Persyaratan Masuk 10 Sekolah Ikatan Dinas/Kedinasan TA 2020/2021 - PENDAFTARAN MAHASISWA
Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya COVID-19, sebagian besar penerimaan diundur pendaftaran dan seleksinya. Maka dari itu silahkan buka laman resmi masing-masing sumber penerimaan yang tertera pada setiap informasi dibagian akhir artikel. Terimakasih

Persyaratan Masuk 10 Sekolah Ikatan Dinas/Kedinasan TA 2020/2021


pendaftaranmahasiswa.web.id--2020/2021--Pada artikel ini akan diberikan informasi penting seputar Sekolah Ikatan Dinas, khususnya informasi tentang persyaratan masuk di sekolah Ikatan Dinas atau Kedinasan.

Hal pertama yang harus kita persiapkan untuk mendaftar menjadi calon mahasiswa atau taruna di Sekolah Ikatan dinas adalah syarat-syarat pendaftaran.

Ada syarat pendaftaran yang bersifat umum, syarat pendaftaran akademik, maupun syarat khusus untuk sekolah ikatan dinas lainnya.

Pendaftaran Sekolah Ikatan Kedinasan masih menjadi prioritas utama bagi lulusan SMA/sederajat dalam mencapai profesi yang diinginkan.

Tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas, pertama adalah melakukan pendaftaran di Portal SSCN yaitu di sscndikdin.bkn.go.id. Selanjutnya melakukan pendaftaran di portal masing-masing sekolah Ikatan Dinas


Banyak sekali sekolah ikatan dinas yang menerima calon mahasiswa baru pada tahun ini. Bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang Persyaratan Masuk Sekolah Ikatan Dinas TA 2020/2021. Berikut kami berikan informasi penting tentang persyaratan tersebut.

1. Persyaratan Pendaftaran PKN STAN


Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah Kementerian Keuangan.

a. Persyaratan Umum
  1. Lulusan SMA/Sederajat tahun 2018 dan sebelumnya atau akan lulus tahun 2019
  2. Memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah minimal 70,00 bagi lulusan tahun 2018 dan sebelumnya
  3. Bagi pelamar yang akan lulus tahun 2019 memiliki minimal nilai rata-rata raport kelas X dan XI semester 1 dan 2 dan kelas XII semester 1 dengan minimal rata-rata 70,00 (skala 100) atau 2,80 (Skala 4,00)
  4. Bagi pelamar yang akan lulus tahun 2019 apabila diterima maka wajib untuk lulus SMA/sederajat dan saat daftar ulang melampirkan nilai rata-rata ujian yang tertulis di ijazah dengan nilai minimal 70,00
  5. Maksimal berusia 20 tahun pada tanggal 01 September 2019.
  6. Minimal berusia 17 tahun bagi yang mendaftar program Spesialisasi Diploma I, dan minimal 15 tahun bagi pendaftar Spesialisasi Diploma III
  7. Bebas dari napza (narkotika,psikotropika,dan zat aditif lainnya)
  8. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama menempuh pendidikan
  9. Belum pernah terdaftar sebagai mahasiswa STAN 
  10. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)
  11. Berbadan sehat
b. Kriteria berbadan sehat adalah:
  1. Mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik
  2. Mampu melaksanakan tugas seperti menganalisa, mengetik, berdiskusi, dan mampu menyampaikan buah pikiran
  3. Mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau menggunakan alat bantu berjalan kecuali kursi roda

c. Syarat Tambahan Pendaftar Program Studi kepabeanan dan cukai
  1. Minimal memiliki tinggi 165 cm (laki-laki) dan 155 cm (perempuan) pendaftarn jenjang Diploma I
  2. Bagi yang mengambil Diploma III harus laki-laki dengan minimal tinggi badan 165 cm
  3. Tidak memiliki cacat badan/Tidak buta warna
  4. Tidak melebihi ukuran 2 dioptri bagi yang menggunakan kacamata/lensa

d. Syarat Tambahan Pendaftar Program Afirmasi
  1. Program Afirmasi dikhususkan bagi pelamar dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur
  2. Dicalonkan oleh SMA/sederajat dengan syarat 1 Sekolah hanya mendaftarkan 1 siswa terbaiknya
  3. Lulusan SD/Sederajat, SMP/Sederajat di wilayah pada poin 1, atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah dan ibu kandung) asli pada wilayah pada poin 1
 Artikel ini sudah terbit dengan judul: Pendaftaran STAN 2020 Dibuka, Segera Daftarkan Diri


2. Syarat-Syarat Pendaftaran STIS

Apabila kalian akan mendaftar menjadi calon mahasiswa baru di STIS melalui jalur Ikatan Dinas silahkan lengkapi persyaratan berikut ini.
  1. Sehat Jasmani dan Rohani
  2. Bebas Narkoba
  3. Tidak Buta Warna (total maupun parsial), bagi yang menggunakan kaca mata (rabun jauh/dekat) batas toleransi di bawah ukuran 6 dioptri
  4. Lulusan SMA/MA (Peminatan MIPA/IPS) dapat mengambil semua Program Studi, dan SMK/MAK (Peminatan Teknik Komputer dan Informatika) khusu pada Program Studi Komputansi Statistik DIV)
  5. Minimal memiliki nilai matematika dan bahasa inggris 80,00 (skala 1-100) atau minimal 3,20 (skala 1- 4,00) pada Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi yang belum memiliki ijazah
  6. Minimal berumur 16 Tahun dan Maksimal 22 Tahun, per 1 September 2020
  7. Belum pernah menikah dan siap untuk tidak menikah selama pendidikan di STIS sampai pengangkatan PNS
  8. Tidak menyandang status Ikatan Dinas dengan Instansi lain
  9. Siap mematuhi semua peraturan di STIS
  10. Menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus dan mengikuti pendidikan di STIS
  11. Setelah lulus pendidikan siap untuk ditugaskan di unit Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi Lainnya diseluruh wilayah Indonesia sampai pada tingkat Kabupaten/Kota

Persyaratan Khusus Program DIII
  • Berdomisili pada Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara
  • Domisili dibuktikan dengan kartu keluarga/KK
 Artikel ini telah terbit dengan judul: Pendaftaran Online Politeknik STIS TA 2020/2021


3. Persyaratan Pendaftaran IPDN Tahun 2020

Ada beberapa persyaratan yang harus kalian lengkapi saat pendaftaran IPDN.
Adapaun persyaratan pendaftaran disini ada yang bersifat umum, khusus, dan persyaratan administrasi.

Ketiga persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Persyaratan Umum IPDN 2020/2021
  1. WNI
  2. Minimal berusia 16 tahun dan maksimal 21 tahun per tanggal 31 Desember 2020
  3. Minimal memiliki tinggi badan 160 cm (pria) dan 155 cm wanita
2. Persyaratan Khusus IPDN 2020
  1. Tidak pernah melakukan kejahatan yang terancam hukuman pidana atau sedang menjalani hukuman pidana
  2. Tidak bertindik atau memiliki bekas tindik bagi pelamar pria (kecuali memiliki ketentuan agama / adat)
  3. Tidak memiliki tato atau bekas tato di anggota tubuh
  4. Tidak ada gangguan terhadap penglihatan / mata (tidak diperkenankan menggunakan kacamata / softlen)
  5. Belum pernah menikah/kawin dan khusus pendaftar wanita belum pernah hamil atau melahirkan
  6. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat dari praja IPDN atau perguruan tinggi lainnya
  7. Siap untuk tidak menikah selama menjalani pendidikan
  8. Siap diangkat sebagai PNS/CPNS dan siap ditugaskan diseluruh wilayah NKRI
  9. Siap ditempatkan pada proses pembelajaran diseluruh kampus IPDN
  10. Siap menjalani peraturan yang berlaku di IPDN
  11. Jika melakukan tindakan yang melanggar hukum seperti tindakan kriminal,mengkonsumsi dan/atau menjual belikan narkoba,perkelahian,pemukulan,pengeroyokan,menyebarkan paham radikalisme, melakukan tindakan asusial/penyimpangan seksual (LGBT), maka bersedia untuk diberhentikan sebagai Praja IPDN
  12. Jika terbukti melakukan pemalsuan identitas /dokumen pendaftaran atau persyaratan tidak memenuhi maka dianggap gugur dan siap dipulangkan dengan ketentuan biaya bukan tanggung jawab IPDN
Point 7 s.d 11 khusus bagi yang diterima menjadi Praja IPDN

3. Persyaratan Adminitrasi Pendaftar IPDN 2020/2021
  1. Lulusan SMA/MA/Paket C
  2. Bagi lulusan tahun 2017 sampai dengan 2020 memiliki nilai rata-rata minimal 70,00 untuk masing-masing Nilai Rata-Rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah
  3. Bagi pelamar yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat memiliki nilai rata-rata Ijazah minimal 65,00 untuk masing-masing Nilai rata-rata Rapor dan rata-rata nilai Ujian Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2017 sampai dengan 2020
  4. Memiliki KTP elektronik bagi yang berusia di atas 17 tahun, atau dapat menggunakan Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP elektronik.
  5. Bagi yang belum memiliki KTP elektronik dan KK dapat menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP elektronik dengan NIK yang sama pada saat pendaftaran online
  6. Bagi siswa SMA/MA tahun ajaran 2019/2020 menyertakan Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang.
  7. Memiliki Pas Poto terbaru dan alamat e-mail yang masih aktif
  8. Melampirkan Surat Ketarangan Orang Asli Papua (OAP) bagi peserta OAP yang telah ditandatangani oleh BKD Kabupaten/Kota masing dan mengetahui Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP)
 Artikel ini telah terbit dengan judul: Pendaftaran Calon Praja IPDN 2020/2021


4. Persyaratan Pendaftaran AKA Bogor


Syarat-Syarat Pendaftaran Jalur Undangan
  1. Sebelum mendaftar silahkan konfirmasi terlebih dahulu melalui pihak sekolah, (karena tidak menerima pendaftaran perorangan tetapi harus melalui sekolah)
  2. Tercatat aktif sebagai siswa semester akhir tahun 2020
  3. Melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah
  4. Melakukan registrasi online di pmb.aka.ac.id (hasil isian formulir online dicetak dan dilampirkan)
  5. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) di Bank BNI dengan no rek 0325128740 a.n RPL 023 Politeknik AKA Bogor (jika menggunakan ATM nama penerimanya "Rekening Operasional)
  6. Input secara online nilai rapor dari semester 1 s.d semester 5 di  pmb.aka.ac.id  (jika ada nilai praktek/teori, wajib/peminatan, silahkan nilainya dirata-rata)
b. Syarat-Syarat Pendaftaran Seleksi Rapor
  1. Tercatat aktif sebagai siswa semester akhir tahun 2020
  2. Lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK yang dalam struktur kurikulum terdapat mata pelajaran Kimia.
  3. Melakukan registrasi online di pmb.aka.ac.id
  4. Membayar biaya pendaftaran 
  5. Mengiput nilai rapor
  6. Mengirimkan berkas ke AKA Bogor
c. Syarat-Syarat Pendaftaran Ujian Tulis
  1. Pendaftaran dibuka untuk umum SMA/Sederajat jurusan IPA atau SMK yang ada mata pelajaran Kimia
  2. Pendaftar lulusan di bawah tahun 2020 diperbolehkan untuk mendaftar
  3. Mengisi formulir pendaftaran di pmb.aka.ac.id
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 di Bank BNI dengan no rek 0325128740 a.n RPL 023 Politeknik AKA Bogor
  5. Melampirkan pas poto  1 lembar ukuran 4x6 dan 3x4  (ketentuan: Background foto berwarna merah dan belakang foto ditulis nama dan asal sekolah)
  6. Mengikuti Ujian Tulis di Kampus AKA Bogor
Artikel ini telah terbit dengan judul: Telah Dibuka Pendaftaran Aka Bogor TA 2020/2021, Daftarkan Segera


5. Persyaratan Pendaftaran STSN


Persyaratan Umum  Pendaftaran STSN
  1. WNI
  2. Pria dan Wanita
  3. Siswa kelas XII atau lulusan :
    • SMA/MA Jurusan IPA;atau
    • SMK Jurusan Elektro Industri;atau
    • SMK Jurusan TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi:
      • Rekayasa Perangkat Lunak
      • Teknik Komputer dan Jaringan
      • Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi
      • Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi
  4. Minimal nilai untuk Matematika dan Bahasa Inggris (baik teori/pengetahuan/wajib) masing-masing 80 untuk semester IV dan V
  5. Minimal berusia 17 tahun dan maksimal 21 tahun, per tanggal 31 Desember 2020
  6. Sehat jasmani dan rohani
  7. Tidak buta warna
  8. Tidak cacat fisik dan mental
  9. Tidak bertato atau memiliki bekas tato
  10. Tidak bertindik atau memiliki bekas tindik
  11. Tidak bertindik atau memiliki bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga (khusus wanita)
  12. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan di STSN
  13. Tidak pernah putus studi/drop out (DO) dari STSN atau sekolah kedinasan lainnya
  14. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain
  15. Siap mengikuti aturan di STSN dan siap menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas
  16. Membayar biaya pelaksanaan seleksi sebesar Rp.50.000,-(lima puluh ribu rupiah)

Persyaratan Administrasi
  1. Surat lamaran ditulis tangan tinta hitam bermaterai Rp.6.000 yang ditujukan ke Ketua STSN (contoh surat lamaran silahkan unduh disini)
  2. Asli dan FC rapor semester IV dan V beserta lembar identitas pada rapor yang telah dilegalisir dan ditandatangani Kepala Sekolah
  3. Asli Surat keterangan asli konversi nilai rapor skala 0 - 100 yang telah dilegalisir dan ditandatangai Kepala Sekolah (Jika nilai rapor menggunakan skala huruf)
  4. Asli dan FC Ijazah dan Transkip nilai UN yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah
  5. Surat Keterangan Asli bahwa peserta UN yang telah ditandatangani oleh Kepala Sekolah (Bagi pelamar kelas XII)
  6. Melampirkan SKCK Asli dari Polsek setempat
  7. Melampirkan surat pernyataan asli bahwa siap untuk tidak menikah selama pendidikan yang ditandatangani pelamar dan diketahui oleh orang tua/wali (bermaterai Rp.6.000, contoh surat pernyataan silahkan unduh disini)
  8. Melampirkan surat keterangan berbadan sehat dari rumah sakit/puskesmas setempat (Asli)
  9. Melampirkan surat keterangan belum menikah dari Kepala desa/kelurahan (Asli)
  10. Melampirkan Asli dan FC KTP/SIM/Kartu Pelajar
  11. Melampirkan FC Kartu Keluarga (Asli)
  12. Melampirkan pas poto terbaru (tiga bulan terakhir) dengan ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar dengan latar poto berwarna merah
  13. Foto masing-masing ukuran 4R Fullbody terbaru tampak Depan, Samping, dan Belakang, dengan ketentuan:
    • Laki-laki: Menggunakan kaos lengan pendek putih dan celana pendek warna gelap di atas lutut, tanpa alas kaki
    • Perempuan : Menggunakan kaos olahraga lengan panjang dan celana olahraga lengan panjang, tanpa alas kaki
Artikel ini sudah terbit dengan judul: Pendaftaran Online Mahasiswa Baru STSN TA 2020/2021

 6. Persyaratan Pendaftaran PTB STMKG


Syarat Umum Pendaftaran
  1. Pria/Wanita
  2. WNI
  3. Sehat Jasmani dan rohani
  4. Tidak Buta Warna
  5. Berkacamata maksimal minus 2 spheris dan tidak silinder
  6. Minimal berusia 16 tahun dan maksimal 21 tahun
  7. Belum pernah menikah dan siap tidak menikah selama pendidikan
  8. Bebas dari obat-obatan terlarang dengan melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari rumah sakit pemerintah setempat
  9. Minimal memiliki tinggi badan 163 cm (Pria) dan 155 cm (Wanita) dengan berat badan ideal
  10. Siap bekerja di Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika diseluruh Wilayah NKRI apabila lulus dari pendidikan

Syarat Akademik
  1. Lulusan/akan lulus satuan pendidikan SMA/MA Jurusan IPA, atau SMK pada keahlian Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputerdan Jaringan;
  2. Lulusan SMK pada poin 1 hanya dapat memilih Program Studi lnstrumentasi, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG);
  3. Minimal nilai Ijazah pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris 70 untuk skala 100 (Bagi yang lulus sebelum tahun 2019)
  4. Bagi yang belum memiliki ijazah atau yang akan lulus tahun 2020 memiliki nilai rapor pada semester 3, 4, dan 5 pada mata pelajaran Fisika,Matematika,dan Bahasa Inggris masing-masing 70 untuk skala 100

Syarat Diterima
  1. Memenuhi persyaratan umum (poin A) dan pesyaratan akademik (poin B)
  2. Lulus Ujian Nasional pada satuan pendidikan SMA/MA/SMK
  3. Memiliki Ijazah SMA/MA/SMK
  4. Lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  5. Lulus Tes Akademik (Fisika,Matematika,dan Bahasa Inggris)
  6. Lulus Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan
Artikel ini sudah terbit dengan judul: Pendaftaran Online PTB STMKG Tahun 2020/2021

7. Syarat-Syarat Pendaftaran STTD

Adapun persyaratan pendaftaran STTD Tahun Ajaran 2020/2021  adalah sebagai berikut
  1. WNI
  2. Maksimal berusia 23 tahun dan minimal berusia 16 tahun per tanggal 1 September 2020
  3. Persyaratan nilai Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan (bukan hasil pembulatan).
    • Minimal memiliki nilai rata-rata ujian pada ijazah 7,0 (skala 1-10) atau 70,00 (skala 10-100) atau 2,8 (skala 1-4), (Bagi pendaftar lulusan tahun 2019)
    • Bagi lulusan tahun 2019 dan sebelumnya apabila nilai rata-rata pada Ijazah menggunakan skala 1-10 atau skala 1-4 diwajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut pada skala 10-100 dengan melampirkan Surat Keterangan dari sekolah asal yang ditandatangani Kepala Sekolah (cara konversi lihat panduan)
    • Minimal memiliki nilai rata-rata rapor 70,00 (skala 10-100) pada komponen Pengetahuan 5 semester yaitu kelas X, XI (semester ganjil dan genap), dan kelas XII (semester ganjil), dengan syarat apabila diterima pendaftar tersebut dinyatakan lulus SMA/sederajat dan saat pendaftaran ulang menunjukan Ijazah kelulusan, (Bagi pendaftar lulusan tahun 2020)
    • Melampirkan surat penyetaraan/persamaan Ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Bagi lulusan luar negeri/ijazah bahasa asing)
  4. Tinggi badan untuk Pria minimal 160 cm dan Wanita minimal 155 cm
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, dan bebas narkoba
  6. Bagi calon taruna: Tidak bertato atau memiliki bekas tato, tidak bertindik atau memiliki bekas tindik pada telinganya atau anggota badan lainnya kecuali disebabkan oleh ketentuan agama/adat (melampirkan surat keterangan dari pemuka agama/adat)
  7. Bagi calon taruni: Tidak bertato atau memiliki bekas tato, tidak bertindik atau memiliki bekas tindik pada anggota badan lainnya kecuali telinga tidak lebih dari 1 pasang (telinga kanan dan kiri)
  8. Tidak ada kelainan buta warna pada penglihatan baik parsial maupun total (ketajaman penglihatan normal)
  9. Tidak sedang menjalani hukuman atau terancam hukuman pidanan karena melakukan tindak kejahatan
  10. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat dan/atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan
  11. Bersedia mentaati segala peraturan pada Pola Pembibitan
  12. Siap diberhentikan secara tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal diantaranya mengkonsumsi dan atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindakan kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan), melakukan tindakan asusial atau penyimpangan seksual
  13. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan dokumen/identitas
  14. Membayar biaya pendaftaran
  15. Siap menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni bermaterai Rp. 6000)
  16. Bersedia mengikuti pendidikan di kampus yang ditentukan oleh PTDI-STTD sesuai dengan program studi yang dipilih
  17. Memiliki Surat Elektronik/e-mail dan nomor telepon yang masih aktif dan valid

Persyaratan Program Studi Transportasi Darat (DIV)
  1. SMA/MA Jurusan IPA, dan
  2. SMK Jurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Elektronika, Teknik Otomotif, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Konstruksi dan Properti.
Persyaratan Program Studi Manajemen Transportasi Jalan (DIII)
  1. SMA/MA Jurusan IPA, dan
  2. SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknin Bangunan, Teknik Industri, Teknik Survei Dan Pemetaan, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer & Informatika, Teknik Ketenagalistrikan
Persyaratan Program Studi Perkeretaapian (DIII)
  1. SMA/MA Jurusan IPA, dan
  2. SMK Jurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Elektronika, Teknik Otomotif, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Konstruksi dan Properti.
    Artikel ini sudah terbit dengan judul: Pendaftaran Calon Taruna STTD TA 2020/2021

    8.  Persyaratan Pendaftaran STIN


    Persyaratan Umum Pendaftaran
    1. Pria/Wanita
    2. WNI
    3. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    4. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
    5. Berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat tindak pidana
    6. Serendah-rendahnya berijazah SMA/MA/SMK/Sederajat (bukan lulusan paket A,B, dan C) dengan ketentuan:
      • Minimal nilai rata-rata ijazah 70 (lulusan tahun 2018 & 2019)
      • Minimal nilai rata-rata rapor semester 1 s.d semester 5 70 (lulusan tahun 2020)
    7. Belum menikah dan bersedia tidak menikah terlebih dahulu selama pendidikan
    8. Bagi wanita belum pernah melahirkan, dan bagi pria belum pernah punya anak biologis
    9. Tidak bertato atau memiliki bekas tato dan bertindik pada bagian tubuh yang tidak lazim (Wanita)
    10. Tidak bertato atau memiliki bekas tato dan bertindik pada bagian tubuh manapun (Pria)
    11. Sehat jasmani maupun rohani & tidak pernah mengalami patah tulang
    12. Bagi yang berkacamata dengan ketentuan maksimal 1 + (plus) atau - (minus)
    13. Tidak buta warna
    14. Minimal memiliki tinggi badan 165 cm (laki-laki), dan minimal 155 cm (perempuan), dengan berat badan ideal
    15. Minimal berusia 16 tahun dan maksimal berusia 21 tahun, per tanggal 31 Desember 2020 (dibuktikan dengan Akte/Surat Kelahiran)
    16. Melampirkan surat pernyataan persetujuan orang tua/wali 
    17. Seleksi taruna/taruni STIN (gratis/tidak dipungut biaya) kecuali biaya mengikuti SKD

    9.  Persyaratan Pendaftaran PEM-Akamigas

    A. Persyaratan Jalur Umum

    Persyaratan Umum (Administrasi)

    1. Lulusan SMA/MA (IPA) atau SMK (Teknik) bagi yang mendaftar program lulusan SLA
    2. Lulusan Diploma bagi yang mendaftar program alih jenjang
    3. Memiliki nilai rapor SLA semester 1-5, dengan minimal nilainya 70 (Matematika & Bahasa Inggris)
    4. Melampirkan FC sertifikat kejuaraan (tingkat Kota/Kab/Prov/Nasional/Internasional dan/atau sertifikat kompetensi (bila ada)
    5. Sehat jasmani dan rohani
    6. Tidak buta warna (parsial maupun total)dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter dari Instansi Pemerintah
    7. Minimal memiliki tinggi badan 160cm (pria) dan 155cm (wanita)
    8. Melampirkan FC Kartu Keluarga (KK)/ Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    9. Melampirkan surat keterangan bebas narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah/Kepolisian/BNN
    10. Melampirkan FC kartu keanggotaan BPJS yang masih berlaku (disertakan jika dinyatakan lulus ujian tulis mandiri)
    11. Melakukan pendaftaran di http://pmb.akamigas.ac.id
    Persyaratan Khusus Program Lulusan SLA
    1. Belum pernah menikah
    2. Maksimal berusia 21 tahun saat pendaftaran
    3. Lulusan SMA/sederajat tahun 2020 s.d 2018
    4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
    5. Diutamakan lulusan 25% terbaik atau peringkat 1 - 10 selama semester terakhir di kelas (dibuktikan surat ketarangan dari kepala sekolah/pimpinan sekolah)
    6. Mencantumkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang meliputi: TPS,Matematika Saintek,Fisika,dan Kimia (bagi lulusan 2019 dan 2020)
    7. Mencantumkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang meliputi: TPS,Matematika Saintek,Fisika,dan Kimia atau hasil Ujian Nasional/UN(bagi lulusan 2018)
    8. Melampirkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) saat SLA (khusus yang akan mengajukan permohonan beasiswa pendidikan bagi yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi)
    Persyaratan Khusus Program Alih Jenjang
    1. Lulusan Diploma III (DIII) dengan IPK minimal 2,75 (Perguruan tinggi terakreditasi minimum B)
    2. Melampirkan Curriculum Vitae (CV), Transkip, dan Ijazah/sertifikar pendidikan sebelumnya
    3. Melampirkan sertifikat kompetensi maupun sertifikar diklat/training (bila ada)
    4. Maksimum berusia 30 tahun per tanggal 01 Agustus 2020

    B. Persyaratan Jalur Kerjasama

    Persyaratan Khusus Program Lulusan SLA
    1. Belum pernah menikah
    2. Maksimal berusia 21 tahun saat pendaftaran
    3. Lulusan SLA tahun 2020 s.d 2018
    4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
    5. Diutamakan lulusan 25% terbaik atau peringkat 1-10 selama 2 semester terakhir di kelas dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah/pimpinan sekolah
    6. Mencantumkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang meliputi TPS, Matematika,Saintek,Fisika,dan Kimia atai hasil Ujian Nasional (UN)
    Persyaratan Khusus Program Alih Jenjang
    1. Lulusan Diploma I/II/III Pem Akamigas atau lulusan Diploma III dari perguruan tinggi lain dengan IPK minimal 2,75 dan akreditasi perguruan tinggi minimal B
    2. Melampirkan Curriculum Vitae (CV), Transkip, dan Ijazah/sertifikar pendidikan sebelumnya
    3. Melampirkan sertifikat kompetensi maupun sertifikar diklat/training (bila ada)
    4. Maksimum berusia 40 tahun per tanggal 01 Agustus 2020 (atau sebagaimana diatur dalam Perjanjian Kerja Sama)

    10.  Persyaratan Pendaftaran Poltekip dan Poltekim

    Persyaratan Pendaftaran
    1. WNI
    2. Pria/Wanita
    3. Usia pelamar dengan dibuktikan Surat Keterangan Lahir/Akte Kelahiran.
      • Minimal berusia 17 tahun dan maksimal berusia 22 tahun per tanggal 01 Juni 2020 (Jalur Umum & Jalur Putra/Putri Papua/Papua Barat)
      • Maksimal berusia 25 tahun per tanggal 01 Juni 2020 (Jalur Pegawai & Formasi Pegawai Putra/Putri Papua/Papua Barat)
    4. Minimal memiliki tinggi badan 165cm (pria), dan 158cm (wanita) dengan berat badan seimbang/ideal (pengukuran dilakukan pada saar verifikasi dokumen asli)
    5. Berbadan sehat
    6. Tidak cacat fisik dan mental
    7. Bebas HIV/AIDS
    8. Bebas narkoba
    9. Tidak menggunakan kacamata dan/atau softlens
    10. Tidak tuli
    11. Tidak buta warna
    12. Khusus Pria: Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya (kecuali disebabkan ketentuan adat/agama dengan menyertakan surat keterangan dari ketua adat)
    13. Khusus Wanita: tidak  bertato/bekas  tato  dan  tidak  ditindik/bekas  tindik  anggota  badan  lainnya selain  telinga  dan tidak bertindik/bekas  tindik di  telinga lebih  dari  1  pasang  (telinga  kiri  dan kanan)
    14. Belum pernah menikah (dibuktikan Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa), dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
    15. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi
    16. Tidak pernah putus  studi/  drop  out  (DO)  dari Poltekip dan Poltekim dan atau akademi/sekolah Kedinasan lainnya
    17. Setelah dinyatakan diterima Membuat dan  mengisi  formulir  pernyataan  dan  melengkapi  surat-surat  keterangan  lainnya
    18. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/pekerjaan dengan perusahaan lain/instansi
    19. Bagi pelamar formasi pegawai/formasi pegawai Putra/Putri Papua/Papua Barat, selain harus memenuhi persyaratan diatas (angka 1 s.d. 18), juga harus memenuhi syarat :
      • Mendapatkan persetujuan untuk mengikuti pendidikan ikatan dinas dengan pangkat/gol. ruang setinggi-tingginya Pengatur Muda Tk.I / (II/b) dibuktikan dengan surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi (Pimpinan Unit Eselon I atau Kepala Kantor Wilayah);
      • Tidak dalam proses pemeriksaan atau sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Satuan Kerja;
      • PPKP  tahun  2018 dan PPKP  tahun  2019 minimal  bernilai  baik dan seluruh komponen  / unsur  penilaian PPKP minimal  baik  serta telah  membuat  SKP  tahun  2020 pada  sistem informasi manajemenkepegawaian (SIMPEG); 
    Baca Juga:
    1. Jadwal Pendaftaran Seleksi Sekolah Ikatan Dinas TA 2020/2021
    2. 99 Sekolah Ikatan Dinas Menerima Mahasiswa Baru TA 2020/2021
    Sumber: Diambil dari berbagai sumber laman sekolah ikatan dinas masing-masing
    Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!

    Subscribe to receive free email updates:

    1 Response to "Persyaratan Masuk 10 Sekolah Ikatan Dinas/Kedinasan TA 2020/2021"

    Syarat Pendaftaran said...

    lengkap sekali persyaratannya, nice share