Tata Cara Pendaftaran SNMPTN TA 2019/2020 - PENDAFTARAN MAHASISWA

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN TA 2019/2020




web.snmptn.ac.id--2019/2020--Pada artikel ini akan diberikan informasi penting seputar Pendaftaran Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN.

Informasi artikel ini akan memberikan panduan tata cara pendaftaran SNMPTN tahun 2019. Semoga dengan adanya panduan ini dapat dijadikan referensi untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi di PTN melalui jalur SNMPTN.

Tujuan seleksi SNMPTN adalah untuk memberikan kesemparan bagi siswa SMA/sederajat baik di dalam maupun di luar negeri (SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di PTN, dan memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang tentunya memiliki prestasi akademik yang tinggi.

Bagi Anda yang akan melakukan pendaftaran untuk mengikuti seleksi menjadi calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN, silahkan ikuti alur pendaftaran di bawah ini.

Alur Pendaftaran SNMPTN


Ada 3 (tiga) alur pendaftaran SNMPTN, yaitu pengisian dan verifikasi PDSS, Pemeringkatan, dan Pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Kalau digambarkan seperti gambar alur pendaftaran SNMPTN 2019 berikut ini.



1. Pengisian dan Verifikasi PDSS

yang bertugas untuk pengisian dan verifikasi PDSS adalah pihak sekolah calon peserta. (Kepala Sekolah atau yang ditugasi oleh Kepala Sekolah)

Alur pengisian dan verifikasi PDSS adalah sebagai berikut.
  1. Silahkan login di http://pdss.snmptn.ac.id
  2. Isikan data sekolah dan data siswa secara lengkap dan benar
  3. Pihak sekolah mendapatkan password masing-masing siswa(untuk verifikasi)
  4. Masing-masing siswa melakukan verifikasi mengenai data yang telah diisikan oleh pihak sekolah (login gunakan NISN dan Password)
  5. Apabila masing-masing siswa tidak melakukan verifikasi data yang telah diisikan oleh pihak sekolah, maka data yang telah diisikan dinyatatkan benar dan tidak dapat dirubah kembali apabila jadwal verifikasi telah berakhir
Baca selengkapnya: Panduan Pendaftaran PDSS 2019

Baca juga:
  1. Jadwal Seleksi SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, PMDK-PN TA 2019/2020
  2. Jalur SNMPTN Tahun 2019 Dibuka Berikut Informasi Lengkap

2. Pemeringkatan

Setelah pengisian dan verifikasi PDSS selesai dilaksanakan selanjutnya dilakukan pemeringkatan.

Pada tahun ini pemeringkatan dilakukan oleh sistemm Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai pada mata pelajaran berikut ini.
  1. Jurusan IPA, mata pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  2. Jurusan IPS, mata pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  3. Jurusan Bahasa, mata pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  4. SMK , mata pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
Apabila berdasarkan sistem LTMPT siswa memenuhi persyaratan yang telah diizinkan untuk mendaftar SNMPTN dengan ketentuan nilai AKreditasi Sekolah.
  1. Akreditasi A :sebanyak  40 % terbaik di sekolahnya;
  2. Akreditasi B :sebanyak  25 % terbaik di sekolahnya;
  3. Akreditasi C dan lainnya sebanyak 5 % terbaik di sekolahnya

3. Pendaftaran SNMPTN oleh siswa

Apabila siswa yang didaftarkan memenuhi kriteria pada pemeringkatan yang dilakukan sistem LTMPT melakukan pendaftaran SNMPTN
  1. Masing-masing siswa login di  http://web.snmptn.ac.id
  2. Mengisi biodatabiodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi,serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  3. Bagi pelamar pada Program Studi Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah (baca panduan portofolio di http://www.snmptn.ac.id)
  4. Mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN
Silahkan baca: Panduan Pendaftaran SNMPTN

Perhatian!
Bagi pelamar yang merasa memiliki prestasi yang unggul namun berasal dari keluarga kurang mampu dapat mendaftar bantuan biaya pendidikan bidikmisi.

Silahkan baca: Menggapai Asa Melalui Pendaftaran Bidikmisi 2019


Itulah tata cara pendaftaran SNMPTN yang harus Anda ikuti apabila akan melakukan pendaftaran di PTN melalui jalur SNMPTN.

Perlu diketahui juga bahwa pendaftaran jalur SNMPTN tidak dipungut biaya atau gratis karena biaya pendaftaran dibiayai oleh pemerintah.

Kami doakan semoga Anda dapat diterima di PTN pilihan masing-masing dengan prestasi yang membanggakan. Aamiin!!!

Sumber:www.snmptn.ac.id
Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tata Cara Pendaftaran SNMPTN TA 2019/2020"

Qeykah said...

Saya sering berkunjung kemari infonya sangat bermanfaat,ohya kalo ada waktu boleh dong tinggalin jejak keblog ku,ada artikel terbaru tentang Baru Kumpulan Nama Unik Facebook 2019 Salam kenal gan :D