resmi masing-masing sumber penerimaan yang tertera pada setiap informasi dibagian akhir artikel. Terimakasih

Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2020/2021


www.pendaftaranmahasiswa.web.id--https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/--2020/2021--Bagi lulusan SMA/sederajat yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi namun berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat melakukan Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2020/2021.

Pada tahun sebelumnya bahwa calon mahasiswa baru dapat mendaftar program bantuan biaya pendidikan Bidikmisi, pada tahun ini Bidikmisi telah berubah menjadi KIP-Kuliah.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi anak sekolah berusia 6 s.d 21 tahun yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Dilansir dari laman Wikipedia bahwa Kartu Indonesia Pintar merupakan bentuk pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) yang menjadi program unggulan Presiden Joko Widodo. Kartu ini diresmikan bersamaan dengan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtera pada 3 November 2014.

A. Keunggulan KIP Kuliah

  1. Jumlah penerima lebih dari 400.000 lebih banyak dari jalur Bidikmisi (130.000 tahun 2019)
  2. Lebih banyak akses pada pendidikan vokasi
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi
  4. Terbagi dalam 2 kelompok (KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi)
  5. KIP Kuliah Afirmasi meliputi:  Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T

Bagi yang akan melakukan Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2020/2021 silahkan ikuti alur pendaftaran berikut ini. Namun sebelum melakukan pendaftaran untuk mempersiapkan berkas persyaratan KIP Kuliah terlebiha berikut ini.

B. Syarat Pendaftaran KIP-Kuliah

  1. Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2018,2019, dan 2020
  2. Memiliki NISN, NPSN, dan NIK
  3. Memiliki potensi akademik yang tinggi tetapi berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi (dibuktikan dengan dokumen yang sah)
  4. Bagi siswa SMA/sederajat lulusan tahun berjalan memiliki potensi akademik yang baik dan memiliki Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera
  5. Lulus seleksi pada PTN atau PTS pada prodi (akreditasi A atau B),dan memungkinkan prodi dengan akreditasi C tetapi dengan pertimbangan tertentu.
Selanjutnya apabila memenuhi persyaratan untuk mendaftar KIP-Kuliah seperti di atas, silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti alur pendaftaran di bawah ini.

C. Cara Pendaftaran Online KIP-Kuliah.

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dilakukan secara online. Adapun tahapan pendaftaran KIP Kuliah adalah sebagai berikut.
  1. Login di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id 
  2. Silahkan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Email (yang masih aktif)
  3. Sistem akan memvalidasi NIK, NISN, dan NPSN. Selain itu sistem akan memvalidasi apakah layak atau tidak menerima KIP-Kuliah.
    Sistem KIP-Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses kealamat email yang telah didaftarkan
  4. Login kembali di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id (menggunaan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses)
  5. Lengkapi proses pendaftaran dan pilih jalur seleksi (SNMPTN/ SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri)
  6. Selanjutnya lakukan proses pendaftaran di Portal masing-masing jalur seleksi yang dipilih
Secara singkat pendaftaran KIP-Kuliah seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar Alur Pendaftaran KIP-Kuliah

Perlu diketahui apabila sistem pendaftaran KIP-Kuliah belum dibuka silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu pada portal seleksi (seperti SNMPTN dan lainnya). Proses sinkronisasi akan dilakukan kemudian melalui skema host-to-host.

Selain itu bagi calon penerima KIP-Kuliah yang telah dinyatakan lulus/diterima di Perguruan Tinggi dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi penerima sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah.

D. Fasilitas KIP-Kuliah

Selanjutnya apabila mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah ini, maka akan mendapatkan fasilitas program KIP-Kuliah yang meliputi:
  1. Gratis biaya pendaftaran
  2. Bebas biaya pendaftaran jalur seleksi SBMPTN 2020 serta jalur seleksi lain yang ditetapkan masing-masing panitia dan Perguruan Tinggi.
  3. Penggantian biaya perjalanan/kedatangan pertama sesuai dengan perundang-undangan
  4. Bebas biaya pendidikan diperguruan tinggi
  5. Subsidi biaya hidup sebesar Rp.700.000/bulan (disesuaikan pertimbangan masing-masing wilayah) 

E. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah

  1. Pendaftaran Akun Siswa tanggal 26 Februarai s.d 31 Oktober 2020
  2. Pendaftaran KIP-Kuliah Jalur SNMPTN tanggal 02 Maret 2020 s.d 31 Maret 2020
  3. Pendaftaran KIP-Kuliah Jalur SNMPN tanggal 25 Februari s.d 13 Maret 2020

Itulah informasi tentang Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2020/2021. Silahkan lengkapi persyaratan dan lakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal pendaftaran yang telah ditentukan.

Semoga kalian semuanya dapat diterima menjadi calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi sesuai dengan Prodi pilihan masing-masing dengan prestasi yang membanggakan. Aamiin!!!.

Sumber: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!

Subscribe to receive free email updates:

Pendaftaran "Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2020/2021"