40 Lebih Pertanyaan & Jawaban yang Sering Keluar Saat Wawancara - PENDAFTARAN MAHASISWA

40 Lebih Pertanyaan & Jawaban yang Sering Keluar Saat Wawancara


pendaftaranmahasiswa.web.id--Tidak bisa dipungkiri semua kegiatan yang berkaitan dengan penerimaan kerja baik kerja di bank, perusahaan, BUMN, atau yang lainnya pasti menggunakan wawancara atau tes wawancara. Bahkan tes penerimaan peserta didik semisal ikatan dinas tidak sedikit yang menggunakan proses wawancara. 



Berdasarkan pengalaman admin yang pernah diwawancarai dan sering mewawancarai atau yang sering disebut sebagai pewawancara, admin disini akan membagikan beberapa pertanyaan yang sering dikeluarkan pewawancara saat proses wawancara.


Sebelumnya admin sarankan untuk membaca : Tips Terbukti Ampuh LulusTes Wawancara.


Sebenarnya tujuan dari pewawancara tidak lain hanya ingin melihat keseriusan seorang pencari kerja tentang kinerjanya nanti saat bekerja. Pewawancara ingin melihat seberapa tinggi loyalitas (kesetiaan) apabila nanti diterima kerja. Selain itu juga pewawancara ingin melihat seberapa kualitas atau prestasi yang dimilikinya, meliputi (lulusan dari mana, prestasi apa yang pernah didapat,dsb), dan terakhir pewawancara ingin melihat pengalaman apa yang sudah dimiliki atau sebelumnya pernah bekerja dimana.



Dari keinginan untuk melihat seberapa besar loyalitas, pengalaman, prestasi, yang sudah dimiliki muncullah beberapa pertanyaan untuk melihat ketiga kinerja itu. Seorang pewawancara yang pastinya memiliki pengalaman dalam proses seleksi akan melihat semua sisi jawabannya. Berikut admin akan membagikan pertanyaan-pertanyaan yang sering keluar saat proses wawancara.


A. Loyalitas (Kesetiaan)

Mengapa loyalitas admin munculkan di urutan pertama?. Berikut admin berikan penjelasannya. Misal anda seorang bos atau pimpinan diperusahaan, apakah anda akan mencari seorang yang cerdas, berpengalaman, atau yang lainnya tetapi tidak loyal, apa yang akan didapatkan dari perusahaan jika menerima karyawan seperti itu?coba kalian pikirkan sejenak.


Pertama yang akan dicari seorang pimpinan  adalah anak buah/ karyawan yang loyal terhadap perusahaannya. Loyal/setia disini memiliki arti yang luas, meliputi (kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepribadian yang lainnya.



Apabila kalian memiliki sikap yang jujur, disiplin, bertanggung jawab, dapat diandalkan, dan kepribadian yang lainnya, maka hanya seorang bos yang bodoh yang tidak menerima Anda.


Keinginan untuk melihat seberapa besar loyalitas seorang calon pekerja, pewawancara sering mengutarakan pertanyaan-pertanyaan seperti berikut.

1.      Apakah Anda bersedia bekerja full time ?
2.     Bagaimana jika ada pekerjaan diluar jam kerja ?
3.     Apakah Anda bisa bekerja dengan tim/kelompok?
4.     Apa yang akan Anda berikan untuk perusahaan kami?
5.     Dari mana Anda tahu perusahaan kami?
6.     Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?
7.     Kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan kami?


Itulah mungkin beberapa pertanyaan yang sering keluar untuk melihat seberapa besar loyalitas. Apabila Anda merasa siap untuk bekerja diperusahaan tersebut, saat menjawab pertanyaan yakinkan bahwa Anda adalah seorang yang pekerja keras,dan mempunyai kepribadian yang baik, serta siap bekerja untuk kemajuan perusahaan.



Apabila Anda seorang yang ingin lulus sebagai peserta didik seperti ikatan dinas, anggota polri, mahasiswa dan lainnya pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang sering keluar untuk melihat loyalitas.


1.     Apakah Anda sudah punya pacar?
2.     Apakah Anda bersedia tidak menikah selama pendidikan?
3.   Apakah Anda siap ditempatkan didaerah terpencil atau didaerah yang jauh dari tempat tinggal?
4. Apakah Anda siap untuk menjalani ikatan dinas/pendidikan dengan waktu tertentu?
5. Apakah Anda siap membawa nama baik ikatan dinas/perguruan tinggi yang diikuti?
6.     Apakah Anda siap mengabdi untuk Negara?
7.     Apakah Anda siap untuk menyelesaikan studi dengan tepat waktu?
8.     Bagaimana dengan biaya selama pendidikan?
9.     Mengapa Anda tertarik untuk mengikuti seleksi ini?
10. Mengapa Anda tidak mengikuti seleksi yang lainnya?


Mungkin itu pertanyaan-pertanyaan yang sering keluar saat proses wawancara. Dari pertanyaan-pertanyaan itu coba kalian kembangkan sendiri sesuai dengan seleksi yang Anda ikuti. Admin sarankan Anda untuk membaca informasi mengenai pengetahuan umum yang sedang update saat ini yang berkaitan dengan seleksi Anda, dan yakinkan bahwa Anda adalah seorang yang mandiri, pekerja keras, dan memiliki kepribadian yang baik.



B. Prestasi

Selain loyalitas seorang pimpinan/pewawancara ingin melihat seberapa tinggi/besar prestasi yang Anda miliki. Untuk melihat prestasi ini sering seorang pewawancara mengeluarkan pertanyaan seperti berikut.

1.     Coba perkenalkan diri Anda?
2.     Anda lulusan dari mana?
3.     Selama menempuh pendidikan organisasi apa yang pernah Anda ikuti?
4.     Berapa nilai IPK Anda?
5.     Akreditasi apa yang dimiliki perguruan tinggi tempat Anda kuliah?
6.     Berapa lama Anda menyelesaikan pendidikan?
7.     Keahlian apa yang Anda miliki diluar akademik Anda?
8.     Apakah Anda menganggap diri Anda berprestasi?
9.     Apa kelebihan Anda?
10.  Apa kelemahan Anda?
11. Prestasi apa yang Anda miliki saat ini?


Mungkin itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering keluar saat proses wawancara untuk melihat seberapa prestasi yang Anda miliki. Apabila Anda melamar untuk lulus proses seleksi Polri, Ikatan Dinas, dan lainnya mungkin pertanyaan berikut yang sering keluar untuk melihat seberapa prestasi Anda.

1.      Coba perkenalkan diri Anda?
2.      Anda lulusan dari mana?
3.     Organisasi apa yang Anda ikuti saat sekolah?
4.     Prestasi akademik/non akademik apa yang Anda miliki ?
5.     Apakah Anda bisa mengaji? “bagi agama Islam”.
6.     Apa kelebihan Anda?
7.     Apa kelemahan Anda?
8.     Berapa nilai akademik Anda? “nilai UAN, UAS, Praktek. dsb


Secara garis besar pertanyaan-pertanyaan itu yang keluar saat proses wawancara. Admin berpesan yakinkan diri Anda bahwa Anda adalah seorang yang berprestasi sesuai prestasi Anda. Jawablah pertanyaan dengan jujur, karena biasanya Anda akan diminta untuk mempraktekan secara singkat prestasi yang Anda miliki. Misal jago mengaji, Anda diminta untuk mengaji, dsb.


C. Pengalaman

Mungkin pengalaman ini cocoknya khusus untuk Anda yang mencari kerja atau proses wawancara kerja. Untuk pertanyaan-pertanyaan tentang pengalaman yang dimiliki kemungkinan besar seorang pewawancara akan mengeluarkan pertanyaan-pertanyan seperti berikut.

1.     Apakah Anda pernah bekerja?
2.     Mengapa Anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya?
3.     Pengalaman Apa yang Anda miliki di bidang ini ?
4.     Mengapa Anda tertarik untuk mengikuti seleksi ini?
5.     Kenapa kami harus menerima Anda?
6.     Berapa gaji yang Anda inginkan?
7.     Metode apa yang Anda gunakan untuk mengembangkan perusahaan ini?


Mungkin itu sekilas pertanyaan-pertanyaan untuk melihat seberapa besar pengalaman yang telah Anda miliki. Lantas bagaimana untuk para pencari kerja yang masih fresh graduate/baru lulus. Jangan khawatir pengalaman adalah hal yang wajar dan bisa dimiliki saat kita nanti bekerja, yang terpenting adalah tonjolkan diri Anda bahwa Anda adalah pribadi yang memiliki loyalitas seperti yang admin sebutkan di atas.


Ingat! Jangan lupa like & share ya. tqyu


Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut coba Anda kembangkan sendiri sesuai dengan seleksi yang Anda ikuti. Selain itu jawablah pertanyaan dengan jujur. Karena, seorang pewawancara akan tahu tentang kejujuran Anda atau kepribadian Anda saat proses wawancara.

Mungkin itu yang bisa admin bagikan, semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

Subscribe to receive free email updates:

Pendaftaran "40 Lebih Pertanyaan & Jawaban yang Sering Keluar Saat Wawancara"