Khusus yang Ingin Lulus Tes Wawancara : Tips Terbukti Ampuh Lulus Tes Wawancara - PENDAFTARAN MAHASISWA

Khusus yang Ingin Lulus Tes Wawancara : Tips Terbukti Ampuh Lulus Tes Wawancara



Tidak sedikit orang yang gagal atau tidak lulus dalam suatu tes wawancara, baik tes mendaftar kerja, tes melanjutkan ke perguruan tinggi, tes naik jabatan, dan tes lainnya. Untuk yang belum pernah melakukan wawancara ataupun yang sudah pernah melakukan wawancara mungkin masih bingung pertanyaan apa yang keluar dari  pewawancara, pemikiran ini sering terjadi saat malam sebelum tes wawancara dilaksanakan.


Tes wawancara tidak bisa dianggap remeh, apabila kita mengharapkan kelulusan pada tes itu, karena sebagian besar tes apapun itu, tes wawancara merupakan tes akhir dan penentu suatu kelulusan. Meskipun kita mempunyai akademik yang bagus tapi kita gagal dalam tes wawancara kemungkinan kecil akan lulus dibandingkan dengan akademik yang pas-pasan tetapi menguasai saat wawancara.



Untuk itu pada kesempatan ini admin akan membagikan tips bagaimana menghadapi tes wawancara, tes ini bisa diterapkan untuk semua tes, baik tes mendaftar kerja, tes mendaftar angkatan, masuk perguruan tinggi, atau tes lainnya, dan tips ini  sangat cocok sekali bagi kalian yang akan mengikuti tes wawancara.



Pikirkan apabila Anda mencari seorang pekerja dalam bisnis Anda, pekerja seperti apa yang akan Anda pilih, jika Anda sebagai guru besar di perguruan tinggi calon mahasiswa seperti apa yang Anda inginkan, apabila Anda sebagai atasan, calon bawahan seperti apa yang Anda inginkan, dan sebagainya.



Tips-tips berikut akan melatih Anda supaya Anda akan kelihatan menjadi seorang yang dapat dipercaya, pribadi yang jujur, tanggung jawab,disiplin, dapat diandalkan, dan sebagainya. yang kemungkinan besar sikap seperti ini yang akan dicari seorang pewawancara.





Berikut tips dari admin semoga bermanfaat !


Supaya lulus dalam mengahadapi tes wawancara ada dua hal yang perlu Anda lakukan, yaitu sebelum wawancara dilaksanakan dan saat proses wawancara dilaksanakan.


A. Sebelum wawancara dilaksanakan
Mengapa admin beri judul sebelum wawancara dilaksanakan, karena proses ini dilakukan sehari atau seminggu sebelum proses wawancara dilaksanakan.

1. Berdoa

Berdoa kepada Allah SWT merupakan cara yang tidak ada tandingannya, karena jika Allah SWT Sang Pencipta Alam Semesta menghendaki apapun akan terjadi, maka berdoa merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan dalam situasi apapun, termasuk saat akan menghadapi proses wawancara.


2. Minta Doa Restu

Mintalah doa restu kepada orang yang kita sayangi atau orang yang sayang kepada kita, khususnya doa restu kepada Orang Tua, karena agama apa pun tidak ada yang melarang kita untuk taat kepada kedua Orang Tua. Selanjutnya minta lah doa restu kepada Istri atau Anak kita bagi yang sudah menikah. InsyaAllah semua urusan kita akan dimudahkan oleh Allah SWT. Amin


3. Latihan / Rencanakan 

Jangan terlalu memikirkan pertanyaan apa yang akan keluar pada saat proses wawancara, karena pemikiran itu yang akan membuat kita menjadi takut saat proses wawancara. 


Berdasarkan buku Psycho-Cybernetics karya Maxwell Maltz yang diperbaharui oleh Dan S. Kennedy, kalau anda akan melakukan wawancara penting, seperti lamaran kerja dan lainnya nasehatnya adalah : rencanakanlah wawancara terlebih dahulu, bayangkanlah dalam pikiran Anda segala pertanyaan yang kemungkinan diajukan. Renungkan jawaban yang akan Anda berikan. 


Lalu latihlah wawancara tersebut dalam pikiran Anda. Seandainya pun tak satu pun pertanyaan yang telah Anda latih itu muncul, latihan tersebut akan memberikan keajaiban. Itu memberikan Anda kepercayaan diri. 


Latihan akan membantu Anda bereaksi spontan terhadap situasi apa pun, sebab Anda telah melatih bereaksi spontan. Dalam suatu wawancara Anda menjual diri sendiri. Andalah produknya sekaligus penjualnya, mungkin anda masih punya waktu beberapa hari atau beberapa minggu untuk merencanakan serta mempersiapkan diri.


Silahkan latihan demi keuntungan Anda sendiri, dengan menggunakan imajinasi Anda untuk membangun serta melatih wawancara yang sempurna, sehingga ketika wawancara sesungguhnya diadakan, Anda akan rileks, percaya diri dan nyaman. 


B. Saat Proses Wawancara dilaksanakan
Berikut sikap yang harus kalian jaga saat proses wawancara.


1. Senyuman (Smile)

Senyuman yang baik dan tulus mungkin merupakan isyarat sikap bersahabat yang paling efektif dan dipahami secara universal. Itu merupakan hadiah perasaan senang yang Anda berikan kepada orang lain, sebab kalau mereka melihat Anda tersenyum,, mereka akan mengalami perasaan yang serupa. 


Fakta : Pernahkan Anda melihat model iklan yang tidak tersenyum untuk menarik calon pembeli mengasosiasikan perasaan bahagia dengan produk mereka.


Perbuatan tersenyum bisa benar-benar membantu Anda merasa lebih bahagia karena emosi yang Anda nyatakan pada wajah Anda menyebabkan sistem syaraf Anda secara sukarela menanggapi perubahan yang biasanya berasosiasi dengan emosi tersebut. Jadi, tersenyum diluar membuat Anda tersenyum di dalam hati. 


Kalau Anda takut-takut atau pemalu, mungkin Anda menahan diri untuk tidak memperlihatkan ekspresi wajah Anda, memberi rupa yang hampa atau tegang. Orang menyukai sesamanya yang ekspresif, jadi bulatkan tekad Anda untuk membiarkan emosi Anda tampak. Anda akan lebih bahagia dan lebih menarik orang lain.


2. Postur Terbuka (Open Posture)

Lengan yang tidak dilipat serta kaki yang tidak disilangkan menghadap kepada orang lain atau sedikit terbuka merupakan posisi tubuh yang terbuka. Hal itu memberi tahu orang lain bahwa Anda bisa didekati dan tertarik kepada mereka serta apa yang akan mereka katakan. 


Kalau ketika Anda tegang Anda tunduk kepada kecenderungan alami untuk mengambil posisi tubuh tertutup (lengan dilipat dan ditarik merapat ke tubuh serta kaki disilangkan menjauhi orang lain atau kaki dirapatkan), Anda akan menambah keresahan Anda dan pada saat yang sama mengisyaratkan kepada orang lain bahwa Anda gelisah dan tidak tertarik.


Apabila Anda bisa mempertahankan posisi terbuka pada saat wawancara sesungguhnya akan membantu Anda untuk rileks dan mengirimkan pesan positif kepada orang lain. Sama seperti tersenyum membuat Anda lebih bahagia, demikian menjaga postur tubuh terbuka membuat Anda lebih tanggap.


3. Mencondongkan Badan ke Depan (Forward Lean)

Kita biasanya bergerak ke arah mereka yang kita sukai dan menjauh dari mereka yang tidak kita sukai. Mencondongkan badan merupakan cara yang wajar bagi seseorang untuk mengisyaratkan rasa menyukai tanpa berlebihan. Selama percakapan, hal itu memberi tahu orang lain bahwa Anda menaruh perhatian dan terlibat sepenuhnya dalam apa yang dikatakan.


4. Kontak Mata (Eye Contact)

Sinar mata seorang yang bahagia, penuh kepercayaan diri, dan bisa menyesuaikan diri dengan dunia menarik perhatian kita seketika. Ketika kita mengalami perasaan yang mendalam, rangsangan apa saja seperti kegembiraan, amarah, atau daya tarik yang kuat anak mata kita melebar, mengirimkan pesan  halus yang kuat kepada orang lain.


Pandangan mata satu detik mengisyaratkan "Halo. Saya mengenal Anda. Pandangan itu mengirimkan pesan itikad  baik yang biasanya dihargai oleh orang lain.


Pandangan mata dua detik, pada umumnya dianggap sopan dan menyenangkan bagi orang lain dalam kebanyakan keadaan.


Pandangan tiga detik, biasanya menyampaikan rasa tertarik yang pasti.


Walaupun demikian, dalam kebanyakan percakapan memelihara kontak mata membantu kita membuat kesann positif. Lamanya waktu Anda melakukan hal itu memberitahukan banyak hal kepada orang lain mengenai diri Anda.


5. Mengangguk (Nod)
Dalam percakapan, mengangguk menunjukan bahwa Anda mendengarkan dan ikut berperan serta. Kalau Anda tidak mengangguk, orang lain mungkin mengira bahwa Anda tidak tertarik, tidak setuju, atau tidak mengerti.


Mengangguk satu kali mengatakan, "Ya, saya setuju".
Mengangguk yang lebih samar-samar dan lebih lambat mengatakan, "Saya mengerti, Ceritakan lebih banyak."
Mengangguk yang lebih cepat mengatakan "Saya mengerti. Saya setuju. Saya ingin mengatakan sesuatu."


Mengangguk adalah alat yang penting bagi seseorang pendengar yang ikut terlibat dan aktif.


Sekarang pilihan terletak pada diri Anda sendiri, apakah Anda akan menerapkan dengan meluangkan waktu untuk melatih diri Anda agar terlihat percaya diri saat proses wawancara. Tidak ada yang instan dalam hidup ini, perlunya pengorbanan dan kerja keras, diperlukan latihan, dan sebagainya, begitu juga dengan tes wawancara.

Diadopsi dari buku dengan judul "Karisma" karya Marcia Grad.


Penting juga saat proses wawancara Anda menjaga kerapian diri Anda, kerapian dalam berpakaian, menjaga kerapian rambut Anda, jangan menggunakan aksesoris yang berlebihan, wangi-wangian yang mencolok. Penting sekali tunjukan bahwa Anda adalah pribadi yang sederhana. Sederhana disini bukan berarti Anda adalah pribadi yang kampungan, tetapi pribadi yang dapat dijadikan contoh.


Itulah tips yang bisa admin bagikan, semoga postingan ini dapat menambah wawasan bagi Anda dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi tes wawancara, dan admin doakan semoga Anda lulus dalam menghadapi tes wawancara yang akan dilaksanakan. Amin


Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Khusus yang Ingin Lulus Tes Wawancara : Tips Terbukti Ampuh Lulus Tes Wawancara"

Anastasia Chandrika said...

Sangat bermanfaat minn😊😊 terima kasih banyaakk

Anastasia Chandrika said...

Informasinya sangat bermanfaat min😊😊 terima kasih banyaakk

Unknown said...

Terimakasih atas tips nya min
Ini sangat bermanfaat