6 Macam Pendaftaran Calon POLRI 2019 - PENDAFTARAN MAHASISWA

6 Macam Pendaftaran Calon POLRI 2019



penerimaan.polri.go.id--2019/2020--Pada tahun ini Kepolisian Negara Republik Indonesia menerima calon taruna-taruni untuk menjadi anggota polri. Kepolisian ini didirikan pada tanggal 01 Juli 1946, dengan kantor pusat di Jakarta Selatan.

Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mempunya moto: Rastra Sewakotama, yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. (Wikipedia).

Bagi kalian yang memiliki cita-cita untuk menjadi anggota Polri, artikel ini akan diberikan informasi 6 Macam Pendaftaran Calon POLRI tahun 2019. Artikel ini dapatkan kalian jadikan referensi untuk memilih penerimaan mana yang kalian minati.

Terdapat 6 macam seleksi calon anggota Polri, yaitu 1). SIPSS, 2).AKPOL, 3).Bintara, 4).Tamtama, 5) Brigadir Polri, 6) Brigadir Polwan.

Dimana Semua tahapan seleksi dilakukan secara terbuka  seluruh peserta seleksi bisa melihat sendiri hasil seleksi di setiap tahapannya.

Mulai dari proses penerimaan berkas, pemeriksan administrasi, kesehatan, tes akademik, psikotes, dan kesamaptaan dan jasmani hingga proses kelulusan semua dalam pengawasan.

Berikut akan dijelaskan secara singkat  apa itu SIPSS, AKPOL, Bintara, Tamtama, Brigadir, serta tata-cara pendaftaran dengan harapan semoga dapat membantu adik-adik sekalian dalam mendaftar anggota Polri yang merupakan profesi idaman adik-adik selama ini.

1. Pendaftaran SIPSS

SIPSS adalah singkatan dari Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana, atau penerimaan anggota Polri lulusan sarjana atau D-IV Ahli Nautika Tk III

Tata Cara Pendaftaran Calon Anggota SIPSS 

Ada 10 langkah cara mendaftar calon anggota SIPSS, berikut admin bahas satu persatu yang memudahkan kalian semua untuk mendapatkan informasi tentang pendaftaran calon polri
  1. Mendaftar Online
  2. Pemeriksaan Administrasi Awal dan Verifikasi di Polda
  3. Penandatanganan Pakta Integritas di Polda
  4. Pemeriksaan Kesehatan tahap 1
  5. Pemeriksaan Psikologi
  6. Pemeriksaan Kesehatan tahap 2
  7. Pemeriksaan Penelusuran Mental Kepribadian
  8. Pemeriksaan Administrasi Akhir
  9. Sidang Terbuka & Penetapan Kelulusan Tingkat Daerah
  10. Seleksi Tingkat Pusat
Itulah tata cara pendaftaran calon anggota SIPSS, tetapi sebelum mendaftar ada beberapa persyaratan yang perlu kalian sekalian lengkapi, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Menurut admin persyaratan umum untuk menjadi calon anggota SIPSS tidak begitu sulit atau hanya bersifat umum saja yang terpenting adalah persiapan mental kalian untuk mengikuti seleksi anggota SIPSS.

Sedangkan untuk persyaratan khusus yang perlu kalian siapkan selain sudah lulus sarjana atau D-IV kalian sekalian harus berumur maksimal 26 tahun pada saat pembukaan pendidikan pembentukan SIPSS dan mempunyai tinggi minimal 160 cm untuk pria dan wanita 155 cm.

Untuk menjadi anggota SIPSS kalian harus mampu mengoperasikan komputer tetapi admin rasa lulusan SMA saja sekarang sudah jago dalam mengoperasikan komputer apalagi kalian yang sudah sarjana atau D-IV pastinya menguasai komputer.

Selain itu juga kalian harus siap tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan, bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP), tidak terikat dengan perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain.

Apabilakalian sudah bekerja harus mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan disertai pernyataan berhenti dengan hormat bila lulus seleksi, serta adik-adik sekalian harus mengikuti dan lulus pemeriksaan dan pengujian.

Selengkapnya buka laman: Pendaftaran Online SIPSS Tahun 2019/2020

 Alur pendaftaran SIPPS seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.




2. Pendaftaran AKPOL

AKPOL adalah singkatan dari akademi kepolisian yang diperuntukan bagi lulusan SMA dan sederajat yang ingin menjadi taruna/taruni Akademi Kepolisian.

Untuk menjadi anggota AKPOL ada beberapa persyaratan yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus yang harus dipersiapkan adik-adik sekalian yang berkeinginan menjadi taruna/taruni AKPOL.

Selain itu admin dari informasi pendaftaran memberikan masukan apabila adik-adik sekalian ingin menjadi taruna/taruni AKPOL siapkan dari sekarang persyaratannya diantaranya berkas-berkas pendaftaran.

Selain itu, persiapan diri tentang kemampuan adik-adik jauh lebih penting karena proses seleksi menjadi anggota AKPOL banyak sekali tes yang harus diikuti baik dari tingkat daerah maupun tiingkat pusat.

Menjadi taruna/taruni AKPOL adik-adik sekalian harus mempunyai badan yang sehat dan harus membekali diri dengan Pengetahuan Umum, Bahasa  Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS, karena proses seleksi menggunakan ujian tertulis dengan melibatkan kemampuan tersebut, begitu juga dengan kemampuan adik-adik dalam mengerjakan soal-soal psikotes tidak kalah pentingnya dalam mempersiapkan untuk mengikuti seleksi AKPOL.

Berdasarkan pengalaman admin dalam mengerjakan tes psikotes kunci suksesnya hanya satu banyak-banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes karena kemungkinan terbesar untuk terlatih dan terbiasa akan besar. 

Selengkapnya buka laman: Pendaftaran Akpol 2018

Untuk alur Pendaftaran AKPOL seperti pada gambar di bawah ini








3. Brigadir Polri/Bintara Polri

Brigadir Polri merupakan penerimaan anggota Polri yang memiliki tugas sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat dlm rangka menyongsong Indonesia hebat. 

Untuk informasi selanjutnya silahkan login di : Pendaftaran Brigadir Polri 2018 

 Alur pendaftaran brigadir polri atau bintara polri adalah sebagai berikut.










4. Brigadir Polwan/Bintara Polwan

Brigadir Polwan bertujuan Membentuk Brigadir Polisi wanita sebagai insan Bhayangkara yang memiliki sikap perilaku, pengetahuan, keterampilan tugas umum Kepolisian, didukung dengan kondisi fisik yang samapta untuk melaksanakan tugas sebagai pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat.


Untuk informasi selanjutnya silahkan login di : Pendaftaran Bintara 2018

5.Bintara Khusus Penyidik/bintara-ss 

Bintara Khusus Penyidik bertujuan untuk membentuk Brigadir Polri sebagai insan bhayangkara yang memiliki sikap perilaku, pengetahuan, keterampilan tugas umum kepolisian dan keterampilan pengendalian massa, didukung dengan kondisi fisik yang samapta untuk melaksanakan tugas sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat dlm rangka menyongsong Indonesia hebat. 


Untuk informasi selanjutnya silahkan login di : Pendaftaran Khusus Penyidik 2018


6. Tamtama

Bertujuan untuk membentuk Tamtama Polri sebagai Insan Bhayangkara yang memiliki sikap perilaku, pengetahuan dan keterampilan tugas umum kepolisian dan kemampuan dasar Brimob / Polair didukung dengan kondisi fisik yang samapta sebagai pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat.  

Untuk informasi selanjutnya silahkan login di: Pendaftaran Tamtama 2018







Apabila kalian ingin mengunduh artikel ini dengan lengkap. Silahkan download disini


Berikut pendaftaran masing-masing


Demikian informasi mengenai pendaftaran calon taruna/i Polri tahun 2018 yang bisa admin bagikan, semoga postingan ini dapat menambah referensi buat kalian untuk mendaftar menjadi calon taruna/i polri. 


Selain memberikan informasi admin hanya bisa mendoakan semoga kalian dapat diterima menjadi anggota polri yang merupakan profesi cita-cita kalian.Amin.

Sumber : https://www.polri.go.id/
Motivasi:Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

Subscribe to receive free email updates: