Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPAR Jenjang D3,S1,S2,S3 T.A 2021/2022 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPAR Jenjang D3,S1,S2,S3 T.A 2021/2022


pmb.unpar.ac.id--2021/2022--Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) merupakan perguruan tinggi katolik yang berada di Jalan Ciumbuleuit No.94, Bandung, Jawa Barat. Universitas ini berdiri pada tanggal 17 Januari 1955 yang awal berdiri bernama Akademi Perniagaan dan berganti menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi ditahun yang sama pada bulan Agustus.

Dengan kemajuan perguruan tinggi ini yang sangat pesat maka pada tahun 1961 Universitas ini resmi berganti nama menjadi Universitas Katolik Parahyangan yang berganti nama dari Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan.

Pada artikel ini akan dijelaskan secara terperinci mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPAR Jenjang D3,S1,S2,S3 T.A 2021/2022 yang bisa kalian jadikan referensi dalam mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru di Universitas Katolik Parahyangan atau UNPAR.

Banyak sekali Program Studi atau Jurusan di UNPAR yang telah menyandang akreditasi dengan nilai "A" seperti Program Studi: Ekonomi Pembangunan, Manajeen, Akuntansi, Ilmu Hukum,Ilmu Administrasi Publik, Ilmu administrasi Bisnis, Ilmu Hubungan Internasional, Teknik Sipil, Arsitektur, Ilmu Filsafat, Teknik Industri, Teknik Kimia, Matematika, dan Fisika.

Jadi kualitas pendidikan di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) tidak diragukan lagi, sudah banyak Program Studi di UNPAR telah terbukti kualitas pendidikannya.

Saat ini Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) memiliki 7 Fakultas yang terdapat beberapa Program Studi dan 1 Program Pascasarjana untuk jenjang Magister dan Doktoral. 

Berikut adalah Fakultas dan Program Studi yang terdapat di UNPAR yang bisa kalian jadikan referensi, apakah terdapat Program Studi yang kalian inginkan terdapat di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR).

A. Fakultas dan Program Studi atau Jurusan di UNPAR

Fakultas Ekonomi

  1. Program Studi Manajemen Perusahaan (D3)
  2. Program Studi Ekonomi Pembangunan
  3. Program Studi Manajemen
  4. Program Studi Akuntansi

Fakultas Teknik

  1. Program Studi Teknik Sipil
  2. Program Studi Arsitektur

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  1. Program Studi Ilmu Administrasi Publik
  2. Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  3. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Fakultas Hukum

  1. Program Studi Ilmu Hukum

Fakultas Teknologi Informasi dan Sains

  1. Program Studi Fisika
  2. Program Studi Matematika
  3. Program Studi Informatika

Fakultas Filsafat

  1. Program Studi Ilmu Filsafat

Fakultas Teknologi Industri

  1. Program Studi Teknik Elektro
  2. Program Studi Teknik Kimia
  3. Program Studi Teknik Industri

Sekolah Pascasarjana

  1. Magister Manajemen
  2. Magister Ilmu Hukum
  3. Magister Teknik Sipil
  4. Magister Arsitektur
  5. Magister Hubungan Internasional
  6. Magister Ilmu Sosial
  7. Magister Ilmu Teologi
  8. Magister Teknik Kimia
  9. Magister Teknik Industri
  10. Magister Administrasi Bisnis
  11. Doktor Ilmu Ekonomi
  12. Doktor Ilmu Hukum
  13. Doktor Ilmu Teknik Sipil
  14. Doktor Arsitektur


Itulah informasi mengenai Fakultas dan Jurusan yang terdapat di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Selanjutnya akan diberikan informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru (PMB) di UNPAR.

B. Informasi PMB UNPAR


Pada tahun ini Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menerima mahasiswa baru dengan berbagai jalur penerimaan, yaitu: (1) Jalur PMDK, (2) Jalur USM, dan (3) Jalur Mahasiswa Asing.

1. Jalur PMDK UNPAR

Penelusuran Minat dan Kemampuan atau yang disingkat PMDK merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan UNPAR dengan proses seleksi berdasarkan nilai raport Mata Pelajaran Wajib kelas X dan kelas XI untuk nilai teori dan nilai praktik. Dengan nilai prasyarat tidak kurang dari nilai KKM.

Pendaftar jalur PMDK hanya dapat memilih 1 (satu) Program Studi di UNPAR dan pendaftar melalui jalur PMDK hanya dapat dilakukan sekali, apabila sudah mendaftar melalui jalur PMDK dan tidak lulus tidak diperkenankan untuk mendaftar kembali melalui jalur PMDK.

Pendaftar jalur PMDK dikhususkan bagi siswa yang sedang duduk di kelas XII dan akan lulus pada tahun 2021. Selain itu pendaftar jalur PMDK harus memiliki minat dan semangat yang tinggi untuk menempuh pendidikan di UNPAR.

Selain persyaratan di atas ada beberapa persyaratan khusus bagi pelamar yang mengambil jurusan Program Studi Arsitektur yaitu harus melampirkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan, dan bagi yang mengambil Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata.
 
Selengkapnya tentang pendaftaran jalur PMDK Unpar baca di https://pmb.unpar.ac.id/

2. Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

USM atau kepanjangan dari Ujian Saringan Masuk merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNPAR dengan proses seleksi berdasarkan pada ujian tertulis.

Apabila kalian berminat untuk masuk menjadi mahasiswa baru di UNPAR, kalian dapat mendaftar melalui jalur USM dengan cara pendaftarannya dilakukan secara online. Apabila akan melakukan pendaftaran silahkan kalian login di: https://pmb.unpar.ac.id/register. Isi form pendaftaran secara benar dan lengkap.

Persyaratan Pendaftaran USM UNPAR

Ada beberapa persyaratan yang perlu kalian lengkapi untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru UNPAR melalui jalur USM. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

Persyaratan Pendaftaran

  1. Memiliki semangat tinggi untuk kuliah di UNPAR, dan apabila dinyatakan lulus seleksi serta lulus UN SMA akan daftar ulang sebagai mahasiswa baru
  2. Pendaftaran UNPAR melalui jalur USM dapat memilih tiga (3) Prodi sekaligus, Namun, Program Studi Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Hubungan Internasional dan Arsitektur tidak dapat dijadikan pilihan ke-3.
  3. Melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta bagi pendaftar yang mengambil Prodi Teknik Kimia dan Teknik Elektro
  4. Melampirkan FC akte kelahiran
  5. Surat Keterangan Jurusan apa saat SMA yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau bisa melampirkan FC Ijazah SMA yang telah dilegalisir

Biaya Pendafatran

Biaya pendaftaran jalur USM UNPAR sebesar Rp.250.000 bagi yang mengambil program Sarjana, dan Rp.150.000 bagi yang mengambil Program Diploma III.
 
Selengkapnya tentang pendaftaran jalur USM Unpar baca di https://pmb.unpar.ac.id/


3. Jalur Pendaftaran Mahasiswa Asing

Apabila kalian yang berasa dari luar negeri (mahasiswa asing) ingin melanjutkan studi di UNPAR silahkan tanyakan secara langsung ke Kantor Internasional dan Kerjasama.

Saat ini UNPAR memiliki kerjasama kepada pihak asing, yaitu kerjasama dengan Hohai University, China. Kerjasama pada Master Degree Program in Water Resources Engineering. dan kerjasama dengan Jiangsu University, China pada Master Degree Program in Business Administration.
 
Selengkapnya tentang pendaftaran jalur USM Unpar baca di https://pmb.unpar.ac.id/ 

4. Pendaftaran Program Pascasarjana

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menerima calon mahasiswa baru pada program pascasarjana baik program magister dan program doktor.

Informasi mengenai pendaftaran Pascasarjana Unpar silahkan baca di https://pmbpasca.unpar.ac.id/


Itulah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPAR Jenjang D3,S1,S2,S3 T.A 2021/2022. Ada beberapa jalur penerimaan yang bisa kalian ikuti apabila akan mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di UNPAR. Silahkan lakukan pendaftaran sesuai jalur yang kalian minati.


Sumber: unpar.ac.id

Motivasi Situs!

Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!

Subscribe to receive free email updates:

Pendaftaran "Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPAR Jenjang D3,S1,S2,S3 T.A 2021/2022"